Pantai Kuranji Lombok

Pantai Kuranji, Fresh Fish Market di Lombok Barat

Pantai Kuranji, Fresh Fish Market di Lombok Barat
Vote Us

Liburan tidak melulu harus dimaknai berlebihan. Iya, liburan memang identik dengan jalan-jalan ke tempat yang “jauh” dari rumah. But this is serious, instead of menunggu waktu dan kesempatan yang tepat untuk liburan, kita selalu bisa menciptakan liburan ala kita sendiri. Well, like my story below, liburan ke pantai dekat-dekat rumah, hemat tapi super wow. Dan kalau kamu sedang di Lombok, this place could be your-early-morning-beach-escape! 

Namanya pantai Kuranji, di desa Mapak, kecamatan Labuapi, Lombok Barat. Pantai ini bisa dikategorikan underestimated, pantai yang dipandang sebelah mata. Setahu saya (dulunya) pantai ini memang tidak memiliki daya tarik khusus, selain laut biru sejauh mata memandang. Jarak rumah saya ke pantai ini sangat dekat. Aslik! Only 15 minutes by motorcycle, 30 menit bersepeda. When you’re around, just give me a call, and stop by my house. 

Saat kecil dulu, saya pernah kesini beberapa kali karena diajak keluarga ziarah ke makam bengak yang letaknya tak jauh dari pantai. Adik perempuan saya saat masih SD sering ke pantai ini untuk berburu tempenyol. Semacam hewan laut kecil yang bisa dimakan (tentunya setelah dimasak). Sekarang? Pantai ini nyaris kami lupakan.

Pantai Kuranji Lombok

Morning view menuju pantai Kuranji.

Sometimes you don’t know what leads you to go somewhere. And it happened to me. Tanpa rencana matang, saya iseng mengajak bibi dan sepupu yang menginap di rumah untuk ke pantai Kuranji. “Yuk, ke pantai Kuranji. Iseng aja, kali ada yang keren,” ujar saya, waktu itu. Jadilah kami berangkat pukul 06.30, bermotor santai ke Kuranji.

Sepanjang perjalanan, kami disuguhi pemandangan hijau dan hangat mentari pagi. Kami melewati jalan aspal yang sempit, namun masih cukup untuk dua mobil saling mengalah berpapasan. Sejuk dan asri.

Pantai Kuranji Lombok

Diapit sawah di kiri kanan. Nikmat mana yang kamu dustakan? Hehe

Keriuhan transaksi jual beli ikan menyambut kedatangan kami. Seru. Menyaksikan sekelompok orang berlarian menuju bibir pantai, menyambut perahu nelayan yang membawa ikan.

Pantai Kuranji Lombok

Perahu nelayan kembali pulang membawa ikan.

Hasil tangkapan kemudian dibawa ke pinggir dengan bak plastik, digelar, dihitung, dipisahkan berdasarkan ukuran, sebelum dijual ke pasar. Pasar ikan: first hand fish market, fresh from the sea. Wajar jika kemudian harga ikan di pantai ini dijual murah, setidaknya jauh dibawah harga pasar.

Pantai Kuranji Lombok

Gini nih..tinggal tawar doang ikannya! Fresh!

Satu ikat ikan kembung isi 5 dijual seharga Rp.50.000, which means 1 ikan dihargai Rp.10.000. Pilih ikan yang besar sekalipun, harganya masih tetap sama. Di pasar, ikan serupa sekilonya bisa dihargai Rp.35.000. So worth it buat ibu-ibu yang doyan dengan segala-yang-murah-meriah. Rasanya puas sekali bisa membeli 3 ikan besar dengan harga Rp.30.000. Jika ditimbang beratnya melebihi 1 kg. Saat sedang melimpah, harga ikan bisa jadi jauuuuh lebih murah.

Pantai Kuranji Lombok

Hasil berburu ikan! Hehehe 😀

Puas belanja ikan, saya berjalan santai menyusuri pantai, menapaki pasir hitam. Perahu nelayan masih terus berdatangan, bongkar muatan. Kita harus banyak bersyukur diberi laut yang subur. Lombok kurang apa, coba? Hehehe.

Pantai Kuranji Lombok

Menyusuri pantai berpasir hitam.

Pantai Kuranji Lombok

Jembatan pancing dari kejauhan.

Sepertinya pantai ini memang didesain untuk para pemancing. Di sebelah barat ada jembatan panjang yang menjorok ke tengah pantai. Pagi itu, tidak kurang dari 10 orang tengah asyik melontar pancing sambil bercanda. Beberapa ember terlihat sudah hampir penuh. Uniknya, umpan yang dipakai adalah potongan ikan kecil hasil tangkapan. Ikan makan ikan.

Pantai Kuranji Lombok

Seru bingit mancingnya!

Pantai Kuranji Lombok

This is worth capturing. Absolovely!

Satu lagi, jembatan pancing ini bisa jadi spot kece buat foto-foto. Cool!

Pantai Kuranji Lombok

This is it! Model jembatan pancing.

Di pantai ini, kita juga bisa menyaksikan dari dekat aktivitas masyarakat nelayan. And as always, masyarakat lokal selalu ramah dan menyenangkan diajak ngobrol.

Pantai Kuranji Lombok

Pemandangan kampung nelayan Kuranji.

Ah, Lombok memang kece. Selalu ada spot-spot baru yang bisa jadi pilihan wisata. The choice is in your hand! Yuk ke Lombok!

(Visited 461 times, 1 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Pantai Kuranji, Fresh Fish Market di Lombok Barat' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool