promo imlek

Semarak Imlek dan Silaturahmi Budaya Nusantara di Lombok

Vote Us

Pulau Lombok memiliki beberapa tagline, salah satunya yang paling terkenal adalah “Pulau seribu mesjid”. Dan tagline tersebut memang tak mengada-ada dengan melihat fakta banyaknya jumlah mesjid yang tersebar merata di seluruh Pulau Lombok. Namun sejatinya, walau mayoritas penduduk di Lombok beragama Islam, masyarakat yang ada di Pulau Lombok cukup majemuk. Dengan penduduk dari berbagai macam agama yaitu Islam, Hindu, Kristen, Katholik, juga Budha serta ragam budaya dan etnis seperti Sasak, Bali, Jawa, Bugis, sampai Tionghoa juga terdapat di Lombok. Nah ngomongin etnis Tionghoa di Lombok ini sendiri cukup menarik apalagi bertepatan dengan momen Imlek atau tahun baru China 2568 yang baru saja dirayakan. Gak cuma ngomongin soal sale alias promo Imlek yang bertebaran di pusat perbelanjaan di beberapa minggu terakhir, tetapi juga bagaimana cerita etnis Tionghoa itu sendiri masuk atau hijrah ke Pulau Lombok pertama kali.

promo imlek

Dari beberapa sumber cerita di media lokal (Lombok Pos), didapatkan cerita bahwa asal muasal masyarakat Tionghoa masuk NTB terutama di Pulau Lombok pertama kali sekitar Tahun 1800 Saka (tahun penanggalan Hindu). Ketika itu, seorang tokoh Tionghoa bernama Ang Ke Cu yang memang dekat dengan Raja Bali ikut membangun Pura Lingsar yang berada tak jauh dari Pusat Kota Mataram.  Itulah sebabnya jangan heran jika terdapat ornamen/pernak-pernik khas Tionghoa di dalam Pura Lingsar yang menjadi lokasi perang topat setiap tahunnya.

Cerita lainnya adalah keterlibatan seorang tukang kayu asal Tiongkok bernama Ang Tun Cin. Tukang kayu itu pernah menghadap ke Anak Agung untuk menceritakan keluhannya tentang bisnisnya. Kemudian Sang Raja Bali tersebut menyuruhnya untuk sembahyang di Pura Lingsar.  Dan sejak itu dipercaya bahwa usaha yang dia jalankan mulai semakin berkembang hingga akhirnya dia ikut membangun salah satu Pura Kemalik di Lingsar.

Keberadaan dan sumbangsih masyarakat Tionghoa di NTB juga terlihat dari keberadaan Kelenteng Pao Hwa Kong di Ampenan. Bahkan, hingga saat ini masyarakat Tionghoa di NTB terus berkontribusi di segala bidang dan sendi masyarakat. Masyarakat Tionghoa di Pulau Lombok sendiri memiliki wadah yang bernama Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia atau biasa disingkat PSMTI. Dan bagi masyarakat di Lombok, PSMTI Lombok sangat akrab dan dikenal dengan baik karena aktivitas sosial yang kerap dilaksanakan seperti bakti sosial maupun aksi donor darah. Saya sendiri masih ingat ketika selama belasan tahun hidup di Lombok, untuk pertama kalinya perayaan Imlek dirayakan besar-besaran di pusat Kota Cakranegara dengan tajuk acara “Silaturahmi Budaya Imlek” tepat setahun lalu.

Ketika itu, PSMTI mengadakan acara spektakuler yang dipusatkan di perempatan Cakranegara. Sejak beberapa minggu sebelumnya, ruas jalan Pejanggik dan AA Gede Ngurah dipercantik dengan ratus lampion berwarna merah, khas Imlek, yang digantung di atas jalan. Bahkan ketika acara puncak, jalan protokol sampai ditutup oleh aparat demi agar masyarakat juga dapat menikmati rangkaian acara seperti parade budaya, barongsai dan liong, pertunjukan tari dan seni khas Tionghoa juga tari-tarian tradisional Suku Sasak seperti gendang  beleq, tarian khas bali dan khas sumbawa. Oiya ada pula 5,000 kue keranjang dan 1,000 porsi lontong Cap Go Meh yang dibagikan gratis saat itu. Rasanya indah sekali melihat unity in diversity. Indahnya perbedaan. 🙂

promo imlek

lampion di perayaan imlek 2016 lalu

Sedangkan untuk tahun 2017 kali ini, PSMTI merayakan Imlek 2568 dengan menghelat acara bertajuk “Silaturahmi Budaya Nusantara” yang berisi rangkaian acara seperti Parade Budaya, Pentas Seni, Donor darah massal di Lombok Epicentrum, Lomba mewarnai bagi pelajar, Pasar Murah, Pesta Kuliner, Periksa kesehatan gratis, dan puncak acaranya sendiri akan dihelat di Lombok City Center, Narmada Tanggal 9-12 Februari 2017. Silaturahmi budaya ini dilaksanakan untuk mempererat tali persaudaraan dan memberikan kesejukan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di NTB.

promo imlek

Booth donor darah

promo imlek

rangkaian acara silaturahmi budaya nusantara

promo imlek

lomba mewarnai

promo imlek

poster “Silaturahmi Budaya Nusantara”

Nah… buat Ezytravelers yang belum punya jadwal apa-apa untuk Tanggal 9-12 Februari nanti, yuk cuss ke Lombok City Center untuk menyaksikan “Silaturahmi Budaya Nusantara“. Dan untuk kalian Ezytravelers yang berada di luar Lombok, Pesan tiket ke Lombok plus penginapan langsung ke ezytravel.co.id aja. Menyambut Imlek, Ezytravel berbagi promosi online dalam rangka Promo Imlek untuk tiket pesawat, kamar hotel ataupun paket tour. Promo Imlek ini berlaku cuma sampai 12 februari 2017 saja lhoo.. Tunggu apa lagi? Kuyy lah… sikat promo online-nya sekarang juga.

More info about promo imlek langsung saja klik di sini.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Hotel di Lombok, Tiket Murah & Paket Wisata
(Visited 40 times, 1 visits today)


About

blogger yang sangat mencintai lombok. impiannya sederhana, keliling Indonesia untuk menikmati keindahan alam dan budayanya. "menikmati hidup dengan mensyukurinya dan mensyukuri hidup dengan menikmatinya karena hidup itu indah" adalah tagline hidupnya. ^^


'Semarak Imlek dan Silaturahmi Budaya Nusantara di Lombok' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool