tenun lombok

Mengenal Tenun Dari Jalan Tenun, Lombok

Mengenal Tenun Dari Jalan Tenun, Lombok
4 (80%) 4 votes

Menenun.. ya, salah satu kegiatan yang akrab dengan kaum perempuan tempo dulu ini, yang kalau sekarang pastinya terbayang dengan sosok nenek – nenek atau ibu – ibu. Kebetulan kemarin sore saat saya jalan – jalan di sekitar Cakranegara, kota Mataram, sempat terlihat papan petunjuk yang bertuliskan Jalan Tenun. Awalnya saya pikir itu hanya nama jalan saja, ternyata di sebelahnya ada papan nama perusahaan tenun.

Nah loh, jadi penasaran deh. Akhirnya yang awalnya mau lurus, motor saya arahkan ke kanan mengikuti arah petunjuk.

tenun lombok

Koleksi pribadi @deehati

Tidak jauh dari papan petunjuk saya sudah sampai di lokasi yang saya tuju, yaitu Perusahaan Tenun ikat Slamet Riady. Saat saya melihat sekeliling, ternyata hanya perusahaan ini satu-satunya pengrajin tenun. Jadi penasaran kan, masa iya cuma karena satu perusahaan tenun sampai jalannya diberi nama jalan Tenun.

tenun lombok

Koleksi pribadi @deehati

Ternyata ada ceritanya sendiri, kenapa jalan ini diberi nama Jalan Tenun.

Konon kawasan ini bernama Kampung Ukir Kawi, yang mayoritas masyarakatnya mengembangkan keterampilan tenun sampai akhirnya lebih dikenan dengan kampung tenun. Kegiatan menenun ini sudah ada sejak dulu, yang katanya dibawa oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem sekitar tahun 1744, saat menetap di Lombok. Saat itu kerajaan Bali masih berkuasa di daratan Lombok. Kebiasaan menenun ini akhirnya terbawa sampaisekarang, walaupun hanya tinggal beberapa pengrajin. Dan untuk sekelas perusahaan hanya tinggal perusahaan Slamet Riady satu satunya.

tenun lombok

Koleksi pribadi @deehati

Nama Slamet Riady diambil dari nama pemilik saat itu yang bernama Bapak Slamet. Bapak Slamet merupakan penyuplai benang sebagai bahan baku tenun, sampai akhirnya mampu membeli perusahaan yang ada pada tahun 1967. Saat itu masih ada beberapa perusahaan tenun yang lain seperti; Lingga Sari, Putra Sadar, Bali Murti dan Sadarta. Tetapi sekarang semua perusahaan itu sudah tutup.

tenun lombok

Koleksi pribadi @deehati

Slamet Riyadi sampai sekarang masih mempertahankan cara tradisional, dengan alat tenun manual dalam proses produksi kain tenunnya. Jenis dari kain yang diproduksi di sini ada 2 (dua) macam, yaitu kain tenun ikat dan kain tenun songket. Sedangkan motif yang diproduksi hampir semua motif tenun yang ada di Lombok dibuat di sini, seperti motif Ragi Genap, Lepang, Keker, Pucuk rebung dan Subhanala. Ada juga dibuat kain tenun motif Rangrang yang merupakan motif asli dari Nusa Penida – Bali.

tenun lombok

Koleksi pribadi @deehati

Ternyata ada kisahnya tersendiri loh, kenapa kain tenun motif “rangrang” yang biasa disebut kain rangrang ini bisa banyak dibuat di Lombok. Dahulu kain rangrang ini merupakan kain yang dikeramatkan di Nusa Penida, karena merupakan kain yang khusus untuk upacara tertentu. tetapi dengan semakin ramainya wisata di Bali, dan banyaknya permintaan untuk memiliki kain rangrang ini, didukung dengan kondisi ekonomi masyarakat Nusa Penida saat itu yang relatif masih rendah, maka kain rangrang ini dijual dengan harga yang tinggi. Sampai akhirnya dari pihak swasta yang bermain disana memesan kain rangrang ini di Lombok. Dari situlah akhirnya kain rangrang ini menjadi salah satu ciri Lombok.

tenun lombok

Koleksi pribadi @deehati

Secara kualitas, kain yang diproduksi di Slamet Riady (SR) ditentukan dari jenis benang yang digunakan, yang biasanya menggunakan benang katun, sutra atau semi sutra. Kualitas inilah yang menentukan harga jual. Di sini, kita boleh loh kalau mau melihat langsung proses menenunnya. mau belajar tentang tenun Lombok juga akan dilayani. pemiliknya ramah…

Bagaimana, masih bimbang mau ke Lombok? Masih berpikir kalau Lombok hanya tentang pantai, laut, gunung atau air terjun? Masih berpikir rugi datang ke Lombok, karena banyak waktu terbuang saat nunggu Sunrise atau Sunset? Enggak lah ya, Lombok itu juga kaya seni dan budaya. Salah satunya ya seni kerajinan tenun Lombok ini. Makanya, tunggu apa lagi? buruan booking tiket ke Lombok via ezytravel.co.id .

(Visited 266 times, 1 visits today)


About

Simply Complicated


'Mengenal Tenun Dari Jalan Tenun, Lombok' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool