Maknyoos! Menikmati Lezatnya Sate Ikan Tanjung Khas Lombok Utara

Maknyoos! Menikmati Lezatnya Sate Ikan Tanjung Khas Lombok Utara
3 (60%) 2 votes

Hello Travellers!

Lombok is always always always fascinating. Apapun musimnya, Lombok selalu menyediakan banyak pilihan wisata bagi pecinta liburan (aren’t we all?). You choose! Bulan-bulan ini adalah musimnya peak season, saat dimana para wisatawan menghabiskan waktu mereka dengan berlibur di Lombok. Rinjani penuh pendaki. Pantai dan gili pun tak kalah ramainya. Well, Lombok memang keren!

Kalau selama ini postingan saya didominasi tulisan tentang tujuan wisata dan budaya, kali ini saya akan mengajak kita semua untuk berkuliner ria ke Lombok Utara, mencicipi sate ikan Tanjung yang jadi ikon kuliner Lombok Utara. *Psssst! Nyicipnya lewat foto-foto dulu ya.

Sate ikan Tanjung, icon kuliner Lombok Utara

Sate ikan Tanjung, icon kuliner Lombok Utara

Sate Ikan Tanjung, apa spesialnya?

Sate memang bukan kuliner baru di Indonesia. Hampir semua jenis daging dapat dijadikan sate. Pilihan bumbunya pun beragam, dari yang paling sederhana dari campuran kecap dan bawang, sampai yang diracik dari campuran berbagai bahan.

Jika ada yang bertanya, “apa spesialnya sate ikan Tanjung”? Buat saya jawabannya sederhana: “Karena saya nggak bisa bikin. Kalaupun bisa, mungkin saja rasanya tidak akan seenak bikinan para  pedagang Sate tanjung.” Hehehe. Simpel.

Sate Ikan Tanjung umumnya berbahan baku ikan cakalang, jika tidak sedang musimnya maka para pedagang biasa menggantinya dengan jenis ikan yang cita rasanya tidak jauh berbeda dengan ikan cakalang, seperti ikan langoan dan ikan paso.

Proses pembuatan sate ikan Tanjung yang maknyoosnya bikin ketagihan

Proses pembuatan sate ikan Tanjung yang maknyoosnya bikin ketagihan

Ikan yang diolah adalah ikan yang masih segar, sehingga kualitas rasa dijamin fresh. Daging ikan dipisahkan dengan tulangnya kemudian dipotong kecil-kecil, dan direndam semalaman dengan campuran bumbu cabe besar, cabe rawit, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, kemiri, dan merici yang telah dihaluskan terlebih dahulu. Daging kemudian diaduk bersama santan kental sehingga adonnya mirip adonan tepung kue. Sate kemudian dililitkan pada tusukannya, dan dilumuri sekali lagi dengan bumbu rendamannya. Karena sudah full-bumbu yang langsung berpadu dengan daging ikan, maka sate ikan Tanjung tidak lagi membutuhkan bumbu extra.

Daging ikan yang lembut berpadu dengan gurihnya santan dan campuran bumbu komplit terasa sampai ke hati! It tastes supeeerrr yummy and delicious!

Pengolahan sate ikan Tanjung masih tradisional. Rasanya beda lho, sate yang matengnya dikipasin dengan sate yang mateng pake kipas angin, eh?

Pengolahan sate ikan Tanjung masih tradisional. Rasanya beda lho, sate yang matengnya dikipasin tradisional dengan sate yang mateng pake kipas angin, eh?

Biasanya para pedagang hanya membakar sate setengah matang. Ketika ada pembeli yang memesan baru kemudian sate dibakar lagi sampai matang.

Kerjasama: Memilit sate kemudian dibakar. Fresh from the oven!

Kerjasama: Memilit sate kemudian dibakar. Fresh from the oven!

Bagaimana menikmati sate tanjung?

Sate Tanjung yang cukup pedas (rasa pedasnya bervariasi, tergantung jumlah cabe, heuuu) ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat. Tak ada nasi lontong pun jadi. Saya biasanya menikmati sate tanjung untuk cemilan sepanjang perjalanan dari Lombok Utara-Mataram. Apapun pasangannya, nggak akan merubah lezatnya sate ikan Tanjung!

Where to get?

Tidak perlu kesulitan mencari kuliner satu ini. Anda dapat menemukannya di sepanjang jalan menuju Tanjung setelah melewati pusuk pass. Where to stop is all up to you! Karena harganya yang murah meriah–cuma Rp. 1000 aja per tusuk–sate ikan Tanjung ini laris banget. Para pedagang sate ikan Tanjung biasanya mulai buka pada siang hari hingga jelang malam. Pada malam hari hanya sedikit yang masih berjualan. So, make sure to make a stop while passing there!

Sate ikan Tanjung di sepanjang jalan Tanjung.  Make a stop!

Sate ikan Tanjung di sepanjang jalan Tanjung. Make a stop!

Sekarang, pedagang sate ikan Tanjung memang dapat ditemui tidak hanya di Lombok Utara, di Mataram pun ada beberapa penjual sate ikan Tanjung. Tapi sensasi kelezatannya berbeda, pokoknya kuliner ini paling pas kalau dinikmati langsung di Tanjung Lombok Utara.

Sate ikan Tanjung membawa berkah bagi para pedagang. Murah meriah, laris manis.

Sate ikan Tanjung membawa berkah bagi para pedagang. Murah meriah, laris manis.

Okedeh, kalau anda saat ini sedang atau akan mengunjungi Lombok, jangan lupa mampir dan menimati kuliner khas Lombok Utara ini. Dijamin, sekali mencoba bakal ketagihan.

Ciao!

(Visited 755 times, 1 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Maknyoos! Menikmati Lezatnya Sate Ikan Tanjung Khas Lombok Utara' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool