Lombok Barat Must Visit Spots, Sudahkah dikunjungi Semua?

Lombok Barat Must Visit Spots, Sudahkah dikunjungi Semua?
5 (100%) 1 vote

Where is your first step on land while entering Lombok from the west? Pelabuhan Lembar pastinya..^_^ Pelabuhan utama pulau Lombok sejak jaman Belanda dahulu, tadinya berada di pantai Ampenan, yang kemudian sekarang menjadi ikon kota tua di Lombok. Pelabuhan yang kemudian dipindahkan ke Lembar sejak 1977, karena pertimbangan arus laut yang semakin berbahaya jika masih berlokasi di Ampenan.

Setelah Mataram berkembang pesat dan menjadi wilayah pemerintahan kota, sesuai saran dari Mendagri dengan surat bertahun 2000, ibukota kabupaten Lombok Barat pun pindah ke Gerung, kecamatan Sekotong Tengah. Wilayah yang menjadi gerbang depan saat siapapun yang memasuki Lombok tiba dan datang melalui pelabuhan Lembar.

Gerbang Selamat Datang di Pelabuhan Lembar

Gerbang Selamat Datang di Pelabuhan Lembar

IKON KOTA
Ikon pertama yaitu Bundaran Patung Sapi. Spot tongkrongan masyarakat setempat setiap sore, juga titik dimana setiap pelalu lintas bisa menuju Bandara Internasional Lombok (BIL) dan kota Mataram dengan jalur cepat.

Tugu Giri Menang atau Bundaran Patung Sapi di malam hari

Tugu Giri Menang atau Bundaran Patung Sapi di malam hari

Tugu Giri Menang saat senja -BunSal's

Tugu Giri Menang saat senja -BunSal’s

An early sunset capture at Tugu Giri Menang - Bunsal's

An early sunset capture at Tugu Giri Menang – Bunsal’s

Ikon berikutnya di kompleks Kantor Bupati Lombok Barat, kurang dari 10 km ke arah selatan dari bundaran Patung Sapi. Taman Kota Giri Menang berlokasi persis di samping kompleks Kantor Bupati. Empat gerbang di taman kota ini, salah satu sisinya dilengkapi diorama dengan kisah-kisah khas masyarakat Gerung. Salah satunya adalah parade Gendang Beleq (Beleq: Besar, Sasak). Taman dengan nilai edukatif pun nilai-nilai kearifan lokal bagi anak-anak.

Kantor Bupati Giri Menang - Gerung - Lombok Barat - BunSal's

Kantor Bupati Giri Menang – Gerung – Lombok Barat – BunSal’s

Gerbang bagian dalam Kantor Bupati Giri Menang - BunSal's

Gerbang bagian dalam Kantor Bupati Giri Menang – BunSal’s

Bencingah Agung di Kompleks Kantor Bupati Giri Menang - BunSal's

Bencingah Agung di Kompleks Kantor Bupati Giri Menang – BunSal’s

Taman Kota Giri Menang - BunSal's

Taman Kota Giri Menang – BunSal’s

Gerbang sisi kiri - BunSal's

Gerbang sisi kiri – BunSal’s

Gerbang Sisi Kanan - Gendang Beleq - BunSal's

Gerbang Sisi Kanan – Gendang Beleq – BunSal’s

WISATA GILI
Di samping dua ikon kota ini, sebagian besar traveler tentunya sudah akrab dengan Gili Kesun, singkatan dari nama tiga gili di kawasan Sekotong Barat, yaitu Gili Kedis, Gili Sudak dan Gili Nanggu. Destinasi wisata favorit baru di Lombok.
Kawasan laut sebening kristal, akomodasi yang telah cukup memadai dan kemudahan di akses meski misalnya Anda tetap memilih menginap di kota Mataram atau kawasan wisata Pantai Senggigi sekalipun.

WISATA GUA
Satu spot yang masih dirawat dan belum menjadi konsumsi publik, gua yang menjadi latar dongeng rakyat, Cupak-Gerantang. Lebih dikenal dengan sebutan Gua Jepang Sekotong, sampai saat ini akses ke lokasi ini sebatas untuk pendidikan para pegiat pecinta alam yang mengambil kekhususan pada penelusuran gua (Caving).
Semoga ke depan, pengelola dari lokasi ini semakin siap, berkenan membuka spotnya kepada publik dengan tetap mengedepankan pelestarian kawasan ini.

Cerita latar dongeng rakyat Cupak-Gerantang bisa menjadi magnet utama destinasi ini. Usaha menjaga kelestarian gua, sekaligus kearifan masyarakat setempat yang tergambar di dongeng Cupak-Gerantang.

WISATA PANTAI
Wisata pantai Lombok Barat, menjadi ikon wisata paling eksis Lombok, bahkan sampai saat ini. Garis pantai sepanjang sekitar 10 km ini memiliki sarana penunjang wisata terlengkap dari semua spot wisata yang terdapat di pulau Lombok. Akan selalu ada banyak angle menulis hanya dari spot wisata satu ini.
Spot wisata lainnya yang juga masih jarang di akses publik, Pantai Nambung. Spot di kawasan selatan dimana transportasi umum masih sangat jarang. Destinasi wisata baru yang sangat disarankan bagi Anda yang menyukai perjalanan ekstra mengingat akses menuju spot ini sekitar satu sampai dua jam berkendara dari kota Mataram.

Nambung Beach, Dong Ayok kite kesini.

Nambung Beach, Dong Ayok kite kesini.

WISATA SEJARAH
Sejarah? Yup, sejarah masa lalu, bahkan mulai dari jaman kerajaan sahabat travel! Kental dengan nuansa Hindu dan Belanda, sebut saja kompleks-kompleks pura persembahyangan, bangunan-bangunan jaman kolonial dan taman-taman kerajaan.

Pura tersebar di banyak lokasi, mulai dari Senggigi, kota Mataram sendiri, sampai di Narmada sang kota air. Bangunan-bangunan tua di kota tua Ampenan, pun taman-taman kerajaan di Cakranegara dan Narmada.

Rrrr, pilkada sudah selesai atau belum sik? :D - BunSal's

Rrrr, pilkada sudah selesai atau belum sik? 😀 – BunSal’s

Ulasan detail dari masing-masing spot tersebut sudah lengkap di ulas dari berbagai angle di web travel ini. Intip satu-satu yaaaa.

Baiklah, sudah menggaris-bawahi destinasi-destinasi wisata yang belum Anda kunjungi? Atau ingin mengulang momen-momen wisata terbaik Anda di beberapa spot di atas? Wah, hanya menuliskan ulang begini saja, saya pribadi serasa ingin terbang dan menikmati lagi, lagi dan lagi spot-spot wisata terbaik Lombok Barat ini.
Oia, tak harus lewat darat juga si ya..Yuk, segera pesan tiket ke Lombok di sini dan landing-lah lagi, lagi dan lagi di Lombok..^_^

(Visited 1,254 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Lombok Barat Must Visit Spots, Sudahkah dikunjungi Semua?' have 3 comments

  1. October 7, 2015 @ 3:25 pm BunSal

    Waaaaa, ada yang kelewat dan amat sangat penting: Paragraf ke-9, garis pertama, itu maksudnya kawasan wisata pantai Senggigi yaaaaa…
    Paling eksis mbangeti sampai saat ini.
    Koreksi, done! ;p ^_^

    Reply

  2. December 2, 2015 @ 7:37 am moerad

    Nambung Beach…belum pernah kesana….pengen

    Reply

  3. February 27, 2016 @ 9:50 pm Sutrisno

    Nambung bagus yah. tapi akhir2 ini jarang ada yg post disana. banyak lokasi lain yang keren2 juga. ditunggu updatenya lagi kak. keep sharing

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool