nasi-campur-sukaraja

Kuliner di Lombok: Cobain Kelezatan Nasi Campur Sukaraja

Kuliner di Lombok: Cobain Kelezatan Nasi Campur Sukaraja
Vote Us

Kalau kalian sudah sangat familiar dengan makanan khas bin hits punya Lombok seperti pelecing, ayam taliwang dan nasi puyung, nih kali ini saya punya referensi lain kuliner Lombok yang juga kudu kalian coba rasain ketika berlibur ke Lombok. Namanya nasi campur sukaraja. Sesuai dengan sebutannya, nasi sukaraja ini adalah nasi campur yang dijualnya di salah satu kampung di Kota Mataram namanya Sukaraja. Lalu, apa yang istimewa dari nasi sukaraja ini? Terdiri dari dua kata yaitu suka dan raja, apakah mungkin karena nasi sukaraja ini adalah nasi yang di-suka-i oleh para raja? Atau karena nasi ini suka sama raja? Errrrrrr -__- Garing ka! Nggak lucuuuk. Yaudah abaikan~

nasi campur sukaraja

Jadi gini, nasi sukaraja ini adalah nasi campur yang sangat tersohor di Lombok. Nah kenapa bisa nasi campur ini tenar banget seantero Lombok? Karena oh karena banyak orang yang sudah membuktikan dan mengakui kalau nasi sukaraja ini adalah nasi campur terrrrrrenak. Untuk membuktikan sendiri kelezatannya suatu malam saya mengajak “someone” sebut saja namanya si Uda untuk makan malam. Si Uda adalah anak rantauan yang kampungnya nan jauh di mato di tanah minang sana. Berasal dari Padang, meskipun sudah cukup lama tinggal di Lombok, makanan sehari-harinya selama di Lombok adalah nasi padang. Pokoknya tiada hari tanpa nasi padang. Karena menurut Uda, nasi campur yang pernah ia coba di Lombok ini katanya nggak enak.

nasi campur sukaraja

Saya pun akhirnya mengajak Uda untuk nyobain nasi campur sukaraja. Siapa tahu dengan ngajak dia makan nasi campur sukaraja ini bisa membuat menu makan sehari-harinya jadi bervariasi, nggak melulu makan nasi padang. Selain untuk itu, saya juga mau buktiin sendiri perkataan orang-orang yang bilang nasi sukaraja ini enak. Jadilah saya dan Uda meluncur ke Ampenan. Sampai di warung nasi sukaraja ini saya sudah harus mengantri karena bapak penjual sedang melayani beberapa pembeli yang beli nasinya banyak banget sampai berbungkus-bungkus bikin kami ngantri lumayan lama dalam kondisi perut yang sudah keroncongan. Laperrr beneeer. Ngantri usai akhirnya kamipun masuk dan memesan dua porsi nasi.

nasi campur sukaraja

Saya memesankan satu sepiring nasi sukaraja buat Uda. Banyaaak banget. Sampai saya langsung gentar mengingat punya perut kecil yang nggak akan muat diisi dengan segitu banyak nasi dan lauknya. Akhirnya saya memesan lauk yang sama tapi dengan nasi yang sedikit saja. Nasi campur sukaraja ini begitu khas dengan beraneka macam lauk seperti sayur kacang panjang, ayam, daging, abon, tempe, telur, perkedel kentang, beberoq, sate pusut. Sungguh perpaduan bikin kalap bin hilap makan. Bingung milihnya. Banyaaak bangettt lauknya. Fyi beberoq dan sate pusut ini adalah makanan khas Lombok juga!

nasi-campur-sukaraja-kuliner-di-lombok

Kami pun duduk dan makan di warung sederhana ini. Yang menarik dari warung nasi ini adalah warung ini tidak seperti warung nasi pada umumnya yang banyak kita lihat di pinggir jalan. Warung nasi ini adalah sebuah rumah yang berada di tengah perkampungan kota dan lokasinya masuk ke dalam gang sempit. Saya selalu suka makan di tempat yang seperti ini, suasana hommy yang bikin berasa seperti lagi makan di rumah sendiri. Terlebih lagi pemilik warung nasi ini juga ramah.

nasi campur sukaraja

Butuh waktu agak lama buat saya untuk menghabiskan nasi campur yang porsinya sudah dikurangi ini. Selesai makan, susah rasanya bangun dari tempat duduk setelah menyantap habis satu porsi nasi sukaraja ini karena kekenyangan dan juga ngantuk, pfffttt kebiasaan sehabis makan. LOL. Dari kunyahan pertama sampai akhir saat nasi habis saya pun sampai pada kesimpulan kalau nasi campur sukaraja ini memang yang terenak yang pernah saya makan di Mataram. Si Uda pun mengakui begitu. Tapi bagi dia nasi padang tetep tak tergantikan. Yhaaa…setidaknya, akhirnya dia sudah ngerasain nasi campur paling enak dan hits di tanah Lombok. Fyi lagi nih, warung nasi campur sukaraja yang satu ini kabarnya sudah beroperasi sejak tahun 70an. Nggak heran kalau warung nasi ini melegenda. Eksis sejak dahulu kala hinga kini dan nanti (apasih ka -_-). Nggak heran lah kalau warung yang satu ini banyak pelanggan setianya.

nasi campur sukaraja

Jadi, kesimpulannya apa ni ka udah panjang lebar cerita soal nasi campur?
Yak, jadi, kesimpulannya…nasi campur ini beneran enak, kalian mau buktiin sendiri? Sini deh ke Lombok tepatnya di Jl. Yos Sudarso, Ampenan, Mataram. Terutama buat kalian yang memang doyan kulineran. Warung nasi sukaraja ini buka setiap hari, pukul 06.30–22.00 WITA dengan hanya 20.000 per porsi. Yuk cobain kuliner di Lombok!

nasi-campur-sukaraja

“Intip Hotel, Paket Liburan
dan Tiket Pesawat ke Lombok Terbaru” Hotel di Lombok, Indonesia
Holidays Package
, dan Tiket Murah
(Visited 251 times, 1 visits today)

About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Kuliner di Lombok: Cobain Kelezatan Nasi Campur Sukaraja' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool