Gunung Rinjani Lombok

Lari di Gunung Rinjani Lombok? A Challenge To Do Before You Die

Vote Us

Pernahkah terpikir oleh Sobat Ezy untuk lari di Gunung Rinjani di Lombok?

Gimana rasanya itu cobaaaa?

Mendaki normal di trek Rinjani dengan berjalan kaki membawa beban carrier di punggung saja sudah merupakan hal yang berat dan luar biasa melelahkan. Ehmm… yang sudah trekking ke Rinjani pasti sudah tahu rasanya.

So, how about running in Mount Rinjani? Bagi saya orang yang awam akan dunia lari-larian, tentu ini hal yang gila! It’s so da*n crazy! Jalan kaki aja saya masih ngos-ngosan dan rasanya lutut sudah mau copot saking gilanya trek Rinjani, bagaimana ceritanya mau lari di Rinjani?  Ngebayanginnya aja saya sudah nggak habis pikir, apalagi kalau ada yang berhasil melakukan hal tersebut.

Faktanya memang ada dan bahkan banyak ‘orang gila’ yang sudah melakukan olahraga ekstrim ini, lari di Rinjani atau bahasa kerennya trail run di Rinjani. Gimana bisa? Gimana caranya? Terus rasanya kaya apa itu bisa lari di Gunung Rinjani? Well, in this post I’ll tell you. Here you go~

Gunung Rinjani Lombok

Jalur berpasir, kerikil dan licin menjadi tantangan.

Tentang Rinjani 100

Perihal lari di Gunung Rinjani Lombok ini, beberapa tahun lalu untuk pertama kalinya saya tau ada sebuah event gila yaitu lomba lari di Rinjani yaitu ketika pendakian saya pertama kali di Gunung Rinjani Lombok. Belakangan ini saya baru tau kalau acara itu namanya Rinjani Ultra atau Rinjani 100 (sebutannya sekarang). Bagi yang belum pernah mendengar, Rinjani 100 merupakan event lari terbesar dan bertaraf internasional yang diadakan di Gunung Rinjani, Lombok, NTB.

Bagi para trail runner sendiri tentu acara ini sudah bukan hal yang baru bagi mereka. Nggak salah kalau setiap penyelenggaraannya, acara ini banyak menarik minat para pelari dari dalam dan luar negeri. Mengikuti lomba bergengsi ini sudah pastilah menjadi mimpi dan bahkan mungkin target para trail runner. Menjadi salah satu finisher dalam lomba ini adalah suatu kebanggan dan pencapaian yang luar biasa. Terlebih lagi ajang lari di Gunung Rinjani Lombok ini merupakan salah satu dari 5 ultramarathon terberat di Asia.

Gunung Rinjani Lombok

Kabut juga menjadi salah satu tantangan dalam trail running di Rinjani selain trek yang brutal.

Dulunya ajang race ultra trail tahunan ini bernama Mount Rinjani Ultra yang kemudian berubah menjadi Rinjani 100. Pada tahun 2016, Rinjani 100 sudah berlangsung pada 29-31 Juli lalu. Kalau di tahun-tahun sebelumnya jarak terjauh hanya 52 km, maka pada 2016, penyelenggara membuka kategori baru untuk jarak 100 km. Ada 4 kategori yang dilombakan, yaitu menempuh jarak 27 km, 36 km, 60 km dan 100 km. Untuk kategori 27 km dan 36 km start dan finish-nya di Sembalun. Sementara untuk kategori 60 km dan 100 km start dari Senaru dan finish di Sembalun. Yang bikin greget lagi start-nya malam hari, kecuali kategori 27 km yang start-nya sekitar jam 3 siang.

Gunung Rinjani Lombok

Start! Pic via facebook Andy Hadiyanto

Tentang Pengalaman Lari di Gunung Rinjani

Bicara soal pengalaman lari di Gunung Rinjani Lombok, I am not going to talk about my experience, actually, tapi ini tentang pengalaman seorang kawan. Salah dua dari teman ini namanya Imam Ahmad Askalani Syukri (Imam) dan Lalu Erwin Mustiadi (Bang Inyok). Mereka berdua menjadi peserta dalam acara Rinjani 100 yang diadakan baru-baru ini pada 29-31 Juli 2016 lalu . Imam ikut untuk kategori 36 km sementara bang Inyok ikut kategori 27 km. Bangga sekali rasanya ada teman sekeren ini! Yang lebih membanggakan lagi adalah kedua bajang (bahasa sasaknya ‘pemuda’) asli sasak ini sudah berhasil menjadi finisher membawa nama Lombok, NTB melawan pelari dari penjuru Indonesia bahkan dunia yang ikut dalam ajang Rinjani 100. Imam berhasil menjadi finisher urutan kelima di 36 km menyelesaikan race dalam waktu kurang lebih 9 jam lalu bang Inyok menjadi finisher ketiga di kategori 27 km menyelesaikan race kurang lebih 5 jam. Keeeewl!

Gunung Rinjani Lombok

Imam dan bang inyok.

Pastilah mereka ini akan sulit berkata-kata, saking senangnya, kalau ditanya rasanya seperti apa bisa lari macam itu cuma dalam waktu yang singkat di Rinjani yang mana biasanya para pendaki butuh waktu berhari-hari untuk sampai ke puncaknya. Kaya apa rasanya bisa menuntaskan race di trek Rinjani yang terkenal berat. Berhasil mengalahkan peserta lain yang datang dari berbagai belahan dunia pula!

“Itu rasanya kaya… daaaaa*n! aku lari di Rinjani, gunung paling disegani. Lari! Bukan mendaki! Lari ke puncak!”, ungkap Imam.

Gunung Rinjani Lombok

Imam.

Kalau soal treknya, saya rasa, siapapun, mau awam soal lari atau para trail runner sekalipun akan sepakat bahwa Rinjani is really tough!

“Dari segi lomba lari treknya brutal ! Bisa dilihat dari jarak dan elevasi (start dari ketinggian 1000 ke 3000). Kondisi treknya juga licin karena kerikil dan pasir jadi susah buat manuver. Ya itu sih tantangan besarnya di tanjakan menuju puncak, itu harus atur strategi biar bisa ke puncak tanpa kehabisan tenaga”, jelas Imam.

Tapi satu hal yang saya yakin, meski seberat apapun jalur yang ditempuh dengan berlari ini, kelelahan atau apapun itu rasanya, semua itu pasti sudah terbayar LUNASSS dengan pemandangan alam Gunung Rinjani Lombok yang pastinya tidak pernah gagal membuat siapapun berdecak kagum dan bersyukur melihat keindahannya.

Gunung Rinjani Lombok

Ultra course map for 36 km. Pic via rinjani100.com

Nah, itu gengs! Niat juga nggak lari di Gunung Rinjani Lombok? Kali-kali aja berniat ikut Rinjani 100 😀 Kalau ya, agendakan tahun depan ke Lombok dan persiapkan semuanya, mulai dari fisik dan mental kamu serta persiapkan juga tiket kamu buat ke Lombok. Kalau soal tiket ezytravel.co.id bisa banget kamu andalkan!

Yuk laaah kita lari di Gunung Rinjani Lombok!

Do you dare to do the challenge?

Mau liburan ke Lombok? Cari di sini: tiket pesawat dan hotel
(Visited 214 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Lari di Gunung Rinjani Lombok? A Challenge To Do Before You Die' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool