Wisata Anti Mainstream di Lombok

Panorama dan Eco-green Walk, Destinasi Wisata Menarik Lain di Lombok Timur

Panorama dan Eco-green Walk, Destinasi Wisata Menarik Lain di Lombok Timur
2.33 (46.67%) 3 votes

Alert!

Ulasan ini mengandung resiko untuk anda kembali berburu tiket promo ke Lombok dan booking hotel di Lombok Timur untuk habiskan weekend seru. Atau sekadar penuhi lagi koleksi foto berlibur yang keren habis. Tenang, kali ini edisi berlibur anti-mainstream banget-banget. Bukan lagi pantai-pantai eksotis Lombok atau lanskap Rinjani plus Danau Segara Anaknya, tetapi sisi serba hijau dan sisi pedesaan yang mbikin nostalgia buat yang masa kecilnya terlahir di desa.

Spot-spot yang keren dengan sebutan Panorama Walk ini semuanya terletak di Lombok Timur. Hanya berjarak mulai dari satu sampai terjauh dua-tiga jam perjalanan bermobil dari BIL di Lombok Tengah.

Yuk, contek trip sehari saya, envy-nya disimpan dan dibayar di trip ke Lombok berikutnya yaaa.. 😀

Saya memulainya di desa Tete Batu, salah satu desa wisata dari beberapa desa wisata lainnya di Lombok Timur (sebut saja desa wisata Pringgasela, Sapit dan Sembalun). Empat desa wisata yang saya tulis di sini terletak terpisah di empat kecamatan berbeda, namun rata-rata masih di wilayah kaki pegunungan Taman Nasional Gunung Rinjani. Berada di ketinggian lebih dari 500 mdpl, cuaca selalu terasa sejuk sepanjang hari, terutama karena masih luasnya area persawahan serta perkebunan yang berikan pasokan oksigen cukup tinggi bagi lingkungan sekitarnya.

Saya beruntung memiliki sepetak tanah sawah di lokasi yang berseberangan dengan beberapa cottage atau pondok wisata di desa yang juga memiliki satu pintu pendakian Rinjani namun belum dibuka untuk umum. Di hari paling cerah, latar dinding hijau punggungan Rinjani kontras dengan pemandangan perkampungan yang ujung terjauhnya tampakkan kawasan lautan timur Lombok.

Sunset di Lombok

Momen sunset di persawahan dengan objek rumah-rumahan sawah.

Panorama Walk Lombok

Pematang sawah keluarga saya sering jadi setapak wara-wirinya turis penikmat Panorama Walk.

Hari masih cukup siang untuk saya bergegas ke spot selanjutnya, yaitu Eco-Green spot di desa Sekomak kecamatan Masbagik. Hanya berkendara dua puluh menit dari desa Tetebatu. Di desa ini saya mampir di sentra Rumah Kreatif Linsi. Bergerak sebagai bank sampah, rumah kreatif ini siap berbagi skill menganyam serta menjahit berbagai limbah plastik kemasan instan menjadi produk-produk cantik seperti tas wanita atau kotak pensil serta berbagai bentuk pajangan rumah.

Rumah Kreatif LINSI

Display variasi produk di Rumah Kreatif LINSI

Wah, setelah sepagian bersejuk-sejuk ria nikmati serba hijaunya persawahan dan keriangan penduduk desa Pringgasela, siangnya saya beroleh bekal kreasi plastik-plastik limbah rumah tangga yang saban hari saya produksi.

Rumah Kreatif Linsi

Tas-tas wanita cantik ini dari limbah plastik kemasan instan looo..

Hari masih tersisa seperempat, saatnya berburu angle cantik. Syukur-syukur ngepasi momen sunset. Dari desa Sekomak Paok Motong, saya meluncur ke Pusuk Pass Sembalun, bermotor sekitar satu setengah jam ke arah utara atau arah ke salah satu pintu pendakian Rinjani. Tepatnya di desa Sembalun Bumbung Lombok Timur.

Pusuk Pass Sembalun

Bagian dalam Pusuk Pass, di sisi kanan foto ini, berjejer 3 berugak yang berada persis di kaki bukit.

Di spot ini putra saya yang enam tahun mendapatkan banyak hal serba pertama. Sensasi berada di tengah kabut yang dingin, saksikan pemandangan pedesaan Sembalun Bumbung di kejauhan sana serta deretan perbukitan serba hijau di sekelilingnya. Pembelajaran awal jika saya hendak mengikutkannya di trip pendakian gunung yang sesungguhnya nanti.

Pusuk Pass Sembalun

Masih pukul 5 sore, tapi area Pusuk Pass sudah berselimut kabut tebal.

Pusuk Pass Sembalun

Berlomba dengan kabut, ‘cuma’ dapatkan foto senja ini.

Desa Sembalun Bumbung

Desa Sembalun Bumbung terletak persis ditengah-tengah lembah.

Desa Sembalun Bumbung

Angle cantik ini diambil saat cuaca cerah.

Semoga trip singkat sehari saya plus foto-foto yang saya sertakan di sini cukup menggambarkan menariknya Panorama walk dan Eco green sehingga menjadikan trip saya ini sebagai contekan momen berlibur Anda selanjutnya di Lombok.

Yuk, cap cussss ke Lombok segera 🙂

(Visited 275 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Panorama dan Eco-green Walk, Destinasi Wisata Menarik Lain di Lombok Timur' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool