Pantai Dasan Kerpuk

Pantai Dasan Kerpuk, si Indah yang masih Rahasia di Lombok Timur

Pantai Dasan Kerpuk, si Indah yang masih Rahasia di Lombok Timur
5 (100%) 1 vote

Pulau Lombok yang kaya banget ama yang namanya pantai memberikan begitu banyak pilihan yang untuk wisata pantai ini. Mau pantai yang ramai banyak, yang sepi juga banyak, mau pantai yang aksesnya bagus banyak, yang aksesnya masih jelek juga banyak, mau pantai yang fasilitasnya lengkap banyak, yang masih alami tanpa sentuhan manusia juga banyak.

Nah, karena belakangan ini gue sering merasa kesepian (terus masalah buat yang baca gitu?) gue pun pergi jalan-jalan ke tempat yang belum pernah gue datengin. Maklum, salah satu hal yang bisa mengusir kesepian gue adalah melihat pantai. Yappp… pantai yang menjadi salah satu daya tarik wisata alam terbesar di pulau lombok memang cocok banget buat melepas kesepian *apacumagueya?

Naluri PPP (para pencari pantai) gue langsung aktif kalo lagi gini. Gue pun asal jalan ke daerah-daerah yang dekat dengan pantai tanpa ada tujuan kemana pastinya. Selepas solat zuhur, gue yang masih pakai baju koko pun langsung berangkat ke daerah Lombok Timur sebelah utara, yaitu daerah Pringgabaya. Seperti yang pernah gue tulis sebelumnya, yaitu pantai ketapang yang masih natural, gue pun langsung mencari-cari pantai yang ada di sekitar tempat tersebut.

Dengan naluri PPP gue, gue pun gak takut tersesat buat nyari pantai baru yang mungkin belum pernah didatengin sama orang. Sekitar 5 kilometer dari Pantai Tanjung Menangis, gue nemuin jalan ke arah timur yaitu ke arah bagian pantai di Pulau Lombok, seperti jalan masuk ke Pantai Tanjung Menangis. Tanpa pikir panjang, gue pun menelusuri jalan tersebut.

Pantai Dasan Kerpuk

jalan beraspal menuju Pantai Dasan Kerpuk

Sekitar 3 km, jalan tersebut berubah dari jalan beraspal, menjadi jalan tanah dan berbatu. lalu gue pun menemukan pertigaan yang kedua jalan tersebut sepertinya akan menuju tempat yang berbeda, satunya ke pantai dan mungkin satunya ke sawah atau perumahan warga. Karena biasanya jalur menuju pantai akan lebih bagus, akhirnya gue pun berbelok ke sebelah kiri di pertigaan.

Pantai Dasan Kerpuk

jalan tanah dan berbatu menuju Pantai Dasan Kerpuk

Alhasil ternyata jalannya masih tanah dan berbatu. sekitar 300 meter, gue nemuin pertigaan lagi. Dengan teori (yang gue susun sendiri) yang sama, gue berbelok ke kanan, karena ini arah yang menuju ke pantai walaupun jalannya sama-sama masih tanah dan berbatu.

Pantai Dasan Kerpuk

jalan kecil menuju Pantai Dasan Kerpuk

Sekitar 1,5 km menyusuri jalan ini, akhirnya ada jalan yang ke arah lebih timur lagi yang menuju ke pantai, namun jalannya sudah pakai semen (bukan aspal) yang berada di dekat perumahan warga. Karena beberapa lama menyusuri jalan ini dan kagak ngeliat jalur yang bisa di lalui sama motor ke arah pantai, gue pun bertanya ke masyarakat sekitar yang kebetulan lewat.

Pantai Dasan Kerpuk

Berugak Penanda Jalan menuju Pantai Dasan Kerpuk

Pantai Dasan Kerpuk

jalan bersemen menuju Pantai Dasan Kerpuk

Dan ternyata, jalan menuju ke pantai ini harus melewati jalur tanah bersampah, tanah lapang dan juga semak-semak belukar. Dan disinilah gue baru tahu nama pantai ini. Pantai ini bernama Pantai ini bernama Pantai Dasan Kerpuk. Walaupun gue gak nanyak apa alasannya dikasi nama kayak gitu, tapi gue ngerasa mungkin karena jalanan ke arah sini penuh dengan “Kerpuk” (debu).

Pantai Dasan Kerpuk

melewati jalan bersampah menuju Pantai Dasan Kerpuk

Pantai Dasan Kerpuk

tanah lapang menuju Pantai Dasan Kerpuk

Setelah melewati semuanya, gue pun akhirnya menemukan Pantai Dasan Kerpuk ini. Seperti yang udah gue duga, pengunjungnya pun hanya gue sendiri. Pantainya sepi, tapi benar-benar masih alami. banyak semak belukar khas tanaman pantai yang ada di sepanjang pesisir pantai. Pantainya berpasir hitam, dengan ombak yang kecil. Pantai ini termasuk dangkal, tidak ada fasilitas apapun seperti tempat berbilas, toilet, pedagang maupun tempat parkir, karena pantai ini memang benar-benar masih alami dan hampir tidak pernah didatangi oleh wisatawan. Lokasi pantainya bersih dan pemandangannya indah.

Pantai Dasan Kerpuk

celah semak menuju Pantai Dasan Kerpuk

Pantai Dasan Kerpuk

Pemandangan Pantai Dasan Kerpuk

Pantai Dasan Kerpuk

Pemandangan dari semak belukar Pantai Dasan Kerpuk

Walaupun belum ada penanda jalan dan jalanan yang kurang bagus, namun buat yang suka dengan pantai yang masih alami dan romantis, tempat ini cocok sekali untuk mengabadikan momen. Alhasil, gue yang lagi kesepian pun langsung berasa ramai *apaan. Tapi serius, tempat ini cocok banget buat melepas masalah yang butuh menyendiri, bebas teriak sekencang-kencangnya tanpa ada yang marahin.

Pantai Dasan Kerpuk

Pantai Dasan Kerpuk di Pringgabaya, Lombok Timur

Buat yang pengen cari sensasi baru dalam berwisata pantai, Pantai Dasan Kerpuk ini cocok buat didatangin.

(Visited 362 times, 1 visits today)


About

blogger - humoris - penyuluh perindustrian - sherlockian


'Pantai Dasan Kerpuk, si Indah yang masih Rahasia di Lombok Timur' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool