Pantai Loang Baloq Lombok

Loang Baloq Lombok: Wisata Makam Bonus Pantai! 

Loang Baloq Lombok: Wisata Makam Bonus Pantai! 
Vote Us

Wisata makam memang masih belum menjadi tujuan utama di Lombok. Wajar saja, karena yang ditawarkan memang bukan pemandangan semisal pantai, air terjun, atau bukit. Bagi saya, wisata makam sedikit banyak punya keterkaitan dengan budaya, adat, agama, dan well, somehow sedikit unsur mistis.

Saat kecil dulu, saya beberapa kali mengunjungi beberapa makam yang cukup terkenal. Itu pun hampir semuanya karena ajakan keluarga. Mulai dari makam Bengaq, Jaran, Loang Baloq, Batu Layar, dan satu makam yang-saya-lupa-namanya- di Lombok Tengah. Sekarang kebiasaan ziarah makam di keluarga saya telah lama ditinggalkan. Tapi dari kenangan masa kecil itu, saya dapat menarik kesimpulan, bahwa memang suku Sasak punya kedekatan tersendiri perihal ziarah makam.

Kunjungan yang paling saya ingat adalah ziarah ke makam Loang Baloq pasca khitanan (sunatan) salah satu sepupu. Saat itu salah seorang bibi saya juga berganti nama, karena nama sebelumnya dianggap kurang cocok, sehingga ia sering sakit-sakitan. Ritualnya sederhana saja. Mengaji kemudian dilanjutkan dengan “piknik” alias makan nasi bekal yang sudah dipersiapkan dari rumah.

Wisata Ziarah Lombok

Pintu masuk Loang Baloq

What’s special about ziarah makam? 

Bagi sebagian orang (suku Sasak), “ketokohan” adalah hal yang istimewa, bahkan ketika tokoh tersebut telah tiada. Tokoh yang dimaksud disini, dikhususkan pada alim ulama, tuan guru–mereka yang dinilai memiliki ilmu agama tinggi, dan punya peran penting di masyarakat semasa hidupnya. Alasan masing-masing orang bisa jadi berbeda. Tapi, paman saya sempat menjawab sederhana, saat saya bertanya perihal ziarah makam, “Tempat itu jadi spesial, karena makam orang besar. Jangan selalu diidentikkan dengan syirik. Bagi banyak orang, yang dicari adalah suasananya, nilai rasa saat berada di tempat itu,” jelasnya.

 Wisata Ziarah Lombok

Kompleks kuburan, di kiri dan kanan, dari pusat ziarah (beringin besar).

What’s special about Loang Baloq? 

Iya! Loang Baloq adalah satu dari sedikit makam yang deket dengan pantai. So, sekali berkunjung ke Loang Baloq bisa langsung nyebrang ke pantai. Atau sebaliknya, main ke pantai dan nyebrang ke Loang Baloq. Sekali mendayung dua pulau terlampaui.

Makam Loang Baloq terletak di kecamatan Sekarbela, kota Mataram. Sangat mudah dijangkau dari segala penjuru.

Tidak ada yang terlalu spesial dari penampakan makam ini, kecuali pohon beringin besar yang menjadi pusat utama kunjungan para peziarah. Di bagian tengah pohon, ada makam Syeikh Gaus Abdurrazak, sehingga terkesan lokasi makam menyatu dengan beringin tersebut. Syeikh Gaus adalah salah satu tokoh yang diyakini menyiarkan agama Islam di pulau Lombok.

Wisata Ziarah Lombok

Penampakan beringin besar

Para peziarah biasanya akan mengambil air di dekat musholla, ditambah kembang, kemudian mereka menyirami makam Syeikh dengan air tersebut sambil membaca doa-doa. Sisa airnya akan diusap ke bagian tubuh: wajah, tangan, badan, kaki. Doa yang diminta pun bermacam-macam, mulai dari kesehatan, sukses, minta jodoh, keturunan, de-el-el.

Wisata Ziarah Lombok

Musholla kecil

Wisata Ziarah Lombok

Sepi saat berkunjung. Makam Syeikh Gaus.

Masih belum cukup? Para peziarah juga biasanya menuliskan harapan/keinginan mereka dan mengikatnya pada akar pohon beringin, something like “pohon harapan”. Jika harapan atau impian tercapai, maka peziarah akan kembali lagi dan melepas ikatan kertas.

 Wisata Ziarah Lombok

Deretan pedagang kaki lima di sepanjang jalan menuju makam. Ramai.

Jika ingin berwisata makam, maka silakan datang pada saat perayaan hari-hari besar, seperti maulid nabi atau lebaran. Dijamin, peziarah bakal tumpah ruah.

Jika sudah puas bertanya-tanya pada penjaga makam atau peziarah, silakan menyebrang ke pantai yang namanya persis sama, pantai Loang Baloq. Pantai ini selalu ramai pengunjung, terutama di sore hari, dan kabarnya menjadi salah satu spot sunset yang kece! Banyak yang bisa dilakukan disini, dari sekedar ngobrol ringan di berugaq, jogging, sampai kulineran.

 Wisata Ziarah Lombok

Taman Loang Baloq

 Wisata Ziarah Lombok

Jogging track!

 Wisata Ziarah Lombok

Sea with sunset view 🙂

Mau tahu waktu  yang tepat untuk mengunjungi makam ini? Segera! Saat lebaran Idul Fitri dan beberapa hari pasca lebaran adalah waktu yang tepat untuk berkunjung. Terlebih bagi yang ingin mencoba sensasi wisata yang sedikit berbeda. Ups, don’t worry! Ada bonus pantainya lho!

Yuk, ke Lombok! 🙂

(Visited 162 times, 1 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Loang Baloq Lombok: Wisata Makam Bonus Pantai! ' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool