Pantai Ketapang Lombok Timur

Pantai Ketapang, Pesona Pantai di Pringgabaya Lombok Timur

Pantai Ketapang, Pesona Pantai di Pringgabaya Lombok Timur
5 (100%) 1 vote

Di beberapa tulisan gue sebelumnya, gue sering bilang kalo Lombok ini gak Cuma terkenal dengan yang namanya wisata alam doank kayak pantainya. Banyak wisata lainnya kayak wisata budaya, wisata kuliner dan juga wisata religi. Tapi yang namanya Lombok yah, emang gak bisa lepas dari kesan keindahan pantainya yang masih natural. Jangan heran, kalo ada ratusan nama pantai-pantai yang ada di Pulau Lombok ini.

Nah, kalo dibandingin dengan semua pantai di Pulau Lombok, Lombok Timur memang memiliki pantai yang relatif natural dibandingkan dengan yang lainnya. Salah satu pantai yang masih natural ini adalah pantai ketapang, yang juga biasa disebut pantai tanjung menangis.

Pantai Ketapang

penanda masuk pantai ketapang

Pantai ini berada di Kecamatan Pringgabaya, sekitar 40 km dari pusat Kota Selong. Jalanan menuju pantai ini sudah bagus, dengan perjalanan di samping kiri kanan dipenuhi dengan sawah yang luas. Belum lagi sinyal di sini sudah bagus, gue coba pake salah satu operator ternyata masih HSPA+.

Pantai Ketapang

pemandangan pantai ketapang

Dua kali gue pergi ke tempat ini, memang tetap aja bagus pemandangannya, tapi dibandingkan dengan pergi siang-siang, lebih baik pergi pas pagi hari. Selain bisa dapet menikmati sunrise, juga udara yang masih sejuk bisa menambah keindahan dari pantai ini.

Pantai Ketapang

pemandangan pantai ketapang di siang hari

Perjalanan ke tempat ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Emang sih jalannya bagus dan indah, tapi buat nemuin tempat ini lumayan tersembunyi. Kenapa? Karena buat kesitu mesti ngelewati jalanan pasar yang lagi ramai. Untungnya sekarang udah ada penanda di perempatan pasar menuju ke pantai ketapang ini. Dari penanda ini, kira-kira sekitar 3 Km lagi menuju pantainya. Buat masuk ke pantai ini, masih dikenakan tarif yang diambil secara swadaya oleh masyarakat. Bisa pake motor dan pake mobil juga kok.

Pantai Ketapang

plang di perempatan pasar pringgabaya menuju ke pantai ketapang

Pantai Ketapang

perjalanan menuju pantai ketapang lombok timur

Pantai Ketapang

kebun jagung di sepanjang jalan menuju pantai ketapang

Pantai ini lumayan bersih, dengan pasirnya yang hitam. Selain cocok untuk tempat santai bersama, tempat ini juga cocok untuk mandi karena airnya bersih dengan ombak yang kecil. Di tempat ini juga sudah tersedia tempat untuk berbilas, jadi gak usah takut lagi lengket-lengket pulang dari pantai. Selain itu, tempat ini juga udah ada pedagang dari masyarakat setempat dan musholla buat yang muslim untuk solat. Dermaga juga baru dibangun di tempat ini walaupun belum difungsikan. Jadi, masih ramai dijadiin tempat mancing atau sekedar selfie. Barisan pohon kelapa dan semak belukar di sepanjang pantai juga memenuhi sepanjang garis pantai. Dan juga pemandangan perbukitan rinjani juga bisa dinikmati dari tempat ini.

Pantai Ketapang

pemandangan pantai ketapang atau pantai tanjung menangis

Pantai Ketapang

dermaga pantai ketapang lombok timur

Oh ya, selain sebagai tempat wisata alam, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat untuk tradisi rebo buntung. Nah, buat lo yang belum tahu, rebo buntung itu sejenis tradisi pelepasan kepala kerbau ke laut dengan tujuan sebagai rasa syukur disertai solawat-solawata dan berdo’a agar tidak mendapatkan bencana di masa yang akan datang. Tradisi ini biasanya dilaksanakan pada bulan februari, ketika hari rabu, dan dijadikan sebagai perayaan adat yang dilaksanakan tetap setiap tahun.

Dari semua yang gue rasakan, tempat ini cocok banget jadi tempat wisata alam di Lombok Timur.

(Visited 3,069 times, 1 visits today)


About

blogger - humoris - penyuluh perindustrian - sherlockian


'Pantai Ketapang, Pesona Pantai di Pringgabaya Lombok Timur' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool