Pantai Semeti Lombok

Menyepi dan Kontemplasi di Pantai Semeti

Menyepi dan Kontemplasi di Pantai Semeti
5 (100%) 1 vote

Ingat Lombok, ingat pantai. Mungkin itulah yang terlintas di pikiran semua orang jika mendengar kata Lombok. Iya memang tidak salah, pulau kecil ini memiliki puluhan pantai indah yang siap menyegarkan pandangan mata. Mulai dari pantai ‘mainstream’ alias pantai yang sudah terkenal seantero jagat seperti Senggigi di Lombok Barat dan Kuta di Lombok Tengah, sampai pantai yang letaknya ‘nyempil’, jauh dari hiruk pikuk keramaian wisatawan.

Pantai Semeti saat air laut surut

Pantai Semeti saat air laut surut

Bagi wisatawan yang suka suasana hening, sepi, dan menenangkan, Pantai Semeti yang ada di wilayah Lombok Tengah bagian selatan wajib dikunjungi. Bagi yang punya rencana berwisata ke Lombok, Pantai Semeti sangat recommended untuk dimasukkan dalam bucket list destinasi yang harus dikunjungi.
Pantai yang berpasir putih ini masuk wilayah Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah. Jarak pantai ini sekitar 30 kilometer dari Bandara Internasional Lombok (BIL) yang berada di Tanak Awu, Pujut, Lombok Tengah. Jika menggunakan mobil, kita bisa sampai dalam waktu 48 menit jika melewati jalur Kuta. Tapi jaraknya bisa lebih singkat jika ke Semeti ditempuh melalui Penujak yaitu sekitar 43 menit (26 kilometer).

Ngapain aja di Semeti? Karena lumayan sepi, apalagi jika berkunjung pada saat weekdays, kita bebas teriak kencang untuk melepas penat sambil memandang lautan lepas. Sebelum air laut surut, kita juga bisa mandi sepuasnya, airnya cukup jernih dan bersih, ombak di pantai ini juga cukup tenang. Bagi yang ingin berkontemplasi dan merenung, naik saja ke bebatuan yang berada di ujung timur pantai ini. Duduklah di atas batu sambil memandangi laut lepas, kita akan menyadari betapa besar kuasa Tuhan. Dan tentunya kita akan semakin mencintai alam yang indah ini.

Pantai Semeti Lombok

Pantai Semeti Lombok

Pantai Semeti Lombok

Bebatuan yang seperti bukit di Semeti ini juga menjadi spot favorit para pengunjung untuk bernarsis ria. Eittt, tapi harus hati-hati ya kalau naik ke batu ini karena sedikit licin. Be aware juga bagi pengunjung yang ingin berfoto di sela bebatuan yang berbentuk lorong dan langsung terhubung ke lautan. Karena sudah ada beberapa kejadian pengunjung terserat ombak. Saya juga sempat diperingatkan oleh salah satu warga untuk tidak berfoto di sela bebatuan karena sudah banyak pengunjung yang jadi korban.

TIKET KE LOMBOK

Letak Pantai Semeti berdekatan dengan Pantai Mawi, pantai yang menjadi favorit para surfer. Kedua pantai ini terhalang bebukitan. Dari Semeti, Mawi bisa ditempuh dengan berjalan kaki melewati ladang warga sekitar.

Pantai indah lainnya yang juga satu jalur dengan Semeti yaitu Selong Belanak dan Mawun. Jika datang dari arah Penujak, Selong Belanak pantai yang terdekat. Jarak Selong Belanak-Semeti sepanjang enam kilometer dan bisa ditempuh selama 15 menit berkendara. Sedangkan dari Semeti ke Mawun (spot favorit untuk surfing) sekitar 11,5 kilometer dengan jarak tempuh 22 menit. Jalan untuk menuju pantai-pantai ini mulus dan lumayan sepi disertai dengan pemandangan yang hijau sepanjang jalan. Yuk ke Lombok !!!

(Visited 579 times, 1 visits today)


About

Wartawan di koran Suara NTB, pecinta buku, full time dreamer, mimpi keliling dunia karena dunia layaknya buku, harus dibaca sampai tuntas.


'Menyepi dan Kontemplasi di Pantai Semeti' have 7 comments

  1. May 5, 2015 @ 10:02 pm Hurmayani

    It is Amazing

    Reply

  2. May 6, 2015 @ 11:23 am depz

    Semeti emang keren punya! 😀

    Reply

  3. May 8, 2015 @ 12:43 pm Rahmi

    Ya ampuun pasirnyaaa, serasa pengen bergulung2 di atasnya deh, amazing banget. Mudah2an suatu saat nanti bisa ke Lombok, aamiin ^_^

    Reply

    • May 9, 2015 @ 7:54 am Yanet Fawzia

      Iya mbak.. kereen.. aamiin moga bs kesini secepatnya yah.. 🙂

      Reply

  4. July 22, 2015 @ 9:29 am ova

    Mekar sari masukan kec. Praya Barat, bkn Praya Barat Daya 🙂

    Reply

  5. August 20, 2015 @ 5:12 am agusfiyan

    WAW pantai semeti indah banget,, kok saya yang tinggal dilombok kagak pernah kesana,,aduhh kasihan deh saya,,

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool