oleh oleh lombok

Mau Belanja Oleh-Oleh Lombok? Ini Dia Rekomendasinya!

Vote Us

Liburan di suatu daerah nggak bakal komplit tanpa belanja. Shopping is a must. Kalaupun bukan untuk oleh-oleh, minimal ada sesuatu yang kita bawa dari daerah tujuan, to remind us about good memories we had. Oleh-oleh Lombok kini cukup beragam, mulai dari makanan, pakaian, printilan kecil semisal gantungan kunci, sling bag, pouch, etc.

Di postingan kali ini saya akan memberikan rekomendasi oleh-oleh dan dimana Eztravelers bisa mendapatkannya. Yuk, jangan sampai ada yang terlewat, hehe!

 

Dodol dan Manisan Rumput Laut

Dodol dan manisan rumput laut adalah salah satu oleh-oleh Lombok yang bisa dibilang hampir wajib dibawa sepulang dari Lombok. Bila ingin membeli langsung di pusat produksinya silakan berkunjung ke Phonix food di Cakranegara. Jika tidak, maka oleh-oleh ini bisa diperoleh di hampir setiap gerai oleh-oleh atau mini market yang tersebar di pulau Lombok.

dodol oleh-oleh lombok

Dodol rumput laut! (Oleh-oleh khas Lombok)
 

Sambal Baiq Lombok

sambal udang oleh-oleh Lombok

Sambal Udang (Foto: IG Sambal Baiq)

Semua orang tahu, Lombok dikenal dengan sebutan pulau pedas. Alasannya karena hampir semua makanan di Lombok diolah dengan bumbu pedas. Kalau di Surabaya ada sambal Bu Rudi, di pulau Lombok sambal Baiq ini bisa jadi pilihan. Ada dua jenis sambal, yaitu original dan udang. Sambalnya ada beberapa level lho, dari level SD sampai SMA. Rasanya? Lidah saya yang asli Lombok pun mengakui pedesnya sambel ini. Saat ini, Sambal Baiq (dulu namanya sambal Maik Jenggiq) masih belum dijual bebas, jadi Ezytravelers bisa mendaptkannya dengan memesan online ya!

Sambal baiq oleh oleh lombok

Sambal Baiq Khas Lombok
 
Baca ini, biar kamu nggak ketinggalan eventnya tahun depan!: 5 Hal Unik Seputar Bau Nyale di Lombok

 

T-Shirt Lombok

kaos oleh-oleh lombok

Jegol Kaos Lombok

Sekarang sudah banyak gerai yang menawarkan oleh-oleh pakaian. Salah satu yang sudah berdiri sejak lama adalah toko Fortuna Agung dengan tagline “Jagonya Kaos Lombok”. Belanja disini pas buat yang pengin bawa pulang oleh-oleh harga murah. Kaos-kaos dengan tema Lombok dibandrol mulai dari 25k. Selain itu ada juga kain-kain khas Lombok dengan aneka pilihan motif dan harga, sling bag aneka ukuran, gantungan kunci, dan lain-lain. Toko ini ada di dua lokasi. Satunya ada di komplek pertokoan di belakang pasar Cakranegara, dan satu lagi ada di Jl. Sriwijaya.

Ezytravelers juga bisa mendapatkan oleh-oleh T-shirt  di seputaran Senggigi dan meski tak sebanyak, gerai yang khusus menjual T-shirt, oleh-oleh serupa bisa diperoleh di gerai oleh-oleh umum lainnya.

Suasana di toko oleh-oleh lombok

Inside the store, Fortuna Agung
 

Mutiara Lombok

Beberapa gerai mutiara dengan mudah dapat ditemukan di daerah Senggigi. Umumnya gerai ini menyasar konsumen high-end. Jika ingin mutiara berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau, maka Ezytravelers bisa memilih daerah Sekarbela dan Pagutan, pusat kerajinan mutiara Lombok. Di dua tempat ini, kita masih bisa melakukan tawar menawar harga dan bisa menyesuaiakan kualitas mutiara sesuai isi dompet. Hehehe..

Mutiara air laut dan tawar oleh-oleh Lombok

Mutiara Lombok
 

Bolen Pisang Praya

This is a brand new one! Awalnya saya nggak tahu, sampai adik saya memberikan rekomendasi kuliner satu ini. Yup, kuliner ini ada di daerah Praya, walaupun sekarang mereka buka cabang baru di Mataram. Di toko Gumi Praya, Ezytravelers bisa mendapatkan jajanan seperti bolen pisang, brownies, cheese stick, caramel cake, cake tape, etc (who knows ada menu baru), harganya relatif terjangkau mulai dari 25k. Oya, bolen pisangnya maknyooos deh! Cobain aja!

Bolen pisang oleh-oleh Lombok

Bolen pisang Praya
 

Tenun Lombok

aneka motif tenun oleh-oleh lombok

Motif tenun

Well, basically kini banyak gerai yang menjual tenun Lombok. But, it will be different, kalau misalnya Ezytravelers membeli langsung dari sentra-nya. Yuk main-main ke Sukarara dan dapatkan aneka pilihan tenun Lombok. Di sini, Ezytravelers juga bisa mlihat langsung cara pembuatannya. Double bonus!

tenun sukarare oleh-oleh lombok

Belajar tenun langsung (Foto: Fb Ana Tenun Sukarare)

 

Gerabah Banyumulek

Nah, ini juga bisa jadi salah satu alternatif oleh-oleh Lombok murah meriah, secara harganya berkisar mulai 5k (ada juga yang kurang!). Tak hanya pajangan, gerabah Banyumulek juga bisa difungsikan sesuai dengan kegunannya. Misalnya saja ada set cangkir, atau teko yang unik banget untuk hidangan teh. Sarannya, jika membeli dalam jumlah banyak, pastikan packaging-nya aman, sehingga tidak ada barang yang pecah.

gerabah banyumulek oleh-oleh lombok

Gerabah Banyumulek
 

Anyaman rotan

aneka nayaman rotan oleh-oleh Lombok

Anyaman rotan

Rekomendasi saya untuk yang satu ini adalah tas rotan. Bentuknya unik dan membuat penampilan makin stylist plus not-mainstream. Selain tas, ada juga aneka anyaman lainnya, seperti tempat tissue, keranjang, etc. Anyaman ini bisa diperoleh di daerah Gunung Sari. Untuk tas, harganya berkisar dari 50k, tergantung ukuran dan kerumitannya.Mau nawar? Silakan!

tas rotan oleh-oleh Lombok

Look at that stylist bag!

Buruan langsung terbang ke Lombok! Booking hotel murah dan tiket pesawat promo. Gak mau ribet? Ambil paket tour aja!

 

Madu Rinjani

Tak banyak yang tahu bahwa sebgaian masyarakat di kaki Gunung Rinjani mulai membudidayakan lebah madu. No doubt on this one. Rasanya lezat dan sudah pasti berkhasiat. Sayangnya, Madu Rinjani belum banyak dijual di gerai oleh-oleh, sehingga untuk mendapatkannya, Ezytravelers harus order terlebih dahulu atau berkunjung langsung ke sentranya di Lombok Utara. Tak dapat madu Rinjani, maka madu hutan Sumbawa bisa jadi gantinya. Yang satu ini bisa ditemukan di banyak gerai oleh-oleh. Psstttt, sebelumnya, pastikan madu yang kamu beli asli ya!

madu rinjani oleh-oleh lombok

Madu Rinjani

 

Kopi Sembalun

kopi oleh-oleh-lombok

Kopi Sembalun (Foto: Warung Sasaka Rinjani)

This is one of my favorites! Penyuka kopi wajib mencoba yang satu ini. Selain rasanya yang tap mantap, dengan membeli oleh-oleh Lombok ini, Ezytravelers juga berkontribusi membantu kehidupan petani kopi sembalun. Ada beberapa merk kopi Sembalun yang dijual di pasaran dengan harga mulai dari 50k.

Kopi Sembalun oleh-oleh Lombok

Kopi Sembalun (Foto: Rozak)

Tuh, udah banyak referensi kan untuk belanja oleh-oleh Lombok. Tinggal pilih dan yuk cuss ke Lombok!

(Visited 334 times, 1 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Mau Belanja Oleh-Oleh Lombok? Ini Dia Rekomendasinya!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool