Kunjungan Singkat ke Goa Bangkang, Lombok Tengah

Vote Us

Lombok tengah merupakan salah satu kabupaten yang ada di Pulau Lombok. Kabupaten ini terkenal dengan keindahan pantainya yang begitu menawan dan air terjunnya yang cantik. Sebut saja Pantai Selong Belanak, Pantai Mawun, Pantai Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan, Air Terjun Benang Stokel dan Air Terjun Benang Kelambu. Pantai-pantai dan air terjun ini bisa membuat para wisatawan berdecak kagum melihat keindahan panorama alamnya. Nah, selain pantai dan air terjun di atas, di Lombok Tengah kini sedang naik daun sebuah objek wisata baru yang cukup berbeda, yaitu objek wisata goa, yah, namanya Goa Bangkang.

Goa Bangkang terletak di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah atau terletak di antara Pantai Kuta Lombok dan Pantai Are Guling.

Awal kunjungan saya ke Goa Bangkang ini sebetulnya tidak direncanakan alias dadakan. Tidak ada dalam list dan saya tidak pernah tahu tentang keberadaan goa ini sebelumnya. Waktu itu saya dan seorang teman saya sebenarnya hendak berkunjung ke Pantai Tebuak. Namun, setelah melewati Pantai Kuta dan memasuki kawasan Desa Prabu, saya melihat ada beberapa orang wisatawan sedang asyik berfoto ria di bawah sebuah bukit. Karena sedikit penasaran, saya pun memutuskan untuk berhenti dan bertanya. Setelah ngobrol dengan beberapa pengunjung/wisatawan yang saya jumpai di sana, ternyata di bawah bukit itu ada goa, Goa Bangkang namanya.

Saya pun semakin penasaran dengan Goa Bangkang ini karena saya belum pernah tau sebelumnya kalau di Lombok ada goa seperti ini dan menurut saya objek wisata goa di Lombok sangat-sangat jarang. Tidak seperti di provinsi lain, misalnya Jawa, yang memiliki banyak objek wisata goa.

Tanpa pikir panjang dan tak mau menyia-nyiakan kesempatan ini, saya dan teman saya langsung menitipkan kendaraan di salah satu rumah warga yang terletak tak jauh dari Goa Bangkang. Setelah meminta izin kepada penduduk setempat, saya dan teman saya kemudian mulai berjalan menuju mulut goa. Jarak Goa Bangkang ini cukup dekat dari jalan raya, jadi tidak perlu capek untuk berjalan jauh.

Mendekati mulut goa, ada sesuatu yang aneh yang mulai tercium hidung kami. Baunya sangat menyengat dan membuat kami sedikit “pusing”. Kami pun langsung menggunakan masker untuk “menangkal” bau yang sangat menyengat dari dalam Goa Bangkang ini. Karena semakin penasaran, kami pun langsung memasuki mulut goa.

Mulut Goa Bangkang ini cukup besar dan tinggi. Dinding-dinding goa terdiri dari bebatuan berwarna coklat dan hitam. Suasana goa cukup gelap dan di atas langit-langit goa banyak terdapat kelelawar. Wah, ternyata bau menyengat yang kami cium berasal dari kotoran para kelelawar ini.

Dengan perasaan sedikit “takut”, kami mulai memasuki teras bagian dalam goa. Suasana yang gelap, udara yang dingin dan pengap serta ditambah bau yang menyengat membuat kami menjadi sedikit parno. Bagaimana kalau tiba-tiba gempa, mulut goa nya runtuh dan kami terjebak di dalamnya dengan bau kotoran kelelawar yang sangat menyengat? Bagaimana kalau tiba-tiba ada ular yang tidak terlihat mematok kaki kami? Pikiran-pikiran aneh ini membuat bulu kuduk kami berdiri. Yah, tapi wajar juga sih sebenarnya, soalnya ini pertama kali kami masuk goa.

Bagian dalam Goa Bangkang ini terlihat cukup luas. Namun, karena keterbatasan penerangan, kami memutuskan untuk mengeksplor bagian teras dalam nya saja. Goa Bangkang terlihat cukup “mistis” dan sangat hening tentunya. Untuk sesaat kami teringat akan film superhero “Batman” yang legendaris itu. Oiya, kami tidak melakukan banyak hal di dalam goa ini, kami hanya mengambil beberapa foto dan melihat struktur bebatuan yang menyelimuti goa.

Well, karena sudah sangat tidak tahan dengan baunya yang begitu menusuk, kami pun memutuskan untuk keluar dari goa. Sebenarnya sih kami ingin mengeksplor lebih jauh lagi Goa Bangkang ini, namun peralatan kami tidak memadai. So, saran buat teman-teman yang ingin menjelajahi Goa Bangkang ini yaitu bawalah alat penerangan yang memadai dan gunakan pakaian dan sepatu yang sesuai dengan sikon dan tentunya jangan lupa bawa masker/buff.

Setelah cukup puas mengabadikan keindahan Goa Bangkang, kami pun melanjutkan perjalanan kami menuju Pantai Tebuak. Well, meskipun kunjungan kami ke Goa Bangkang ini sangat singkat, tapi setidaknya kami memiliki pengetahuan dan pengalaman baru tentang sebuah goa yang kedepannya mungkin akan semakin booming di Lombok.

Yeah, that’s all for now.

Thanks and have a nice weekend!

Ciao!

(Visited 1,191 times, 2 visits today)


About

Son of the Beach


'Kunjungan Singkat ke Goa Bangkang, Lombok Tengah' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool