Air Terjun Mangku Sakti

Mangku Sakti Waterfall, Keindahan Tersembunyi di Lombok Timur

Mangku Sakti Waterfall, Keindahan Tersembunyi di Lombok Timur
3.67 (73.33%) 3 votes

Sembalun memang menjadi jadi primadona wisata di Lombok tahun 2015 ini. Hampir tiap hari ada aja gue temuin di beranda facebook, instagram atau twitter mengenai tempat wisata di daerah ini.

Walaupun gue udah lama menejelajah di daerah pegunungan taman nasional gunung rinjani ini, tapi gue gak nyangka tempat ini bakalan “meledak” sebagai tempat wisata. Maklum, tempat wisata di kecamatan dengan penduduk paling sedikit di Lombok Timur ini memang sangat jarang di ekspose warganya.

Padahal tempat ini benar-benar kaya akan tempat wisata loh. Mulai dari wisata agro-nya seperti kebun stroberi, kebun jeruk, kebun apel, kebun coklat dan budidaya kentangnya yang luar biasa. Selain itu, pastinya jalur pendakian gunung rinjani menjadikan tempat ini juga lumayan diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Dan yang paling fenomenal sekarang adalah wilayah perbukitannya yang ramai-ramai didatangi. Sontak saja itu membuat roda ekonomi warga menjadi meningkat, bisnis perlengkapan pendakian dan kuliner pun menjamur di sini. Namun, ada satu tempat yang terlupakan di sini. Apalagi kalo bukan air terjunnya.

Sebenarnya Ada beberapa air terjun yang ada di tempat ini, namun gue bakalan ngasitahu satu doank. Namanya air terjun mangku sakit ( mangku sakti waterfall ). Air terjun mangku sakti ini ada di Desa Sajang, kecamatan sembalun, kabupaten Lombok Timur. jaraknya kira-kira sekitar 50 km dari pusat kota selong kalo melewati jalur perbukitan sembalun, dengan jalan yang lumayan terjal serta dominasi hawa sejuk. Atau bisa juga melewati jalur pantai timur ke arah utara melewati kecamatan sambelia dengan jarak yang lebih jauh, sekitar 100 km tapi jalannya yang landai dengan dominasi hawa panas.

Air Terjun Mangku Sakti

mangku sakti waterfall

Air terjun mangku sakti ini mulai dikelola oleh swadaya masyarakat. Siapin aja duit minimal 10 ribu (buat pengendara motor) atau 20 ribu (buat pengendara mobil). Duit segitu buat parkir dan tiket masuknya. Jadi, untuk kendaraan disini aman karena dijaga langsung oleh masyarakat sekitar. Untuk sebuah tempat wisata air terjun yang indah, duit segini sih gak ada apa-apanya.

Air Terjun Mangku Sakti

pemandangan sepanjang jalan menuju air terjun mangku sakti

Perjalanan dari pintu masuk ke lokasi air terjunnya lumayan jauh, sekitar 4 km. bisa dengan berjalan kaki, bisa juga dengan menggunakan sepeda motor tetapi tidak bisa menggunakan mobil. Kalo mau jalan kaki, yah… siap-siap aja capek buat naik turun. Kalo pake motor? Harus siap juga buat capek. Loh kok bisa? Karena perjalanan disini masih di dominasi oleh tanah kerikil, becek, dan berbatu. buat yang kurang “jokky” pake motor, siap-siap tergelincir gubrak gubrak aja hehehe… tapi tenang, selain perjalanan yang gubrak gubrak gitu, perjalanan ke tempat ini akan dipenuhi oleh padang ilalang yang indah, luas dan hutan yang masih alami.

berhubung gue pake motor, gue pun harus melalui begitu gubrak-gubraknya jalan. dan sesampai di sana ada tempat parkir serta pedagang yang sudah menunggu kalo nanti kelaparan. disana lo bakalan nemuin penanda masuk juga.

Air Terjun Mangku Sakti

penanda masuk air terjun mangku sakti

setelah memarkir motor, harus berjalan lagi menurun sekitar 1 km. dan juga harus mendaki batu. *mendaki batu, bukan bukit

Air Terjun Mangku Sakti

perjalanan berbatu ke air terjun mangku sakti

Tapi pastinya setelah sampai di lokasi air terjun, semuanya bakalan terbayarkan. Air terjun yang berwarna jernih kebiruan ketika musim kemarau dan keruh ketika musim hujan ini begitu indah dan alami. pemandangan berupa hutan dan bebatuan sungai akan terlihat di sepanjang aliran sungai menuju lokasi air terjun. Air terjun tunggal dengan ketinggian sekitar 20 meter ini mengalirkan air ke sungai yang ada di sekitar desa sajang.

Air Terjun Mangku Sakti

mandi di air terjun mangku sakti

Gue pun pas kesana menyempatkan diri buat bermandi ria. Tekanan air yang lumayan keras sebenarnya bisa dijadikan terapi kayaknya, hehehe. Airnya yang cukup dingin dan bersih, lumayan enaklah buat mandi. Apalagi pas gue kesana, sedang ada beberapa wisatawan dari jakarta yang ke air terjun ini karena penasaran dengan keindahannya.

dan buat lo yang penasaran berwisata ke Lombok, sempatkan diri ke tempat ini. Dijamin dah, pengalaman baru ini bakalan berkesan 🙂

(Visited 9,243 times, 1 visits today)


About

blogger - humoris - penyuluh perindustrian - sherlockian


'Mangku Sakti Waterfall, Keindahan Tersembunyi di Lombok Timur' have 4 comments

  1. May 22, 2015 @ 11:28 pm depz

    anterin kemari dong mas

    Reply

  2. March 8, 2016 @ 2:00 pm angkisland

    wah nie spot keren kayakanya di jamah hehehe

    Reply

  3. March 8, 2016 @ 3:19 pm Pulau Lombok

    Sering liat orang posting gambar Mangku Sakti, tapi sudah 1 tahun lebih ngga pernah kesampaian utk mengunjungi tempat exotic ini.
    HHmm, bikin ngiler deh liat fotonya… 😀

    Reply

  4. March 12, 2016 @ 6:21 pm romy

    Boleh tu dicoba.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool