lebaran topat di lombok

Menengok Perayaan dan Tradisi Lebaran Topat di Lombok

Menengok Perayaan dan Tradisi Lebaran Topat di Lombok
Vote Us

Di Lombok, kemeriahan hari lebaran tidak hanya sampai pada hari raya idul fitri saja dimana seluruh umat muslim merayakannya dengan bersilaturahmi dan makan ketupat serta opor dan berbagai kegiatan lainnya. Kemeriahan lebaran ini masih berlanjut hingga seminggu setelah idul fitri.

Masyarakat di Lombok merayakan lebaran lagi, namanya lebaran topat atau lebaran ketupat. Lebaran topat di Lombok merupakan lebaran bagi masyarakat yang melakukan puasa sunat selama enam hari berturut-turut pada bulan Syawal yaitu tepatnya puasa setelah hari raya idul fitri. Lebaran topat di Lombok biasanya diisi dengan melakukan rowah (semacam syukuran), kegiatan ziarah makam, selain itu juga kegiatan silaturahmi ke sanak saudara serta  berlibur ketempat-tempat wisata.

lebaran topat di lombok

Ini dia hidangan khas lebaran topat, ada jajan bantal, opor, dan pastinya ketupat

lebaran topat

Makan ketupatnya dengan opor. Berhubung pergi lebaran ketupat ke pantai, makan ketupatnya juga pakai ikan bakar, nyammmmm

Itulah beberapa kegiatan yang biasanya memeriahkan lebaran topat di Lombok yang dilakukan oleh masyarakat pada umumnya. Sementara kalau di rumah saya sendiri biasanya sehari sebelum lebaran topat yang disebut sebagai hari penampahan lebaran topat, bapak dan ibu saya disibukkan dengan membuat sejumlah hidangan wajib saat lebaran topat yaitu ketupat, jajan bantal dan tentu saja opor ayam. Baru keesokan harinya kami pergi ke makam dan ke tempat wisata.

Sebenarnya tradisi ini bukan hanya dilakukan oleh keluarga saya, bisa dipastikan hampir semua keluarga di Lombok khususnya orang Sasak melakukan hal yang sama, entah ketupat dan bantalnya dibuat sendiri di rumah atau membelinya di pasar-pasar tradisional. Esok harinya saat perayaan lebaran topat tiba, kampung saya biasanya akan sepi. Karena warganya pada pergi ke tempat-tempat wisata untuk merayakan lebaran topat dengan tidak lupa membawa makanan yang sudah disiapkan yaitu ketupat dan berbagai hidangan lainnya.

lebaran topat di lombok

Lebaran topatnya ke pantai bersama keluarga. Nyantaiii duluuu di tepi pantai~

pantai di lombok

Pantai merupakan salah satu tempat favorit masyarakat Lombok merayakan lebaran topat

Dan bagi pengguna jalan di Lombok, siap-siap akan terkena macet di jalan-jalan menuju tempat wisata terutama wisata pantai, karena hampir seluruh masyarakat Lombok akan berbondong-bondong menyerbu tempat wisata di Lombok sebagai tujuan lokasi mereka merayakan lebaran topat. Jalanan akan dipenuhi kendaraan biasanya sejak pukul 10 pagi karena biasanya warga akan berangkat pada jam tersebut. Sementara itu, pemerintah setempat biasanya juga akan menggelar selebrasi lebaran topat di sejumlah tempat wisata di Lombok. Kalau di Kota Mataram misalnya Makam Loang Baloq dan Makam Bintaro menjadi lokasi perayaan lebaran topat. Sementara di Lombok Barat, lokasi perayaan ada di Makam Batu Layar.

lebaran topat di lombok

Ketupat agung yang biasanya menjadi rebutan warga saat perayaan lebaran topat

Biasanya dalam setiap acara yang digelar oleh pemerintah tersebut diisi dengan berbagai kegiatan bernuansa keagamaan serta kegiatan seni dan budaya. Kegiatan-kegiatan tersebut selain untuk menyemarakkan lebaran topat yang sudah menjadi tradisi masyarkat gumi sasak sejak lama ini, kegiatan tersebut juga digelar untuk menarik wisatawan. Bahkan kabarnya pemerintah Kota Mataram ingin menjadikan perayaan lebaran topat di Lombok ini masuk dalam agenda kegiatan nasional. Terlebih lagi lebaran topat merupakan kegiatan yang sangat kental akan nuansa religiusnya sehingga sangat mendukung wisata halal yang ada di Lombok.

Nah, nanti kalau kebetulan kamu sedang berada di Lombok saat hari lebaran topat bolehlah mampir ke pusat perayaannya sekalian berbaur dengan masyarakat Lombok dan dapat berkesempatan melihat atraksi seni dan budaya khas Lombok yang tentunya akan sulit ditemukan pada saat hari-hari biasa. Lebaran topat ini tentu saja bisa menjadi event budaya yang wajib kamu masukkan dalam agenda kunjungan wisatamu di Lombok.

Pasti seru!

Temukan berbagai pilihan liburan di sini: paket tour dan paket wisata

 

(Visited 275 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Menengok Perayaan dan Tradisi Lebaran Topat di Lombok' have 1 comment

  1. January 17, 2017 @ 9:12 am safrudin

    i like it, because very amazing

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool