Gunung Rinjani

Mister Porter, Pria-Pria Perkasa dari Rinjani Lombok

Mister Porter, Pria-Pria Perkasa dari Rinjani Lombok
5 (100%) 2 votes

Dulu sekali, jauh sebelum saya menjejak kaki di Rinjani, salah seorang sahabat pernah membuat tulisan tentang porter Rinjani. Menurutnya, porter Rinjani adalah diantara manusia-manusia terkuat yang ada di dunia. Hiperbolik? Yes. Itu sebelum saya menyaksikan sendiri bagaimana kuatnya para porter tersebut. Setelahnya, saya sadar bahwa sangat wajar jika kemudian banyak yang menyematkan gelar “strong man” pada porter Rinjani. Ini cerita tentang Mister Porter, pria-pria perkasa dari Rinjani Lombok yang penuh dedikasi.

Siapakah para pria perkasa dari Rinjani ini?

Para porter Rinjani umumnya berasal dari masyarakat desa sekitar, Sembalun atau Senaru. Tidak ada batasan usia bagi mereka yang ingin menjadi porter. Syaratnya, minimal mereka pernah mendaki Rinjani, punya tenaga, tahu tugas dan tanggungjawab. Menurut salah seorang staff Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang saat itu menjadi guide kami, meski tidak punya catatan lengkapnya, tapi porter Rinjani jumlahnya ratusan jika tidak bisa dikatakan ribuan. Beberapa kali pihak TNGR pun pernah mengadakan kegiatan capacity building bagi mereka, dengan harapan, profesi seorang porter benar-benar dapat menunjang perjalanan para pendaki.

Gunung Rinjani

porter di tengah padang savana Rinjani

Bagi para pendaki, terutama mereka yang menggunakan jasa porter, maka para porter ini berperan sangat penting dalam perjalanan menjajal Rinjani. Bayangkan saja menuju puncak 3.726 mdpl dengan medan yang menanjak, curam, berbatu, well-you- know-how, dan porter membantu pendaki melewati medan tersebut sampai ke titik tujuan.

Gunung Rinjani

Tetap setia berjalan di belakang pendaki, terutama jika tidak menggunakan jasa guide

Kehidupan para porter sangat bergantung pada Rinjani, pun sebaliknya, jika dipikir-pikir, maka wisata Rinjani pun sangat bergantung pada keberadaan porter. Bisa karena biasa, mungkin itu slogan para porter. Bayangkan saja, mereka bisa mendaki Rinjani tapi harus pusing memikirkan kostum. Baju seadanya, tak jarang bertelanjang dada. Tak perlu sepatu gunung, sandal jepit pun jadi. Beyond professional.

Mengapa para porter ini spesial? Here are some reasons to why they play important roles.

1. Porter siap mengangkut barang bawaan pendaki

Rasa-rasanya tak banyak atau mungkin sangat sedikit orang yang sanggup mendaki gunung dengan membawa beban berat. Don’t worry, Mr. Porter will do it for you! Porter Rinjani siap mengangkut barang bawaan pendaki, mulai dari tenda, bahan makanan, alat masak, and anything you want them to carry. Satu orang porter sanggup memikul beban seberat 20-25 kg.

Gunung Rinjani

Medan yang terjal dan beban yang berat, porter jalan teruss!

2. Porter cooks, and they cook delicious food!

Asupan makanan sangat untuk penting untuk melanjutkan pendakian. Tapi, mengingat beratnya medan dan tenaga yang terkuras, apa iya kita masih sempat memikirkan menu makan siang? Don’t worry, Mr. Porter will do it for you! Porter Rinjani siap memasak 3 kali sehari; pagi, siang, malam, sesuai request pendaki. Menu-menu pilihan seperti mie kornet, banana pancake, nasi goreng, dan minuman hangat, semuanya maknyoos!

Gunung Rinjani

Persiapan memasak untuk rombongan kami yang waktu itu jumlahnya ada 7 orang, cool!

Gunung Rinjani

Masak dengan peralatan seadanya dengan sensasi rasa bintang lima

3. Porter: a storyteller, a good travel mate

Nggak hanya sebagai asisten, para porter ini juga bisa menjadi teman perjalanan yang sangat menyenangkan. Para pendaki bisa bertanya banyak hal tentang Rinjani atau sekedar mendengarkan cerita mereka tentang pengalaman belasan atau puluhan tahun mereka menemani para pendaki. Memang, tugas porter berbeda dengan guide, namun tak sedikit dari mereka yang juga punya kemampuan cukup baik menjelaskan tentang Rinjani dan hal-hal menarik tentangnya.

Gunung Rinjani

Para porter ngasoo dulu sambil berbagi cerita

4. Pegal? Massage dulu yukk..

Kaki kram atau pegal-pegal saat mendaki? Para porter juga siap menjadi tukang pijat dadakan. Yes, they are so multi-talented. Kurang apa lagi cobaaa?

Gunung Rinjani

Service tambahan dari porter kami saat pegal-pegal *Alhamdulillah

Saya sempat bertanya pada salah seorang porter yang sudah cukup uzur dari segi usia, “kapan bapak mau pensiun jadi porter?” yang kemudian dijawabnya,

“Hidup kami telah menyatu dengan Rinjani. Saat pendakian ditutup saja, rasanya sepi sekali. Jika tak ada Rinjani, maka tak tahulah apa yang bisa kami lakukan. Jadi porter adalah pekerjaan mulia, saya baru akan berhenti saat tak sanggup lagi naik gunung,” jawab sang bapak.

Gunung Rinjani

Sekelompok porter, melepas lelah. Satunya adalah porter yang sudah cukup berumur untuk profesi ini

Bukan hanya tentang isi perut atau kelangsungan hidup, tapi ketulusan, dedikasi dalam pekerjaan.

Gunung Rinjani

Mampir cuci piring dulu..biar pas turun bawaanya lebih bersih dan ringan

Mengacu pada info terbaru, jasa seorang porter kini dikenai tarif Rp.250.000/hari. Biaya yang sungguh tidak mahal jika dibandingkan dengan service yang mereka berikan.

Gunung Rinjani

Manusia kuat dari Rinjani

Rasa-rasanya akan jauh lebih berarti jika membuktikan sendiri the magical journey of Rinjani . Rinjani masih menjulang tinggi, menunggu untuk didaki, dan para porter Rinjani pun telah siap menanti.

Yuk pesan tiket ke Lombok, dan siapkan petualangan seru anda!

(Visited 3,612 times, 1 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Mister Porter, Pria-Pria Perkasa dari Rinjani Lombok' have 3 comments

  1. July 5, 2015 @ 1:11 pm Hurmayani

    Owww, porter thanks for helping

    Reply

  2. July 6, 2015 @ 11:50 am depz

    itu yg di headernya porter juga ya?
    *digetok*
    :))

    Reply

  3. May 17, 2016 @ 8:25 pm Iwan

    Sekedar informasi bagi kawan.kawan.yg mau mendaki RINJANI untuk tidak menggunakan koordinator porter Namanya pak Tuti..biasa dikenal atau dipanggil Amaq UTI di sembalun…saya salah.satu korbanya…ingat ya Amaq UTI namanya

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool