Teluk Awang Lombok Tengah

Menjelajahi Keindahan Pantai Teluk Awang, Lombok Tengah

Menjelajahi Keindahan Pantai Teluk Awang, Lombok Tengah
3 (60%) 2 votes

Berbicara tentang pantai di Lombok tentu tak akan ada habisnya. Yah, itu karena Lombok “menyimpan” banyak sekali pantai yang pesonanya bisa membuat para wisatawan terpukau ketika melihatnya. Selain pantai-pantai yang sudah terkenal seperti Pantai Senggigi atau Pantai Kuta, ternyata di Lombok masih banyak terdapat pantai yang belum ter-expose sepenuhnya. Salah satunya adalah kawasan Pantai Teluk Awang. Kawasan ini memiliki pantai-pantai indah nan menawan yang sangat sedap dipandang mata.

Weekend ini, saya dan salah seorang teman saya berkesempatan untuk menjelajahi beberapa spot pantai menawan yang ada di kawasan Teluk Awang.

Pagi itu, kami berangkat dari Mataran menuju kawasan Teluk Awang dengan menggunakan sepeda motor. Perjalanan dari Mataram menuju kawasan Teluk Awang kira-kira memakan waktu sekitar 1,5 – 2 jam. Rutenya yaitu: Mataram – Bypass BIL – Sengkol – Kuta – Desa Mertak – Awang – Teluk Awang.

Setelah melewati jalanan berkelok dan menanjak dengan pemandangan yang cukup indah, kami akhirnya tiba di kawasan Teluk Awang.

Teluk Awang Lombok Tengah

Teluk Awang dari atas bukit

Spot pertama yang kami kunjungi adalah Pelabuhan Awang. Kawasan pelabuhan ini sangat luas dan di beberapa sudut pelabuhan masih terlihat pembangunan. Tiba di pelabuhan, kami kemudian duduk santai di dermaga kapal sambil menikmati sejuknya semilir angin pagi. Di ujung dermaga, terlihat beberapa orang sedang asyik memancing ikan, di bawah dermaga terlihat anak-anak kecil yang berenang dengan riang gembira dan di kejauhan terlihat perahu-perahu nelayan yang hilir-mudik mencari ikan. Pemandangan pagi yang sungguh damai!

Teluk Awang Lombok Tengah

Teluk Awang

Merasa cukup berada di sini, kami kemudian melanjutkan perjalanan kami menuju spot selanjutnya. Dari gerbang pelabuhan, kami kemudian mengambil jalan tanah ke arah kanan. Dari sini, medan jalan mulai berubah dari yang tadinya aspal menjadi tanah berbatu. Dan jalanan ini pun hanya bisa di lalui oleh sepeda motor.

Teluk Awang Lombok Tengah

Setelah berkendara selama 10 menit, kami akhirnya tiba di spot pantai yang pertama. Keadaan spot pantai yang pertama ini cukup tenang. Tidak terlihat banyak pengunjung. Di sudut pantai hanya terlihat beberapa masyarakat setempat yang sedang berendam di pantai. Keadaan ombak pantai ini pun cukup tenang. Namun, sedikit agak ke tengah, ombaknya cukup besar. Dan di sana, terlihat beberapa anak kecil yang sedang latihan surfing alias berselancar. Mereka berusaha menjaga keseimbangan tubuh mereka ketika berdiri di atas papan surfing masing-masing. Yah, walaupun sudah berusaha keras, mereka tetap jatuh tersapu ombak. Tapi, semangat dan usaha mereka untuk belajar surfing patut diacungi jempol.

Teluk Awang Lombok Tengah

Teluk Awang Lombok Tengah

Di bawah kaki bukit, terdapat padang rumput yang cukup luas. Di sini biasanya para peternak mengembalakan sapi-sapi mereka.

Teluk Awang Lombok Tengah

Sambil duduk santai di bawah pohon, kami menikmati cemilan yang kami bawa sembari menikmati suasana sekitar yang begitu syahdu. Setelah puas menikmati pesona spot pantai yang pertama ini, kami kemudian melanjutkan perjalanan kami menuju spot pantai yang kedua.

Untuk mencapai spot pantai yang kedua ini, kami harus berjibaku melewati jalanan tanah bebatu yang menanjak dan penuh dengan debu. Namun, bagaimanapun kondisi jalannya, demi menemukan pantai yang indah, kami rela melewati ini semua. Setelah melewati beberapa tanjakan, kami akhirnya tiba di spot yang kedua. Tiba di lokasi, kami terlebih dahulu menitipkan kendaraan kami di rumah salah seorang warga. Setelah itu, kami mulai berjalan menyusuri setiap sudut keindahan dari spot pantai yang kedua ini.

Teluk Awang Lombok Tengah

Teluk Awang Lombok Tengah

Keadaan pantai yang terletak di ujung selatan Teluk Awang ini benar-benar sepi. Tidak ada orang lain selain kami. Ombak pantainya pun sangat tenang. Air lautnya sangat bening dan cukup dangkal. Pantai ini didominasi oleh bebatuan kecil dan hanya beberapa sudut pantai yang berpasir. Salah satu keunikan dari pantai ini yaitu terdapat sebuah pohon di tengah-tengah pantai nya.

Teluk Awang Lombok Tengah

Karena kepincut dengan keindahan dan kebeningan pantai ini, tanpa pikir panjang kami pun langsung nyebur ke pantainya. Dan rasanya benar-benar segar. Capek dan keringat pun hilang seketika.

Oh ya, di sekitar pantai ini terdapat sebuah bangunan tua dan dermaga kapal yang sudah rusak. Menurut penuturan warga setempat, bangunan tua ini dulunya adalah bekas perusahaan budidaya mutiara dan dermaga itu adalah bekas dermaga yang sering di pakai para pekerja perusahaan. Tapi karena sesuatu dan lain hal, kini perusahaan itu tidak lagi beroperasi.

Puas bermain air, kami kemudian beristirahat sejenak di pinggir pantai menikmati cemilan yang masih tersisa sambil menunggu pakaian kami kering. Well, sebenarnya pada jalan-jalan kali ini kami tidak membawa pakaian ganti dan kami tidak berencana untuk berenang sama sekali. Namun, karena tergoda beningnya air laut di spot pantai kedua ini kami akhirnya rela berbasah ria.

Beberapa menit kemudian, pakaian kami sudah agak kering dan kami kemudian melanjutkan perjalanan kami dengan berjalan kaki menyusuri pinggiran bukit menuju spot pantai yang ketiga. Jarak spot ketiga dari spot kedua tidaklah jauh. Kami cuma perlu berjalan kaki sekitar 5 menit dan kami pun tiba.

Keadaan spot pantai yang ketiga ini juga masih sangat sepi. Hanya ada kami. Pantai ini didominasi oleh bebatuan dan ombak nya cukup tenang. Di beberapa sudut pantai terbentuk kolam alami dari bebatuan yang menjorok ke laut. Intinya, pantai ini benar-benar amazing.

Teluk Awang

Teluk Awang

Melihat hal ini, kami langsung “sakau” dibuatnya dan tanpa pikir panjang, kami langsung nyemplung di kolam alaminya. Sensasinya sungguh luar biasa. Pakaian kami yang mulai kering pun menjadi basah kembali. But, it’s okay. Yang penting mata termanjakan dan bathin terpuaskan.

Teluk Awang

Well, tidak terasa waktu sudah mulai sore dan wajah kami sudah mulai gosong. So, kami segera memutuskan untuk beristirahat sejenak dan kemudian pulang. Tapi sebelum pulang, kami menyempatkan diri untuk berfoto ria di hutan bakau yang ada di antara spot pantai kedua dan ketiga.

Finally, dengan melewati jalanan yang sama, kami pun mulai berkendara menuju mataram.

Well, itulah perjalanan kami hari ini menjelajahi keindahan pantai di kawasan Teluk Awang. And one thing, keindahan pantai-pantai ini akan tetap terjaga jika kita bersama-sama merawatnya. Salah satunya dengan tidak meninggalkan sampah ketika mengunjunginya.

Sekian!

Happy weekend, guys!

Mau liburan ke Lombok? Cari di sini: tiket pesawat dan hotel
(Visited 719 times, 1 visits today)


About

Son of the Beach


'Menjelajahi Keindahan Pantai Teluk Awang, Lombok Tengah' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool