Makam Van Ham Lombok

Menikmati Perjalanan Hati di Makam Van Ham Lombok

Menikmati Perjalanan Hati di Makam Van Ham Lombok
5 (100%) 1 vote

Wisata sejarah di Lombok tak cukup hanya mengunjungi Taman Pura Mayura. Masih ada pilihan objek wisata lain yang tak kalah menggoda untuk ditelusuri dengan berjalan kaki. Terletak tak jauh dari pusat perbelanjaan terbesar di Lombok, Mataram Mall, objek wisata ini sangat mudah dijangkau. Kemudahan mengakses menjadikan objek wisata sejarah ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Situs sejarah ini bernama Monumen Genera Al Majoor P.P.H. Van Ham atau biasa dikenal dengan Makam Van Ham.

Plang Nama Monumen Van Ham Lombok

Plang Nama Monumen Van Ham Lombok

Kenapa harus mengunjungi monumen ini?

Dengan mengunjungi situs ini, Anda bisa merasakan aura perjuangan dalam mempertahankan kekuasaan wilayah. Dalam hal ini wilayah kerajaan Mataram. Dalam sebuah tulisan menyebutkan bahwa P.P.H. Van Ham adalah Wakil Komandan dalam ekspedisi Belanda ke Lombok pada tanggal 5 Juli 1894 melalui Pelabuhan Ampenan. Ekspedisi ini dilakukan karena raja Mataram yang berkuasa pada waktu itu, Anak Agung Ngurah Karangasem, dituduh mencoba menghalangi kepentingan pemerintah Hindia Belanda di Lombok. Pun beberapa kali negosiasi yang tidak membuahkan hasil. Pihak kerajaan Mataram tetap bersikukuh menolak atas penguasaan pemerintah Hindia Belanda di Lombok.

Sejarah Gugurnya Mayor Jenderal Van Ham di Lombok

Catatan Sejarah Gugurnya Mayor Jenderal Van Ham di Lombok

Hal tersebut akhirnya yang memicu peperangan antara kerajaan Mataram dengan pasukan Belanda yang dipimpin oleh Jenderal J.A. Vetter di wilayah Cakranegara. Dalam pertempuran sengit tersebut, Mayor Jenderal Van Ham terbunuh saat mengejar pasukan kerajaan yang melakukan siasat mundur dari Cakranegara menuju Mataram. Kekalahan Belanda tidak serta merta membuat pemerintah Hindia Belanda menarik pasukannya. Namun justru menyiapkan pasukan untuk menggempur dan meruntuhkan kerajaan Mataram. Dalam peperangan tersebut, raja bersama beberapa keluarga dan pengikutnya diam-diam naik kapal yang mengangkut mereka ke pengasingan di Batavia.

Bagaimanapun juga perihal mempertahankan negara adalah kewajiban setiap warga negara

Sebagai bentuk penghormatan, pihak kerajaan Mataram pun memakamkan Mayor Jenderal P.H.H. Van Ham di komplek pemakaman umat Hindu di Karang Jangkong Cakranegara. Hingga akhirnya sampai saat ini, makam tersebut masih dipertahankan dan selanjutnya dijadikan sebagai cagar budaya oleh pemerintah Kota Mataram.  Untuk menandai peristiwa tersebut dibangunlah monumen peringatan tewasnya Mayor Jenderal P.H.H. Van Ham.

Jalan Masuk yang Teduh Menuju Monumen Van Ham Lombok

Jalan Masuk yang Teduh Menuju Monumen Van Ham Lombok

Komplek monumen berukuran sekitar 6 x 3 meter ini berada sekitar satu kilometer dari pusat pemerintahan kota Mataram. Berada dalam lingkungan yang rindang dan sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat tersebut. Berada di salah satu sudut belakang jalur masuk Pura Dalem Karang Jangkong, monumen ini menjadi mudah terlihat.

Monumen Van Ham Lombok

Monumen Van Ham Lombok

Keberadaan monumen yang satu komplek dengan Pura Dalem Karang Jangkong dan Pesetra (tempat pemakaman umat Hindu) Karang Jangkong adalah satu keuntungan. Hal ini karena dengan mengunjungi monumen ini juga bisa sekaligus melakukan wisata religi.

Pura Dalem Karang Jangkong Cakranegara Lombok

Pura Dalem Karang Jangkong Cakranegara Lombok

Apa saja yang ada di sekitar monumen Van Ham ini?

Banyak. Keberadaannya di pusat bisnis Cakranegara menyebabkan monumen ini sangat potensial untuk dikembangkan. Setidaknya dari tempat ini, Anda bisa sekaligus mengunjungi pusat perbelanjaan terbesar di Lombok, Mataram Mall. Selain itu, tak jauh dari monumen ini, tepatnya di sisi timur Mataram Mall, Anda bisa menemukan deretan toko suvenir khas Lombok. Bukan itu saja. Dari tempat ini, Anda akan mudah menemukan kuliner khas Lombok. Pun tempat penginapan atau sekadar tempat nongkrong. Anda sama sekali tidak akan mengalami kesulitan.

Mataram Mall Lombok

Mataram Mall Lombok

Pusat Oleh-oleh Lombok di Samping Mataram Mall

Pusat Oleh-oleh Lombok di Samping Mataram Mall

Tak jauh dari monumen Van Ham, terdapat banyak hotel dan penginapan. Salah satu hotel yang ada adalah hotel Lombok Raya dan hotel Idoop. Jika Anda seorang backpacker juga tak perlu khawatir. Di sekitar tempat ini banyak hotel dan penginapan dengan harga relatif terjangkau. Sebut saja hotel Mataram, hotel Handika, dll. Kemudahan menemukan tempat nongkrong yang asyik pun mudah Anda temukan. Anda penyuka kopi? Tepat sekali Anda mampir ke monumen ini. Dari monumen ini Anda bisa berjalan kaki menuju Coffee Toffee.

Coffee Toffee Lombok

Coffee Toffee Lombok

Jadi, mampirlah sejenak kemari dan temukan kebahagiaan sebuah perjalanan hati!

(Visited 682 times, 1 visits today)


About

Seorang pencinta formula fisika, gejala alam semesta, dan rangkaian aksara yang cinta mati dengan serpihan surga di bumi -- pulau Lombok.


'Menikmati Perjalanan Hati di Makam Van Ham Lombok' have 6 comments

  1. June 3, 2015 @ 10:50 pm Aisya Utami

    Terima kasih sudah berbagi tentang Lombok. Saya akan mengunjunginya suatu hair.

    Reply

    • June 4, 2015 @ 9:18 pm Momo DM

      Ditunggu kedatangannya, Mbak. 🙂

      Reply

  2. June 4, 2015 @ 8:42 am depz

    siap mampir!

    Reply

  3. June 4, 2015 @ 2:48 pm eliyan

    Jendral Van Ham yg terkenal banget waktu jaman SD..sekarang nggak pernah disebut lagi -__-

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool