Ritual Praje

Lombok Punya Tradisi Khitan Yang Unik Lho!

Lombok Punya Tradisi Khitan Yang Unik Lho!
5 (100%) 2 votes

Dong Ayok ke Lombok!

Hello guys, taqabalallahu minna waminkum untuk para sobat ezytravelers muslim yang telah merayakan Idul Fitri. Maaf lahir batin nih dari saya pribadi dan segenap teman hellolombokku.com. Selamat bermudik ria, kumpul keluarga, dan piknik hore selama libur panjang.

Hwaaaa… bagi saya yang doyan banget kelayapan alias jalan-jalan, libur panjang begini emang jadi aji mumpung banget. Mumpung lagi mudik, mumpung lagi kumpul keluarga, dan tentu saja mumpung lagi banyak dapet THR (huehehe) tapi kemudian ludes (heuheu).

Nah libur panjang begini apalagi tepat pada libur sekolah, ada hal berbeda juga nih untuk sebagian masyarakat Lombok. Bagi orang tua yang memiliki anak laki-laki yang belum dikhitan, libur panjang seperti ini sering dimanfaatkan untuk mengkhitan anak mereka. Yang unik, khitanan di sini digelar dengan cara berbeda, yaitu ritual Praje.

Praje merupakan tradisi dimana anak yang akan dikhitan, sebelum dikhitan, anak tersebut dipikul dengan kuda yang terbuat dari kayu, kemudian diarak berkeliling kampung. Sebenarnya tradisi ini tidak hanya digunakan pada saat khitanan saja, tetapi ketika nyongkolan (arak-arakan) pernikahan juga.

Sore itu saya tidak sengaja berpapasan dengan arak-arakan Praje. Seperti biasa ketika juga saat nyongkolan, terjadi kemacetan ketika rombongan arak-arakan melintasi jalan yang terbilang sempit. Akhirnya saya mengikuti rombongan dari belakang sembari menikmati suara tabuhan dari gendang beleq (alat musik khas suku Sasak), terkadang juga seiring berjalannya jaman, gendang beleq terganti oleh musik kecimol.

Tampak dua orang anak laki-laki sedang menaiki kuda kayu yang dipikul oleh empat orang. Mereka mengenakan pakaian layaknya pengantin lelaki. Kuda kayu terkadang digoyang mengikuti tabuhan gendang beleq. Pihak keluarga juga mengenakan pakaian adat Sasak sembari mengikuti rombongan, beberapa orang juga memayungi pengantin cilik yang sedang dipikul.

Tradisi Khitanan di Lombok

Tradisi yang cukup unik untuk menghibur anak yang akan dikhitan, tujuannya sih agar si anak tidak takut dikhitan. Jadi tradisi ritual Praje ini sebenarnya tidak wajib dilakukan, semua tergantung dari pihak keluarga anak. Salah satu faktornya adalah mampu atau tidak. Menyaksikan iring-iringan ini membuat saya rasanya jadi pengen naik kuda kayu juga dan dipikul gitu deh, hehehe…

Gak terasa rombongan sudah berbelok ke arah lain, saya melanjutkan perjalanan kembali. Di daerah lain sepertinya juga memiliki tradisi khitanan masing-masing yang unik, dan Lombok merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak tradisi budaya. Kalau di daerahmu ada gak tradisi khitanan?

Tradisi Khitanan di Lombok

Libur sudah akan usai, jadi sedih nih, tapi jalan-jalan tetap lanjut donk. Libur panjangmu diisi dengan acara apa? Mudik ke kampung halaman gak nih? Jangan lupa jadikan ezytravel.co.id sebagai sahabat liburanmu bareng keluarga. Ada banyak tiket murah dan juga paket wisata yang harganya ramah kantong. Jangan lupa juga segera booking tiket ke Lombok. Kalau berkunjung ke tempat wisata manapun, bawa pulang sampahmu ya!

Salam Cihuy~

(Visited 286 times, 1 visits today)


About

Simply Complicated


'Lombok Punya Tradisi Khitan Yang Unik Lho!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool