Gili Petelu Lombok

Liburan Seru di Gili Petelu Lombok

Liburan Seru di Gili Petelu Lombok
5 (100%) 6 votes

Teringat pengalaman terjebak macet saat keluar dari kawasan wisata Senggigi Lombok Barat di momen Lebaran Topat tahun lalu, tepatnya sepekan persis selepas Hari Raya Idul Fitri 2015. Tahun ini saya tak ingin mengulangnya. Jadi, saya merasa sangat terbantu ketika satu keluarga yang berkenan mempercayai saya sebagai guide di momen libur bersama paska Lebaran 2016 baru lalu, saya memutuskan menginap di salah satu hotel bintang lima di Kuta Lombok Tengah. Spot wisata yang keramaiannya tak sepadat kawasan Senggigi, terutama di hari-hari menjelang perayaan Lebaran Topat. Meski kabupaten Lombok Barat dan Lombok Selatan berdekatan, euforia masyarakat saat merayakan Lebaran Topat memang relatif berbeda.

Gili Petelu Lombok

Pantai Pink yang ramai, shot dari atas perahu.

Meski sudah lakukan keseruan snorkeling di Gili Nanggu yang femes, lima anak-anak usia sekolah di rombongan tamu saya sepertinya memiliki energi yang tak habis-habis. Terutama aktifitas yang berkaitan dengan laut, ombak dan pantai. Praktis, tiga hari awal dari total lima hari trip selama di Lombok, penuh dengan skejul trip pantai, pantai dan pantai. Saya yang memilih membiarkan para tamu saya memuaskan diri di setiap spot yang sudah disepakati jauh-jauh hari, turut rasakan adrenalin semua rombongan tamu saya di setiap keseruan dan keceriaan saat di pantai. Selain berbasah-basah ria, memiliki piranti foto yang komplit, keluarga besar tamu saya sangat menyukai keceriaan bersama di momen mengambil foto. Baik foto-foto spot wisata itu sendiri, foto keluarga, selfie dan wefie, juga foto-foto candid yang tentunya cantik-cantik.

Gili Petelu Lombok

Tetangga Pantai Pink, puas berenang di pantai yang sepi.

Gili Petelu Lombok

Finally we got space…Yay..

Sabtu 9 Juli lalu, sekalian check out dari satu hotel bintang lima di kawasan Senggigi Lombok Barat, rombongan tamu saya benar-benar sudah siap tepat di janji temu pukul 7 pagi. Berangkat awal karena spot yang dituju berjarak 2,5- 3.5 jam berkendara. Tepatnya, wisata gili di sekitar spot Pantai Pink atau Pantai Tangsi Lombok Timur.

Segera setelah bertemu boatman yang akan antarkan berkeliling di desa nelayan Telong Elong, spot paling pertama yang ingin segera tercapai yaitu pantai Pink. Sayang, mungkin karena bertepatan dengan wiken plus libur lebaran, spot pantai cantik ini amat sangat ramai. Ambil beberapa foto di gua Jepang, rombongan tamu saya memilih berpindah spot di pantai persis di sebelah pantai Pink. Relatif lebih sepi meski kemudian rombongan kapal kami diikuti dua rombongan kapal lainnya.

Gili Petelu Lombok

Photo-shot di atas perahu saat yang lain asyik snorkeling time.

Gili Petelu Lombok

Clear turqoise blue sea water at Gili Petelu Lombok.

Gili Petelu Lombok

Tebing latar foto di kejauhan, bukit sisi kanan Pantai Pink dari arah laut.

Nha, ketika akhirnya sampai di Gili Petelu –spot snorkeling yang saat kami kunjungi sedang berarus cukup deras, tamu saya sungguh excited. Pasir putih, terumbu karang dan beberapa ikan hias bisa terlihat kasat mata dari atas perahu. Tak berpikir lama, setengah dari tamu saya segera ceburkan diri. Action camera, juga banyak shot foto cantik di atas perahu membuat rombongan kami habiskan waktu lebih dari dua jam. See, seperti saya tuliskan di awal, tamu saya kali ini sungguh pecinta laut dan ombak.

Gili Petelu Lombok (Gili: Pulau Kecil, Telu: Tiga, Bahasa Sasak Lombok) sendiri terletak dekat dari spot pantai Pink. Merupakan satu dari beberapa gili yang wajib kunjung ketika berwisata perahu. Akses darat memungkinkan dengan berangkat dari pantai Pink, namun waktu trip serta kenyamanan tamu, disarankan untuk memilih menyeberang dengan perahu dari beberapa spot yang lebih dekat. Bisa dari desa Jorr Keruak, Telong Elong atau Tanjung Luar. Semua desa nelayan ini terletak di Lombok Timur.

Artikel rekomendasi: Ini Devil Tears-nya Lombok

Saat ombak sedang tinggi, jarang ada perahu yang sandar di dua gili kecil, bagian dari Gili Petelu Lombok. Umumnya perahu lempar jangkar meski kadang arus yang deras membuat goyangan perahu cukup terasa. Para snorkeler sebaiknya selalu sempatkan diri memastikan posisi terakhir atau waspada dengan tali jangkar perahu-perahu yang sedang menunggui para tamu mereka snorkeling.

Gili di Lombok

Gosong pasir di jalur tiang listrik menuju Pulau Maringkik.

Gili di Lombok

Masih pe-er nih, belum ider di Pulau Maringkik-nya.

Setelah puas kembali berbasah-basah ria dan snorkeling plus keberhasilan dapatkan beberapa foto si Nemo, rombongan saya bergerak pulang ke desa Telong Elong. Di perjalanan, beberapa spot gosong pasir mulai terlihat. Termasuk jalur aliran listrik bagi masyarakat di pulau Maringkik. Pulau dengan sebagian kampung nelayannya di atas air dan terkenal sebagai pulau suku Bugis (Makassar) di Lombok. Gosong lainnya yang memiliki spot foto-foto instragamable juga mulai muncul. Femes disebut Gili Pasir. Sayang lagi, keramaian saat di spot pantai pink di awal trip berulang di spot ini. Tamu saya memilih untuk ambil beberapa foto dari atas perahu saja.

Gili di Lombok

Nah lo, gili pasirnya ndak muaatttt…Hihihi

Gili di Lombok

Sebentar lagi sandar di dermaga mini desa nelayan Telong Elong Lombok Timur.

Nah, jika lain waktu sobat Ezy bisa contek trip ini namun dapatkan spot-spotnya sedang sepi, selalu ingat pesan saya saat asyik di Gili Petelu Lombok yaaa..

Mau liburan ke Lombok? Cari di sini: tiket pesawat dan hotel
(Visited 314 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Liburan Seru di Gili Petelu Lombok' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool