Lombok Utara, Must Visit Travelling Spot

Lombok Utara, Must Visit Travelling Spot
1.6 (32%) 15 votes

Meski menjadi kabupaten termuda dari empat kabupaten di Pulau Lombok, kabupaten Lombok Utara memiliki spot-spot wisata lengkap. Mulai dari wisata pantai dan gili, wisata gunung dengan banyak spot air terjun, bahkan wisata gua yang masuk di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yaitu Gua Susu di pemandian Aik Kalak, Danau Segara Anak. Resmi menjadi kabupaten perluasan baru sejak tahun 2008, kabupaten dengan lima kecamatan seluas sekitar 776 km2 ini baru memiliki pejabat eksekutif selama 1 periode, terhitung dari hasil PEMILU-Kada pada 2010, lima tahun lalu.

View Lombok dari kapal penyeberangan menuju Padang Bai-Bali

View Lombok dari kapal penyeberangan menuju Padang Bai-Bali

Mau berkunjung ke spot wisata mana dulu? Yuk dicatat dengan baik spot-spotnya, kemudian bisa disesuaikan dengan agenda liburan Anda nanti.

Wisata Pantai dan Gili
Salah satu dari lima kecamatan di Lombok Utara memiliki spot wisata kelas dunia, yaitu kawasan Tiga Gili yang terkenal. Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno berada di kecamatan Pemenang. Spot lainnya di kawasan ini dan sudah diulas di beberapa tulisan lain di web travel ini diantaranya Teluk Nare di Bangsal, Bukit Nipah pun Tanjung serta Pantai Malimbu.

Klasik sunset dari Pantai Malimbu

Klasik sunset dari Pantai Malimbu

Tanjung Malimbu, view dari pantai dan sunset klasiknya.

Tanjung Malimbu, view dari pantai dan sunset klasiknya.

Akomodasi di spot-spot wisata ini juga sudah menyamai kelengkapan akomodasi di kawasan wisata pantai Senggigi. Jadi tak perlu khawatir memilih kamar-kamar terbaik favorit Anda di sini. Beberapa referensi semakin banyak dan mudah ditemukan, meski memang sangat memungkinkan bagi Anda untuk bermalam di Senggigi mengingat akses lalu lintas Senggigi ke Pemenang Lombok Utara sudah sangat baik serta lancar.

Wisata Gunung dan Air Terjun
Tak lain dan tak bukan, tentu saja kawasan TNGR dengan luas total 41 HA lebih, sebagian wilayahnya masuk di kawasan Lombok Utara, tepatnya kecamatan Senaru sekaligus kecamatan terluas di kabupaten ini. Menjadi salah satu pintu pendakian Gunung Rinjani 3726 mdpl sejak lama, bersama-sama dengan Sembalun Lombok Timur, Senaru semakin eksis dengan variasi spot wisata lainnya. Sebut saja trio air terjun Senaru, Sendang Gile-Tiu Kelep dan Betara Lenjang.

Peta wisata desa Senaru

Peta wisata desa Senaru

Pintu pendakian Senaru

Pintu pendakian Senaru

Berikutnya wisata religi di kompleks Mesjid Tertua di Lombok, Mesjid Bayan sekaligus kompleks desa adat Bayan Beleq dengan budaya Watu Telu-nya.

Masih wisata air terjun, terdapat juga Tiu Teja (Teja: Pelangi, Sasak) di desa Santong kecamatan Kayangan Lombok Utara. Khusus spot ini, Anda bisa baca selengkapnya di web travel ini, diulas dari tiga angle berbeda..^_^

Jalur pendakian Rinjani lainnya yang tak kalah terkenalnya dari Senaru dan Sembalun, yaitu Torean. Jalur trekking yang sebagian besar melalui wilayah lembah menjanjikan juga spot air terjun plus beberapa gua (Goa Susu, Goa Manik, Goa Payung dan Goa Zam Zam). Di jalur ini pula Anda bisa temukan spot air terjun indah lainnya, yaitu Air Terjun Penimbungan.

Akomodasi dan Kuliner
Ruas jalan raya dari Pemenang sampai ibukota Lombok Utara di Tanjung, akomodasi sampai hotel bintang tiga sudah tersedia. Cottage dan bungalow dengan view indah serta hawa sejuk sepanjang waktu mudah ditemukan di desa Senaru. Bahkan, banyak pengunjung yang memilih untuk bermalam di kawasan tiga gili atau bahkan kota Mataram serta Senggigi namun tetap bisa mengakses semua spot wisata di dua bagian besar di atas dengan mudah serta lancar.

Salah satu akomodasi terbaik di desa Senaru

Salah satu akomodasi terbaik di desa Senaru

Untuk kuliner, sate ikan Tanjung telah menjadi satu dari banyak kuliner khas Lombok yang telah terkenal. Selalu sangat disarankan untuk menikmatinya langsung di ‘sentra’nya yaitu di kota Tanjung sendiri, meski saat ini sudah bisa didapatkan di banyak spot wisata lainnya di pulau Lombok.

Baiklah, silakan diurutkan hendak kemana, berapa lama serta bersama siapa..Lombok Utara siap menyempurnakan setiap momen berlibur Anda..^_^

Tentu saja, akan makin sempurna jika segera book tiket di sini dan siapkan gadget terbaik Anda untuk merekam semua keindahan Lombok Utara..^_^

(Visited 404 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Lombok Utara, Must Visit Travelling Spot' have 2 comments

  1. October 14, 2015 @ 8:22 pm Rahmah

    Mbak, ini deket kah dari daerah Tanjung?
    Ada kakak ipar saya di sana…

    Reply

  2. October 16, 2015 @ 6:09 pm Muslifa Aseani

    Terima kasih telah berkunjung..^_^
    Kalau Tanjung yang dimaksud yang ada di Lombok Utara, berarti benar seperti Tanjung yang saya tuliskan di sini.
    Satu lagi, ada kecamatan Tanjung di kabupaten Lombok Timur.
    Coba dikonfirmasi lagi, di Tanjung yang Lombok Utara atau yang Timur? ^_^
    Salam hangat..

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool