Loang Baloq

Loang Baloq, Pantai dengan Taman Wisata Air dan Wisata Religi, Lombok.

Loang Baloq, Pantai dengan Taman Wisata Air dan Wisata Religi, Lombok.
5 (100%) 1 vote

Ayo ke Lombok! Guys, kamu tahu pulau Lombok adalah surga wisata alam bagi para traveler. Tapi, untuk yang satu ini, kamu bisa menikmati wisata di pantai dilengkapi dengan fasilitas taman air beserta jogging track. Tidak hanya itu, di tempat ini kamu juga bisa berwisata religi atau yang biasa kita dengar dengan sebutan “ziarah makam/kubur”.

Suka menghabiskan waktu sore dengan menunggu senja datang, taman Loang Baloq bisa dijadikan tempat pilihan yang unik. Kamu bisa jogging sore mengelilingi sebuah taman air yang cukup luas. Jogging track yang nyaman dengan jarak yang lumayan juga untuk satu putaran.

Loang Baloq

Sumber Foto: Google

Atau kamu bisa bermain sepeda air bebek yang terdapat di taman air. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Ancol, Loang Baloq juga mempunyai wahana itu, guys. Beberapa stand makanan dan minuman juga ada di area taman ini. Kamu bisa mengajak teman atau keluargamu duduk bersantai di beruga (saung) yang terdapat di tepi taman air.

Sedangkan yang berminat wisata religi atau ziarah makam, bisa juga ke area makam. Cukup menyebrang jalan, area makam ini berhadapan dengan lokasi taman dan pantai Loang Baloq. Ada beberapa makam tokoh di dalam komplek makam ini. Loang baloq sendiri berasal dari bahasa Sasak yang artinya Lubang Pohon. Di area makam terdapat pohon beringin yang sangat besar dengan sebuah lubang yang di dalamnya terdapat sebuah makam Syeikh Gaus Abdur razak. Beliau adalah seorang tokoh penyebar agama Islam di Lombok. Di komplek makam ini juga ada dua makam tokoh lain, yaitu makam Anak Yatim dan makam Datuq Laut.

Loang Baloq

Sumber Foto: Google

Lokasi Loang Baloq ini kurang lebih 6 kilometer dari pusat kota Mataram, yaitu di jalan Lingkar Selatan, kelurahan Tanjung Karang. Cukup dekat dan mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi atau ojek. Pantai yang masih satu garis dengan pantai Ampenan ini memang sangat terkenal di kalangan masyarakat Lombok. Apalagi untuk masyarakat yang masih memiliki kepercayaan berziarah makam, hal berbau klenik yang telah membudaya di kalangan masyarakat Indonesia.

Loang Baloq akan sangat ramai pada saat lebaran ketupat (seminggu setelah hari raya Idul Fitri), Sasak, suku asli lombok punya ziarah akbar. Makam-makam ini dihias, janur-janur kuning dipasang di jalan komplek makam. Ziarah di makam atau kuburan sudah menjadi salah satu ritual keagamaan yang menurut sebagian orang adalah perbuatan syirik. Tapi budaya ini masih digandrungi oleh hampir sebagian masyarakat muslim Lombok.

Loang Baloq

Sumber Foto: Google

TIKET KE LOMBOK

Jika senja sudah mulai datang, saatnya menikmati cantiknya sunset di tepi pantai Loang Baloq. Semilir angin dan deburan ombak berpadu saat matahari mulai terbenam. Lampu-lampu taman akan mulai menyala dan menambah manis penampilan taman. Pantai Loang Baloq jadi semakin menawan.

So, ingin wisata pantai, jogging, main sepeda air dan ziarah makam? Loang Baloq, bisa jadi jawaban kamu. Buruan ke Lombok!

(Visited 1,536 times, 2 visits today)


About

Simply Complicated


'Loang Baloq, Pantai dengan Taman Wisata Air dan Wisata Religi, Lombok.' have 3 comments

  1. May 5, 2015 @ 4:46 pm oy

    Est biaya now buuuuu, buat backpackersssssss

    Reply

    • May 5, 2015 @ 5:18 pm deehati

      Woooh.. Nabung dunk pak..
      Trs hunting tiket murah di ezytravel.co.id

      Reply

  2. May 6, 2015 @ 7:52 pm moektar

    Katanya mau dibangun hotel ya, di smping tamannya?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool