Menengok Tradisi Lebaran Topat di Lombok

Menengok Tradisi Lebaran Topat di Lombok
5 (100%) 1 vote

Lombok tidak hanya menarik dengan gugusan pulau kecil atau gili, pantai, maupun pegunungan. Tapi berbagai tradisi masyarakat yang telah dilaksanakan sejak zaman dulu menarik untuk disaksikan. Salah satunya adalah Lebaran Topat. Lebaran Topat, seperti yang pernah saya tulis sebelumnya memiliki makna sangat dalam. Itulah yang ingin dilestarikan masyarakat. Beberapa pemerintah kabupaten/kota di Lombok juga telah memasukkan event Lebaran Topat dalam kalender pariwisata khususnya Kota Mataram dan Lombok Barat.
Lebaran Topat di Kota Mataram dipusatkan di dua lokasi, makam Loang Baloq, Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela dan makam Saleh Sungkar di Kelurahan Bintaro, Kecamatan Ampenan. Di dua lokasi ini, perayaan Lebaran Topat dihadiri langsung oleh pimpinan daerah, Walikota dan Wakil Walikota Mataram.
Ribuan warga memenuhi dua makan tersebut.

IMG_9792

Tarian tradisional dengan iringan rebana disuguhkan pada saat perayaan Lebaran Topat di Pantai Loang Baloq, Jumat (24/7) lalu.

Perayaan Lebaran Topat diawali dengan ziarah ke makam utama yang ada di dua kompleks pemakaman, setelah itu dilanjutkan dengan acara ngurisan. Ngurisan adalah tradisi memotong rambut bayi yang baru lahir diiringi lantunan pembacaan Kitab Barzanji atau disebut serakalan. Bayi-bayi yang ikut dalam prosesi ngurisan ini digendong oleh ayah atau kakeknya dan rambutnya akan dipotong oleh pemimpin, pemuka agama, dan tokoh masyarakat yang hadir di tempat tersebut. Setelah prosesi ngurisan, dilakukan pemotongan gunungan ketupat atau topat agung dan dilanjutkan dengan makan bersama.

lebaran topat (5)

Ngurisan

20150724_094937

Gunungan topat agung

Menu utama yang harus disajikan dalam Lebaran Topat tentunya adalah topat atau ketupat. Ketupat ini disajikan dengan menu pelengkap utama yaitu pelalah. Pelalah adalah sejenis opor yang berisi tempe, tahu, telur, daging sapi atau pun ayam. Selain pelalah, ada juga urap sayuran. Hmmm, nikmat. Jajan tradisional yang biasanya disertakan dalam sajian Lebaran Topat adalah jajan bantal. Bantal adalah jajan tradisional yang dibuat dari ketan dan pisang kemudian dibungkus daun aren. Terkadang bantal diisi juga dengan kacang merah. Selain bantal, ada juga tikel. Tikel ini sebenarnya bahan dasarnya sama dengan bantal, tapi bentuknya memanjang dan tanpa pelengkap pisang. Rasanya gurih.

20150724_095942

Satu dulang atau nampan makanan khas Lebaran Topat yang cukup lengkap mulai dari topat, bantal, opor daging, opor ayam, opor tahu dan tempe serta telur, ayam sambal pedas, urap sayuran, kacang asin goreng, beberapa bungkus kue kering, dan buah.

Begibung atau makan bersama

Begibung atau makan bersama

Semua makanan ini akan disajikan dalam satu nampan atau dulang dan kemudian dimakan bersama-sama. Satu dulang ini biasanya dimakan bersama dua, tiga, atau empat orang. Suasana guyub sangat terasa.
Setelah makan bersama, warga biasanya menyerbu tempat-tempat wisata, khususnya pantai. Sepanjang garis pantai di Kota Mataram sampai ke Pantai Senggigi di Lombok Barat selalu dipadati warga. Bahkan jalan dari Kota Mataram menuju arah Senggigi bisa dipastikan selalu macet.

Bagi anda yang ingin menyaksikan langsung tradisi Lebaran Topat masyarakat Lombok, bisa mengagendakan liburan anda pada event Lebaran Topat selanjutnya. Selain bisa berwisata religi ke makam-makam para penyebar agama Islam di Lombok, anda juga bisa ikut merasakan nikmatnya hidangan khas Lebaran Topat. Yuk agendakan dan persiapkan perjalanan anda dengan Ezytravel.

(Visited 318 times, 1 visits today)

About

Wartawan di koran Suara NTB, pecinta buku, full time dreamer, mimpi keliling dunia karena dunia layaknya buku, harus dibaca sampai tuntas.


'Menengok Tradisi Lebaran Topat di Lombok' have 2 comments

  1. July 27, 2015 @ 10:04 am Muslifa Aseani

    Tulisan kita bertema sama..^_^
    Semoga semakin memperkaya pengetahuan tentang apa itu Lebaran Topat-nya Lombok..^_^

    Reply

    • July 29, 2015 @ 12:13 pm YAnet Fawzia

      Wah iya bun, baru liat nih.. sama.. kita sehati.. 😉

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool