nasi-kaput-khas-lombok

Nasi Kaput Khas Lombok Kuliner Murah Meriah Pemadam Kelaparan

Vote Us

Hai ezytravelers!

Kalian sedang jalan-jalan di Lombok kemudian di tengah perjalanan ezytravelers diserang lapar dan bingung mau kemana dan makan apa? Mau nyari junk food atau fast food di restoran modern, eh tapi lokasinya kejauhan dan harganya mahal. Kalau kaya gitu, coba deh tengok kiri-kanan kali aja ada warung atau kedai yang menjual nasi kaput khas Lombok.

Nah! Apa tuh nasi kaput? Nasi kaput atau yang sering juga disebut nasi balap ini merupakan salah satu kuliner yang banyak terdapat di Lombok dan ada di mana-mana. Banyak warung-warung yang jual. Nasi kaput khas Lombok ini namanya berasal dari bahasa sasak di mana kaput berarti bungkus.

Nasi kaput dibungkus kerucut dengan daun pisang. Namun di beberapa warung juga banyak yang menggunakan bungkus dari kertas nasi namun tetap sama juga dibungkus dengan bentuk kerucut.

nasi kaput khas lombok

Sebenarnya nasi kaput ini merupakan wujud lain dari nasi campur. Kalau kita melihat daerah lain seperti misalnya di Jogja ada yang namanya nasi kucing, di Solo ada nasi bandeng, di Bali ada nasi jinggo dan di Tegal ada nasi ponggol, nah di Lombok ya ini dia namanya nasi kaput.

Waaah… kalau diperhatiin dari beragam nasi bungkus ini, kita bisa lihat sendiri dan juga semacam diingatkan lagi betapa Indonesia ini memang beragam banget. Nasi bungkus aja bisa banyak gitu macamnya. Indonesia punya nih! Bhineka Tunggal Ika mewujud dalam nasi campur 🙂

Tentu saja masing-masing nasi bungkus di setiap daerah punya keunikannya tersendiri yang menjadi ciri khas, semisal mulai dari namanya, bungkusnya, lauk-pauknya dan pelengkapnya. Kalau nasi kaput punya Lombok ini unik juga, berbeda dengan nasi bungkus khas daerah lain.

Nasi kaput khas Lombok dibungkus dengan daun pisang yang dibentuk kerucut. Selain bungkusnya yang unik, harga satu nasi kaput juga murah meriah. Nasi kaput ini bisa dibeli dengan harga cuma lima ribu rupiah. Biasanya nasi kaput ini jadi menu sarapannya orang Lombok.

nasi kaput khas lombok

Saking murah harganya, pernah ada teman saya dari Jawa menginap di rumah. Saat pagi ketika ingin sarapan saya suruh dia beli nasi kaput yang dijual di dekat rumah saya. Teman saya ini  terheran heran karena dia beli nasi kaput dengan harga yang murah dan dapetnya banyaaak banget. Iya memang gitu, nasi kaput ini, apalagi di kampung-kampung dijual dengan sangat murah meriah. Kalau di kota bisa jadi harganya mulai dari lima ribu sampai sepuluh ribu rupiah bahkan lebih.

Tapi kalau di kampung, seperti di tempat saya tinggal, kita masih bisa membeli nasi kaput dengan harga tiga ribu rupiah lengkap dengan lauk-pauknya. Untuk sarapan saya biasanya beli yang porsi tiga ribu ini. Maklum perut kecil jadi kalau saya beli yang porsi lima ribuan seringnya nggak habis saya makan.

nasi-kaput-khas-lombok

Satu porsi nasi kaput khas Lombok ini berisi nasi putih yang dihidangkan bersama beragam lauk-pauk. Lauk yang digunakan biasanya adalah adalah ayam suwir, sambal goreng, abon, serundeng, mie goreng, tempe pedas manis, telur dadar dan lain-lain. Lauk-pauk pada nasi kaput ini tergantung dari warung atau rumah makan yang menjualnya.

Kalau ditanya di mana penjual nasi kaput khas Lombok yang enak? Saya pribadi, nasi kaput favorit saya ada di Pantai Ampenan. Biasanya ibu penjual nasi kaput ini muncul pas sore hari, saat Pantai Ampenan lagi ramai-ramainya dikunjungi. Cukup dengan lima ribu rupiah saya bisa kenyang makan. Apalagi makannya di Pantai Ampenan, sore-sore bisa sambil sunset-an. Abis makan nasi kaput biasanya saya minumnya pakai es campur khas Pantai Ampenan.

Segeeerrrr. Mantap jiwa punya! Sederhana, murah meriah dan kenyang!

nasi-kaput-khas-lombok

Cari tiket pesawat murah dan cari penginapan murah buat ke Lombok? Persiapkan dari sekarang! Kalau gak mau repot, beli paket tour aja!

nasi-kaput-khas-lombok

Selain nasi kaput khas Lombok ini, di Lombok ezytravelers juga bisa menemukan beberapa kuliner lainnya seperti nasi sukaraja, nasi kuning khas kota tua Ampenan dan juga nasi balap puyung! Tuh banyak banget ya variasi nasi yang ada di Lombok.

Jadi kalau kamu sedang jalan-jalan di Lombok nggak perlu khawatir soal makanan, kuliner Lombok pilihannya banyak banget. Jangan lupa nyobain beragam jenis nasi yang tentunya murah meriah dan menggugah selera makan kalian.

Yuk ah buruan ke Lombok! Nanti boleh deh ajakin saya ikut jalan-jalan dan makan-makan (hehehe maunya ya). Dengan senang hati dan lapang dada serta gembira ria saya menerima traktiran. Ezytravelers ada yang mau traktir saya? Kuy ke Lombok!

(Visited 200 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Nasi Kaput Khas Lombok Kuliner Murah Meriah Pemadam Kelaparan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool