Mutiara Lombok

Luxurious Lombok Pearl, Yuk Lengkapi Koleksi Mutiara Kamu

Luxurious Lombok Pearl, Yuk Lengkapi Koleksi Mutiara Kamu
1.66 (33.11%) 61 votes

Seiring dengan makin eksisnya Lombok sebagai destinasi wisata, berbagai macam jenis oleh-oleh khas juga tumbuh dan berkembang. Salah satunya mutiara. Tambang-tambang mutiara air laut dan tawar berkembang di beberapa daerah di Lombok, atau di pulau tetangganya yang masih dalam satu propinsi, pulau Sumbawa. Dimana saja bisa mendapatkan mutiara-mutiara ini? Di harga berapa?

Sentra Mutiara Sekarbela

Mutiara Hitam Lombok

Mutiara Air Laut Hitam. Mysterious glamour..

Desa Sekarbela di Kotamadya Mataram terkenal menjadi sentra mutiara, butiran-butiran asli, hasil olahan dan perajinnya, sejak lama. Variasi ikatan, baik dari perak, emas, sampai rodium tersedia. Pun opsi-opsi hiasan dan bentuk yang diinginkan. Untuk model-model perhiasan khusus, Anda bisa memesan dan memberikan sketsa atau contoh model yang diinginkan, kemudian hasilnya nanti akan dipaketkan sesuai alamat yang Anda tinggalkan. Aman, puas karena model pilihan sendiri dan terpercaya.
Mulai dari bros, anting, cincin, kalung atau untaian utuh butiran mutiara air laut yang dibandrol di harga juta-an, bahkan sampai belasan juta.

Mutiara Lombok

Grade AA, dengan berat seragam. Sangat cantik dijadikan liontin atau kalung mutiara.

Beberapa pengelola toko bahkan sudah mengembangkan bisnis dengan juga membuka toko-toko online. Baik di portal-portal belanja terkenal, akun-akun sosmed, atau pun web-web khusus.

Sentra-sentra lokasi wisata
Saya memilih meyebutkan sentra-sentra lokasi wisata, karena meskipun tidak seramai atau selengkap di kawasan wisata pantai Senggigi, beberapa hotel atau tujuan wisata di pelosok pulau Lombok selalu tersedia konter-konter yang menjual mutiara.
Bahkan di penginapan-penginapan kelas melati sekalipun, pedagang asongan selalu menawarkan koleksi mutiara, pun kain-kain khas Lombok. Meski tentu saja pilihan model dan kualitas tidak selengkap jika mengunjungi toko atau sentra mutiaranya.

Karamba Mutiara
Selalu terasa lebih aman jika misalnya bisa membeli langsung butiran mutiara air laut, langsung dari ‘pabrik’nya. Namun, rantai bisnis dari para penjual, perajin tentu jadi kurang seimbang. Kecuali mungkin jika ada semacam kesepakatan umum, bahwa bisa membeli langsung di karamba-karamba, namun dengan harga yang jauh lebih mahal dari harga di pasar mutiara umumnya. Sehingga, hanya buyer-buyer dengan budget berlebih yang bisa berbelanja disana, dan pasar mutiara umum lainnya masih bisa tetap hidup. Well, hanya sebuah wacana saja si ^_^
Satu sisi, keberadaan karamba-karamba mutiara juga tidak terlalu terbuka untuk umum. Jamaknya kita hanya bisa mengetahui dengan, ‘Saya punya teman yang katanya pamannya bekerja di karamba mutiara di desa ini atau itu’, atau kalimat-kalimat semacamnya.

Karamba Mutiara di Lombok

Karamba Mutiara Tj. Maringkik Lombok Timur

Faktanya, ada beberapa lokasi wisata yang kita bisa melewati lokasi-lokasi karamba mutiara ini. Salah satunya Pantai Pink di Lombok Timur. Rumah-rumah apung kecil lokasi penjaga karamba, juga rerangkaian tali-temali yang mengalun seirama ombak. Yang ini, sudah bukan katanya lagi ya? Tapi, saya sendiri pun belum tahu pemilik dari karamba mutiara tersebut 😀 ^_^

Harga-harga
Butiran-butiran mutiara air laut, harganya ditentukan dari kualitas seberapa bundar mutiaranya, atau grade bundarnya. Sekitar sepuluh tahun yang lalu, saya pribadi sempat menjadi admin toko mutiara online. Saat melihat-lihat referensi dari toko online mutiara dari luar negeri, level grade bundar tidaknya mutiara bahkan dilabeli sertifikat khusus. Yang sayangnya belum diterapkan pada mutiara Lombok. Yang ada hanya sertifikat penjamin kualitas keaslian, dimana jika saat pesanan mutiara sampai ditangan pembeli, ternyata warna, model ataupun grade bundarnya tidak sesuai ekspektasi pembeli, penjual menjamin keleluasaan penukaran sampai pembeli mendapatkan benar-benar sesuai yang diinginkan.

Sertifikat Mutiara di Lombok

Contoh sertifikat buyer dari salah satu toko mutiara

Beberapa warna umum mutiara air laut, dari putih murni, silver, kuning keemasan, abu-abu sampai hitam pekat.

Sekian warna tersebut, beberapa toko memberikan harga berbeda. Range mulai dari 450an ribu per gramnya, bahkan ada yang dibandrol di harga sejuta per gram. Masing-masing toko juga berbeda dalam mematok harga. Ada yang dijual berbeda per gramnya tergantung warna. Ada pula toko yang mematok harga sama untuk semua warna.
Oia, saya juga menjual mutiara di salah satu portal yang tahun ini akhirnya ngiklan juga di tipi. Cari saja lapak bunsal yak..^_^

(Visited 7,036 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Luxurious Lombok Pearl, Yuk Lengkapi Koleksi Mutiara Kamu' have 2 comments

  1. July 15, 2015 @ 8:36 am eliyan

    Infonya kerennn bund..
    suka bingung soalnya dengan keaslian mutiara

    Reply

    • July 29, 2015 @ 7:46 am BunSal

      Thanks El..
      Happy that my writing is useful ^_^

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool