Kunjungan “Mendadak” ke Pantai Tebuak, Lombok Tengah

5 (100%) 1 vote

Yeah, wiken telah tiba dan kini saatnya untuk me-refresh pikiran yang penat setelah ribet bekerja. Salah satu cara saya untuk menyegarkan kembali pikiran yang penat adalah dengan mengunjungi pantai-pantai yang ada di Lombok, terutama pantai-pantai di bagian selatan Lombok.

Akhir pekan ini kebetulan ada acara beach cleaning up di salah satu pantai di wilayah selatan Lombok. Wah, asyik juga nih, bisa ikut bantu bersihin sampah sambil refreshing. Dan mungkin juga bisa ketemu teman baru dengan hobi yang sama. Acara ini digagas oleh sebuah komunitas traveling dan bebas untuk semua kalangan. Melihat pamflet yang banyak tersebar di sosial media, acara clean up ini akan dimulai pada jam 9 pagi. Saya pun langsung menghubungi salah satu teman saya untuk mengikuti acara yang pastinya bakal seru ini. Teman saya pun setuju untuk ikut.

Keesokan harinya, sekitar pukul 7.45 kami pun berangkat dari Mataram. Setelah melewati jalanan yang cukup panjang, kami pun tiba di lokasi acara beach cleaning up. Kami tiba dilokasi sekitar jam 9.10 pagi. Namun, ketika tiba dilokasi kami tidak menemukan apapun. TKP sangat sepi, gak ada orang sama sekali. Ini kami yang kepagian datang atau acaranya yang molor?

Kami kemudian memutuskan untuk menunggu sejenak. Tapi sampai jam 10 pagi, tidak terlihat tanda-tanda akan adanya sebuah acara. Kami yang salah liat jadwal atau acaranya batal ya? Tapi berita di sosmed sudah sangat jelas tanggal, jam, dan tempatnya.

Jam 10.15, saya dan teman saya kemudian memutuskan untuk beranjak dari tempat ini dan berniat mencari pantai lain buat refreshing. Kami pun mulai berkendara dengan santai menyusuri jalanan Pantai Kuta Lombok menuju Pantai Mawun sambil menikmati pemandangan sekitar yang cukup indah.

Ketika melintas di kawasan Desa Prabu, kami melihat sebuah pantai dibalik perbukitan. Pantai ini sering kali kami lihat ketika melintasi jalan ini, namun kami belum pernah mengunjunginya. Tanpa pikir panjang, kami langsung menelusuri jalanan tanah berbatu untuk mencapai pantai ini. Setelah berjibaku melewati jalanan yang cukup ekstrim, kami pun tiba di puncak sebuah bukit. Nah, di balik bukit ini terdapat sebuah pantai yang sangat indah, Pantai Tebuak namanya. Secara administratif, pantai ini terletak di Dusun Tebuak, Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Tergoda dengan keindahan Pantai Tebuak yang terpampang nyata di depan mata, kami pun langsung bergerak menuruni bukit dengan rasa penasaran yang tinggi. Tiba di Pantai Tebuak, I couldn’t say a word. View nya benar-benar indah. Juara deh pokoknya. Rasa capek dan penasaran langsung sirna.

Pantai Tebuak memiliki garis pantai yang sangat pendek dan diapit oleh perbukitan hijau di kedua sisinya. Pasirnya berwarna putih kecoklatan dan sangat lembut ketika dipijak. Air lautnya bening dan berwarna hijau turquoise. Beberapa meter dari bibir pantai terdapat sebuah gili cantik tidak berpenghuni, Gili Nusa namanya.

Salah satu keunikan di Pantai Tebuak ini adalah bebatuannya yang khas berwarna coklat. Bentuknya unik dan jarang ditemukan di pantai-pantai lainnya.

Kami tak pernah menyangka sebelumnya kalau ada pantai secantik ini dibalik bukit yang sering kami lalui. Waktu itu sebenarnya kami ingin sekali berenang di pantainya yang super bening. Namun, karena ombak pada waktu itu cukup besar dan kami tidak membawa peralatan berenang yang memadai, akhirnya kami mengurungkan niat kami untuk berenang. Kami kemudian memilih untuk ‘ngadem’ di bawah pohon sambil menikmati makanan yang kami bawa.

Setelah beristirahat sejenak, kami kemudian mulai menjelajahi setiap sudut Pantai Tebuak ini. Kami mendaki salah satu bukit di sisi kanan pantai dan dari atas bukit ini panorama disekitar Pantai Tebuak terlihat benar-benar menakjubkan. Tak lupa kami mengabadikan keindahan dan keunikan setiap sudut pantai ini dengan kamera yang kami bawa.

Saking asiknya menikmati pesona Pantai Tebuak ini, tidak terasa kalau jam sudah menunjukkan pukul 15.00 dan perut kami mulai keroncongan. Kami pun segera bergegas meninggalkan Pantai Tebuak dan mencari tempat makan terdekat.

Dengan melewati jalur yang sama, kami kemudian mulai berkendara melewati jalanan yang cukup ekstrim menuju Pantai Kuta Lombok untuk mencari makan siang.

Well, sekian dulu kisah jalan-jalan dadakan kami ke Pantai Tebuak. Sampai jumpa lagi pada jalan-jalan ‘dadakan’ kami selanjutnya.

Ciao!

(Visited 452 times, 1 visits today)

About

Son of the Beach

'Kunjungan “Mendadak” ke Pantai Tebuak, Lombok Tengah' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool