Bukit Pergasingan

Mengasingkan Diri di Bukit Pergasingan Lombok

Mengasingkan Diri di Bukit Pergasingan Lombok
5 (100%) 4 votes

Lombok memang tidak pernah ada habisnya untuk dijelajahi. Dari timur ke barat, selatan ke utara, birunya pantai, hijaunya gunung dan perbukitan mengelilingi surga kecil yang tersembunyi bernama Lombok ini. Alamnya yang indah tidak pernah gagal menghilangkan gundah, juga tidak pernah gagal mengusir lelah.

Kali ini saya punya sedikit cerita tentang tempat yang cocok untuk mengasingkan diri dari sibuknya kepala yang bekerja sehari-hari, mengasingkan diri dari hiruk-pikuk kota yang kian membuat penat saja. Namanya Bukit Pergasingan yang berada di Sembalun, Lombok Timur. Lokasinya mudah dijangkau karena berada persis di depan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

Bukit Pergasingan

Hijaunya bukit dan pedesaan di bawah Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok Timur.

Dari Mataram ke Sembalun bisa ditempuh selama dua jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Menuju ke Bukit Pergasingan bisa melalui salah satu jalan yaitu dari lapangan Kantor Desa Sembalun. Jalan beraspal dengan view pedesaan yang dikelilingi hijaunya ladang di bawah kaki gunung akan menunutun perjalanan menuju ke pintu masuk Bukit Pergasingan.

Lapangan Kantor Desa Sembalun

Salah satu jalur menuju Bukit pergasingan bisa lewat lapangan Kantor Desa Sembalun.

Pintu masuk menuju Bukit Pergasingan

Pintu masuk menuju Bukit Pergasingan.

Perjalanan dari pintu masuk Bukit Pergasingan menuju puncak bukit dapat ditempuh kurang lebih selama dua jam berjalan kaki melalui jalur yang cukup melelahkan. Bagi pendaki newbie seperti saya, jalur yang dilalui untuk mendaki Bukit Pergasingan terbilang menegangkan karena dari bawah hingga sampai ke atas puncak bukit, medannya terus menanjak dan jurang di sisi kiri dan kanan.

Puncak Bukit Pergasingan

Jalur menanjak menuju puncak Bukit Pergasingan.

Tidak seperti yang ada di bayangan saya tentang sebuah bukit yang akan lebih mudah daripada mendaki gunung sebenarnya, semisal Gunung Rinjani. Jika ingin membandingkan dengan jalur Gunung Rinjani, jalur Bukit Pergasingan menurut saya mirip seperti jalur bukit penyesalan di Gunung Rinjani yang terus menanjak. Saat sampai di puncak Bukit Pergasingan, suasana serta pemandangannya mengingatkan pada suasana di Plawangan Sembalun, Gunung Rinjani.

Bukit Pergasingan

Pemandangan di Bukit Pergasingan sedikit mirip dengan Plawangan Sembalun, Gunung Rinjani.

Bukit Pergasingan

Gunung Rinjani terlihat dari Bukit Pergasingan.

Ketegangan saat mendaki Bukit Pergasingan akan pecah seketika melihat pemandangan indah sejauh mata memandang. Di ketinggian kurang lebih 1700 mdpl ini, mata akan dimanjakan dengan panorama khas pegunungan. Tepat dibawah kaki, terlihat pedesaan yang dikelilingi perbukitan dan persawahan nan hijau. Sementara tepat diatas kepala, hangatnya matahari menyapa pagi yang dingin. Dan tepat di depan mata nan jauh disana tampak puncak Gunung Rinjani ikut menyapa pagi meski sesekali malu tertutup kabut pagi hari.

Bukit Pergasingan

Hijaunya bukit dan pedesaan di bawah Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok Timur.

Puncak Gunung Rinjani

Puncak Gunung Rinjani terlihat dari Bukit Pergasingan.

Puncak Gunung Rinjani

Pemandangan epik pedesaan Sembalun dan Puncak Gunung Rinjani terlihat dari Bukit Pergasingan.

What a view! Panorama yang memanjakan mata, suasana pegunungan yang menyejukkan pikiran dan menenangkan perasaan. You know what? No matter how cold mountain is, it never fails to warm your heart. Bagi saya, pegunungan selalu menjanjikan ketenangan. Pergasingan dengan suasana pegunungan dan pedesaan yang hijau sungguh pilihan tepat untuk menyingkir dari keramaian kota dan kesibukan bekerja. Eits, tapi ingat. Jangan egois datang menikmati ketenangan untuk diri sendiri saja. Sebagai sesama ciptaan Tuhan, alam juga butuh tenang. Tenang dari tangan-tangan jahil yang dapat merusak alam. Tetaplah menjaga keindahan dan kelestarian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Bukit Pergasingan

Hati-hati saat berfoto dan selfie yaa, jangan sampai mengabaikan keselamatan!

Bukit Pergasingan

Hati-hati saat berfoto dan selfie yaa, jangan sampai mengabaikan keselamatan!

(Visited 2,614 times, 2 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Mengasingkan Diri di Bukit Pergasingan Lombok' have 10 comments

  1. May 20, 2015 @ 5:13 pm depz

    pergasingan bikin nagih!!
    pengen ke sana lagi ahhhh

    Reply

  2. May 20, 2015 @ 5:25 pm Yanet Fawzia

    Ekaaaa, featured imagemu epic bangettt.. aaaah, pengen kesanaaa.. mupeng…

    Reply

  3. August 15, 2015 @ 9:59 pm anggitskresno

    hallo mas,kalo ke bukit pergasingan satu hari pulang pergi bisa ga mas?kira kira mendaki jam berapa dan turun jam berapa enakanya yaa?

    Reply

    • August 16, 2015 @ 9:32 am Eka Fitriani

      bisa banget kak. naik pagi pagi banget turunnya bisa siang atau sore 🙂

      Reply

      • August 17, 2015 @ 11:52 am anggitskresno

        Kalo jalur pendakiannya sudah jelas atau saya harus kesana bersama guide atau orang yang sudah pernah kesana?soalnya saya mau kesana sm temen temen tapi belum pernah ada yang naik ke sana ehehe mohon infonya ya mbaa

        Reply

        • August 18, 2015 @ 2:51 pm Eka Fitriani

          pakai guide bisa kak biasanya pemuda2 dari sembalun sana ada yg memang jd guide untuk ke pergasingan, bs dicoba pke guide kalo emang khawatir soalnya kmrn ada yg sempat tersesat salah jalur waktu sy naik kak

          Reply

  4. September 13, 2015 @ 10:24 am Johanandha

    Waaah pengen kesanaaaa.. Kira2 kapan lagi mau kesana ? mumpung lagi di Lombok hehe

    Reply

  5. October 4, 2015 @ 1:30 pm haikal kamarudeen

    Salam mas.
    Saya Haikal dari Malaysia. Aku mau ke lombok hujung bulan ini. Bisa ngak kamu bagi direction dan tips gi mana aku mau ke sana dari mataram? Kamu ada facebook atau media sosial lain? Kita boleh saling berhubung. Terima kasih 🙂

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool