Masjid Terbesar Lombok Nan Indah, Islamic Center

Idul Fitri di Masjid Terbesar Lombok Islamic Center

Idul Fitri di Masjid Terbesar Lombok Islamic Center
Vote Us

Berjuluk pulau seribu masjid, Lombok sungguh benar miliki banyak bangunan masjid di setiap sudut kota dan desa. Total masjid sekitar empat ribuan lebih, di luar musholla besar dan kecil. Setiap kali saya temani rombongan tamu yang kunjungi Lombok, sering saya sampaikan, masjid hampir selalu ada di setiap perempatan jalan raya besar. Masjid terbesar Lombok biasanya berada di kota-kota kabupaten, empat kota kabupaten se pulau Lombok dan satu kotamadya di Mataram sekaligus ibukota propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Di setiap hari besar muslim, masing-masing masjid biasanya selalu ramai. Terutama di momen pelaksanaan sholat sunnah Tarawih sepanjang bulan puasa atau bulan Ramadhan. Di masjid-masjid jami’ atau agung kota-kota terbesar bahkan tetap terbuka sampai waktu sahur, karena banyaknya yang masih bertahan di masjid lakukan tadarus atau membaca bersama Al-Qur’an.

Beberapa penanda khusus lain yang membedakan antara masjid jami’ dengan masjid lain pada umumnya, lokasinya berada di jantung keramaian. Sebagian besar bahkan berdampingan dengan pasar utama atau lapangan terluas kota. Misal, Masjid Agung Al Mujahiddin kota Selong Lombok Timur. Sebelum pasar tradisional berpindah lokasi di belakang terminal, lokasi masjid bersebelahan dengan pasar dan lapangan yang sekarang dikenal sebagai Taman Tugu di sisi timur.

View Menara Islamic Center

View Menara Islamic Center

Tengok juga beberapa masjid besar di sepanjang ruas jalan raya propinsi yang membelah kabupaten Lombok Timur. Masjid terbesar hampir selalu berdampingan dengan pasar tradisional.

Islamic Center di kota Mataram kini menjadi masjid terbesar Lombok. Bahkan menjadi lokasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke 16 pada bulan Juli tahun lalu. Kini, selain menjadi must visit spot bagi banyak pengunjung masyarakat Lombok sendiri, para wisatawan muslim, bahkan wisatawan mancanegara.

Hmmm, Ezytravelers pasti sudah ada yang pernah mampir deh. Nggak usah sungkan ngaku looo.

Berada tepat di jantung kota Mataram, empat menara tinggi Islamic Center terlihat hampir dari seluruh sudut ibukota propinsi ini. Bangunan utama yang megah dilengkapi pula oleh area parkir nan lapang. Tepat sekali sebagai lokasi pelaksanaan sholat sunnah Idul Fitri di fajar hari raya kemenangan umat muslim sedunia, dikenal juga sebagai Lebaran.

Sisi Instagramable Islamic Center Lombok

Sisi Instagramable Islamic Center Lombok
Desa Budaya Must Visit di Lombok Timur : Yuk kunjungi Desa LENEK

Saya sendiri di lima tahun terakhir masih memilih masjid besar terdekat dari rumah. Kewajiban utama saya lainnya, menyiapkan rumah serta sarapan dan makanan bagi keluarga besar membuat saya tak bisa memilih melaksanakan sholat Idul Fitri di masjid atau tanah lapang yang jauh. Sesekali tentu saja saya ceritakan serunya menyiapkan diri agar bisa sholat Idul Fitri di tanah lapang terluas di kota pada anak-anak. Namun masih menunggu kesempatan di lebaran berikutnya, semoga bisa bersama-sama mereka laksanakan sholat Ied di lapangan terluas kota Selong, syukur-syukur jika bisa ke kompleks Islamic Center.

Kembali ke kota Mataram, beberapa tanah lapang luas di berbagai sudut kota masih menjadi lokasi alternatif pelaksanaan sholat Idul Fitri. Pertimbangannya, banyak acara keluarga di hari Lebaran, rumah menjadi lokasi pertemuan keluarga besar atau masih harus bersegera teruskan perjalanan mudik ke rumah di kampung. Alasan-alasan yang membuat sebagian muslim tak bisa ikut meramaikan jemaah sholat Idul Fitri di kompleks Islamic Center, meski pelaksanaan waktu sholat jauh lebih siang daripada di masjid lain atau tanah lapang (lapangan). Jika masjid=masjid kompleks perumahan sudah mulai sholat Ied tepat di pukul 7 pagi atau bersamaan dengan fajar pagi yang mulai terang, pelaksanaan di tanah lapang atau kompleks Islamic Center dimulai sekitar pukul 10 pagi. Memungkinkan muslim yang sengaja berangkat dari lokasi yang jauh berkesempatan mengikuti sholat Ied berjemaah.

Kubah Indah Islamic Center

Kubah Indah Islamic Center

Masjid Terbesar di Lombok Islamic Center

Kelap kelip lampu Islamic Center

Lokasi kompleks Islamic Center berada di ruas jalan searah menuju ke terminal propinsi di ujung timur kota Mataram yaitu Terminal Mandalika di Bertais. Jarak satu blok ke arah selatan, merupakan jalur searah dari sisi timur kota ke arah barat. Jadi, Ezytravelers gampang banget buat sampai di lokasi, baik rombongan dengan teman trip, naik angkutan umum dengan ongkos lima ribu perak atau ojek konvensional pun online dari terminal propinsi di ongkos mulai dari lima belas ribu rupiah.

Saatnya jalan-jalan hemat! Ambil promo menarik: Hotel di Lombok, tiket pesawat promo dan Tour Lombok + Tiket (Murah). Mau?

Tak hanya wisata religi, kompleks masjid terbesar Lombok ini juga diramaikan para lapak musiman yang menjual beraneka jenis kurma, perlengkapan muslim standar seperti peralatan sholat bahkan dim omen-momen ramai juga ada lapak yang berjualan aneka macam dodol seperti di pusat oleh-oleh.

Berjalan sebentar masuk ke perumahan di belakang kompleks masjid, ada juga pasar tradisional Dasan Agung. Setiap pagi selepas subuh atau sholat sunnah Dhuha, Ezytravelers bisa berwisata kuliner, nikmati berbagai macam kuliner jajanan basah a la Lombok. Seporsi campuran serabi, lupis dan beberapa kuliner basah lainnya bisa dibeli seharga lima ribu rupiah.

Masjid

Masjid Besar dan Indah di Lombok

Jadi, jika tiba-tiba sebagian Ezytravelers sedang berada di seputar Mataram bertepatan dengan hari raya Idul Fitri, pastikan dapatkan kesempatan laksanakan sholat sunnah Ied di kompleks masjid terbesar Lombok yang megah dan cantik ini yaaa.

InshaAllah, aamiin

(Visited 334 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Idul Fitri di Masjid Terbesar Lombok Islamic Center' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool