Kerajinan Cukli Lombok

Melirik Si Cantik Cukli Lombok

Melirik Si Cantik Cukli Lombok
5 (100%) 1 vote

Wisata Lombok bukan hanya pantai. Pun lokasi-lokasi indah lainnya yang jauh dari pusat kota. Di dalam kota, Lombok menawarkan berbagai pilihan city tour yang bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan. Beragam pilihan ini tentu akan membuat liburan di Lombok akan menjadi lebih mengasyikkan. Selain pantai, salah satu objek di Lombok yang wajib dikunjungi adalah pusat kerajinan. Kali ini saya mengajak Anda untuk melirik si cantik cukli Lombok.

 

Cukli

adalah salah satu bentuk kerajinan tangan dengan menggunakan kayu, biasanya kayu jati, sebagai bahan utama dan pecahan kerang untuk motif hiasannya. Bahan pilihan dengan motif-motif yang unik membuat cukli digemari. Bukan saja wisatawan domestik, tetapi juga mancanegara. Kerajinan yang berpusat di Rungkang Jangkuk Mataram ini sudah terkenal hingga ke luar negeri. Tak heran jika beberapa perajin di pusat kerajinan yang ada secara turun-temurun ini ada yang menerima pesanan untuk dikirim ke luar negeri. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota menyebabkan pusat kerajinan ini seringkali dimasukkan dalam itinerary biro perjalanan wisata.

Rungkang Jangkuk

Selamat Datang di Rungkang Jangkuk (Dok. Pribadi)

Hingga saat ini masih banyak perajin yang terlihat lihai memotong, menghaluskan, membentuk, dan mengukir kayu serta menempelkan pecahan kulit kerang dan menghaluskannya. Kebanyakan di antaranya adalah berupa furniture dan souvenir khas Lombok. Kesan classy pada produk ini menyebabkan banyak pesanan datang dari pihak hotel di Lombok. Hal ini bisa dilihat pada saat pertama kali masuk gerbang ‘Selamat Datang’. Penglihatan Anda akan langsung dimanjakan dengan beraneka ragam cukli dalam showroom yang berderet sepanjang jalan. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatannya.

Perajin Cukli

Perajin Cukli Menyelesaikan Kursi (Dok. Pribadi)

Proses awal pembuatan cukli pada umumnya sama seperti yang dikerjakan perajin kayu lainnya. Hal utama yang membuat unik dan berbeda dari produk ini adalah pemanfaatan kulit kerang sebagai hiasan. Prosesnya terbilang rumit. Membutuhkan ketelitian dan ketepatan untuk bisa menghasilkan produk yang bagus. Ketelitian diperlukan pada saat membuat pola menggunakan alat khusus pada permukaan kayu. Ketepatan dibutuhkan agar ukuran kulit kerang bisa pas masuk ke dalam pola yang telah dibuat. Lebih lanjut lagi, proses finishing pun tak kalah rumitnya. Membutuhkan kejelian dalam memberikan kesan classy pada produk yang dihasilkan melalui pewarnaan. Dari sinilah kita belajar.

Hal-hal istimewa hanya bisa didapat melalui usaha luar biasa

Produk Cukli

Berbagai Produk Cukli yang Dipasarkan (Dok. Pribadi)

Produk-produk berkualitas yang siap dipasarkan tersebut selanjutnya dipajang di showroom. Biasanya milik pribadi pengusaha cukli. Dengan keramahtamahan khas masyarakat Sasak, pemilik akan menyapa dan menawarkan produk terbaiknya kepada Anda. Di sini Anda bisa membeli produk pilihan dengan harga sesuai kesepakatan setelah melalui proses tawar-menawar. Mulai dari yang harga puluhan ribu sampai puluhan juta. Tergantung pada jenis, model, ukuran, dan kerumitan pengerjaannya.

Tak salah jika hal-hal indah kadang tidaklah murah

Suvenir dari Cukli

Suvenir dari Cukli (Dok. Pribadi)

Selain itu, Anda juga bisa hanya sekadar window shopping. Namun tak ada salahnya jika ada produk yang sesuai selera Anda, mengunjungi tempat ini tidak sekadar melirik saja. Barang yang dipilih untuk dibeli tinggal disesuaikan saja dengan kantong Anda pastinya. Dan, apabila Anda berniat mengabadikan kecantikan cukli, jangan lupa untuk terlebih dahulu meminta izin kepada pemilik showroom. Demikian cara sederhana bentuk saling menghormati antarsesama.

Kadang tanpa disadari hal-hal sederhana menjadi istimewa bagi seseorang di sekitar kita

Suvenir dari Cukli

Si Cantik Cukli Siap Dibawa Pulang (Dok. Pribadi)

LIBURAN KE LOMBOK

Puas melirik untuk akhirnya memiliki si cantik cukli Lombok, masih banyak hal-hal seru lain yang bisa dilakukan di sekitar pusat kerajinan ini. Dari tempat ini, Anda bisa singgah di tempat-tempat seru lainnya. Salah satunya adalah Mataram Art Center yang menyediakan berbagai suvenir khas Lombok. Selain itu, di sekitar wilayah ini terdapat banyak lesehan dan warung makan yang menawarkan kuliner khas Lombok yang wajib Anda coba. Selain menyajikan ayam taliwang yang legendaris, juga kuliner khas Lombok lainnya, yaitu bebalung dan ebatan. Terbukti banyak keuntungan lain dari melirik si cantik cukli Lombok.

Jadi, jika tertarik jangan hanya sekadar melirik. 🙂

(Visited 1,343 times, 1 visits today)


About

Seorang pencinta formula fisika, gejala alam semesta, dan rangkaian aksara yang cinta mati dengan serpihan surga di bumi — pulau Lombok.


'Melirik Si Cantik Cukli Lombok' have 1 comment

  1. May 2, 2015 @ 8:36 am mawi wijna

    Wah menarik sekali. Selama ini saya tahunya Lombok terkenal dengan mutiaranya saja. Ternyata ada juga furnitur khas. Tapi untuk para pelancong aliran backpacker bisa mempertimbangkan berbagai aksesori cukli yang harganya relatif murah dan mudah membawanya. 😀

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool