Nasi Ebatan Lombok

Melupakan Gebetan dengan Ebatan Lombok

Melupakan Gebetan dengan Ebatan Lombok
5 (100%) 1 vote

Puas melirik si cantik cukli Lombok, tapi masih juga belum bisa melupakan gebetan yang gagal didapatkan? Hmm… Sepertinya Anda harus melanjutkan lagi perjalanan wisata Lombok. Tak ada salahnya mencoba sesuatu yang berbeda saat liburan di Lombok. Salah satunya adalah melampiaskan kegalauan lewat makanan khas Lombok. Ayam taliwang? Oh… Bukan. Pelecing kangkung? Bukan juga, ah! Terus apa?! Apa?!

Wait! Sabar dulu, ya. Anda bisa mulai melupakan gebetan dengan cara makan enak. Lhah?! Iya. Daripada galau terus-terusan akhirnya kelaparan? Kan mending melampiaskan dengan cara makan, bukan? Perut kenyang, hati pun senang. 🙂

Lalu apa yang harus dimakan?

Nasi Ebatan Lombok

Warung Nasi Ebatan Lombok

Nah! Anda bisa mencoba nasi ebatan yang berada dekat dengan pusat kerajinan cukli Sayang Sayang Mataram Lombok. Tak sampai lima menit dari pusat kerajinan tersebut. Jika Anda seorang solo traveler, tak ada salahnya memilih berjalan kaki atau naik cidomo, dokar khas Lombok, ke arah kiri (pasar Sayang Sayang).  Di sana Anda akan menemukan deretan ruko. Salah satunya adalah milik Hj. Laduni.

Nasi Ebatan Lombok

Deretan Lauk Pelengkap Nasi Ebatan Lombok

Di warung makan ini Anda bisa memesan nasi ebatan beserta lauk pelengkapnya. Ada ayam bumbu pelecing, bumbu kuning, dan goreng serta opor daging. Semua bisa dipilih sesuai selera. Mau mencoba semuanya? Boleh banget! 🙂

Keunikan kuliner Sasak ini terletak pada ebatannya. Apa itu? Ebatan adalah menu yang terdiri dari rebusan daun turi yang dirajang, irisan tipis terong bulat, dan kacang panjang, serta parutan kelapa yang diberi bumbu.

Nasi Ebatan Lombok

Penampakan Ebatan Khas Lombok

PAKET TOUR MURAH KE LOMBOK

Proses pembuatannya cukup mudah. Pertama, tentu memilih daun turi yang akan direbus. Daun turi yang bagus untuk dibuat ebatan adalah yang masih muda. Daun turi terpilih dilepas dari tangkai daunnya. Selanjutnya direbus. Setelah matang, daun turi ditiriskan dan didinginkin untuk selanjutnya dirajang. Proses selanjutnya adalah membakar kelapa yang sudah dikupas hingga kulit lapisnya gosong. Sebelum diparut kulit lapisnya dibersihkan terlebih dahulu. Setelahnya barulah dicampur dengan bumbu yang telah disiapkan. Mudah, bukan? Namun jangan salah, lho. Proses pembuatan yang mudah bukan berarti kualitasnya rendah.

Pokoknya rasa dijamin mewah!

Selesai mengikuti proses pembuatannya, saatnya Anda mencicipi kuliner lezat ini. Struktur lembut daun turi rebus yang dirajang dicampur terong dan parutan kelapa bumbu memiliki efek menenangkan. Paduan ketiganya akan menimbulkan gairah untuk menghabiskan makanan. Dengan tujuan tersebut, ebatan ini ditaruh pada bagian atas nasi. Baru kemudian disusul lauk-pauknya lainnya termasuk daging ayam. Yummy!

Kelembutan daging ayam yang berpadu dengan sambal pelecing sangat menggugah selera. Terlebih sensasi pedas pada khas kuliner Lombok ini benar-benar akan membuat Anda lupa pada masalah yang sedang dihadapi. Termasuk liku-liku kegagalan merajut cinta bersama gebetan tentunya.

Tak perlu berlama-lama tenggelam dalam ingatan jika telah menikmati ebatan

Nasi Ebatan Lombok

Sepiring Ebatan yang Siap Membuat Anda Melupakan Gebetan

Bukan itu saja. Taburan kedelai serta bawang goreng akan memberikan sensasi kriuk demi terciptanya kenikmatan yang lebih paripurna. Didukung dengan harga yang cukup murah, dibanderol Rp 12.000,- satu porsi, kuliner ini layak untuk masuk dalam daftar buruan. Tak perlu berpikir dua kali untuk mencoba.

Masih galau meratapi kegagalan mendapatkan hati gebetan? Hellaw! It’s so last year, Dude! Saatnya melupakan dengan makan nasi ebatan.

(Visited 606 times, 1 visits today)


About

Seorang pencinta formula fisika, gejala alam semesta, dan rangkaian aksara yang cinta mati dengan serpihan surga di bumi — pulau Lombok.


'Melupakan Gebetan dengan Ebatan Lombok' have 6 comments

  1. May 9, 2015 @ 4:13 am eliyan

    Efek lain makan ebatan apa MasMo? Bisa bikin tambah cantik gaa? Haha..
    mauuuu!

    Reply

    • May 31, 2015 @ 2:59 pm Momo DM

      Hahaha… Bisa! Bisa! Asal nraktir aku.

      Reply

  2. May 9, 2015 @ 9:21 am deehati

    saya jadi lapeerrr… 🙂

    Reply

    • May 31, 2015 @ 3:00 pm Momo DM

      Dong ayok kita makan bareng! 🙂

      Reply

  3. May 9, 2015 @ 10:04 pm depz

    *telen ludah*

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool