pantai lombok

Pantai Elak-Elak, Pantai Lombok Anti Mainstream

Pantai Elak-Elak, Pantai Lombok Anti Mainstream
Vote Us

Sekotong, Lombok Barat merupakan salah satu daerah di Lombok yang menyimpan banyak potensi wisata pantai cantik nan perawan yang masih bisa dengan bebas dan leluasa dikunjungi. Kalau ditanya pantai Lombok mana yang menjadi favorit saya, maka deretan pantai yang ada di sepanjang perjalanan di daerah Sekotong masuk dalam list saya. Karena lokasi daerah Sekotong yang butuh dua jam-an perjalanan dari Kota Mataram membuat saya tidak bisa sering berkunjung meskipun sebenarnya saya ingin, lumayan bikin pegel. Sekotong kemudian menjadi seperti seorang kekasih yang berada jauh di sana dan selalu dirindukan. Eaaa~ kesambet apa si Eka sok puitis.

pantai lombok

Sekotong, Lombok Barat merupakan salah satu daerah di Lombok yang menyimpan banyak potensi wisata pantai cantik nan perawan. Foto koleksi Loetfi Ono.

Untuk menuntaskan kerinduan itu suatu pagi di hari minggu saya bersama seorang teman bersiap-siap dari Mataram menuju ke Sekotong untuk jalan-jalan. Di Lombok mah gitu, jalan-jalan nggak perlu ribet dan berlama-lama persiapan karena objek wisata di Lombok relatif dekat dan aksesnya mudah dijangkau. Tidak seperti daerah lain yang kebanyakan perlu persiapan serta waktu yang lama untuk ke sana ke mari. Kami tidak punya tujuan jelas akan ke tempat wisata mana yang akan kami kunjungi di Sekotong. Saat itu kami hanya ingin berkeliling menikmati pantai Lombok yang berada di sepanjang jalan di Sekotong.

wisata pantai

Pemandangan sepanjang perjalanan di daerah Sekotong benar-benar memanjakan mata, hati, juga pikiran. Foto koleksi Loetfi Ono.

Baca Juga : Gili Layar, Lombok kinda best place escape ?  Di sini

Dengan sepeda motor kami melesat dan sepanjang perjalanan saya tidak tahan berlama-lama untuk menutup mata. Pemandangan sepanjang perjalanan di daerah Sekotong benar-benar memanjakan mata, hati, juga pikiran. Bau laut yang khas tercium dengan mudah meski kami berada di atas motor, terik matahari cerah menyinari, pemandangan laut lepas yang biru dengan hijau perbukitan juga bakau sejauh mata memandang begitu menyenangkan dan menenangkan.

pantai di lombok

It’s blue sea and blue sky. Tjakeup! Foto koleksi Loetfi Ono.

Dengan memperlambat kecepatan sepeda motor yang kami kendarai kami mencoba menikmati keindahan ini dari atas motor. Sampai akhirnya kami memutuskan untuk berhenti di suatu pantai yang saat itu sangat sepi pengunjungnya. Hanya terlihat satu dua tiga orang. Nama pantai Lombok yang kami datangi ini adalah pantai elak-elak. Untuk masuk ke salah satu lokasi wisata di Lombok ini bisa dengan mudah saja. Saat itu kami masuk tanpa perlu bayar tiket masuk dan parkir. Pantai elak-elak ini tepatnya terletak di di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong Barat, Kabupaten Lombok Barat.

 

 

objek wisata di lombok

Airnya minta diceburin banget. Bening~ Foto koleksi Loetfi Ono.

Bagi orang yang bukan berasal dari Lombok tentu asing dengan kata elak-elak. Elak-elak merupakan bahasa sasak, bahasanya masyarakat Lombok. Elak berarti lidah. Menurut cerita, konon katanya, pantai ini diberi nama seperti itu oleh masyarakat setempat karena pantai elak-elak ini merupakan sebuah tanjung yang menjorok ke laut yang bentuknya mirip seperti lidah. Di pantai ini wisatawan bisa menikmati suasana tenang dan sepi karena memang tidak banyak pengunjungnya seperti kebanyakan pantai Lombok yang sudah mainstream. Jadi para wisatawan yang mungkin sudah bosan dengan pantai yang itu-itu saja di Lombok, yang setiap hari ramai dipadati pengunjung, pantai elak-elak yang bisa dibilang anti mainstream beach in Lombok ini bisa jadi pilihan.

wisata pantai elak elak

Bening airnya, godaan yang tak bisa ditepiskan untuk main air. Foto koleksi Loetfi Ono.

Seperti saat kami berkunjung ke pantai elak-elak ini, kami bisa dengan damainya menikmati suasana dan panorama pantai ini. Selain memang pemandangan yang kece, jernihnya air di pantai ini membuat kami tak bisa menepikan rasa ingin untuk menyelami pantai ini. Ditambah lagi pasir pantainya yang putih dengan riak ombak kecil bikin pantai elak-elak ini cukup aman untuk berenang. Sayangnya karena saat melakukan perjalanan dalam rangka menyusuri pantai Lombok ke daerah Sekotong itu kami tidak terpikirkan untuk berenang, jadi kami tidak membawa baju ganti alhasil dengan berat hati kami tidak bisa menikmati jernihnya biru air di pantai elak-elak ini.

Tidak jauh dari pantai elak-elak terdapat gili yaitu sebutan untuk pulau kecil. Pulau kecil yang tak berpenghuni ini berada di sudut utara pantai. Gili ini oleh masyarakat setempat disebut dengan Gili Penyu. Dinamakan begitu karena memang bentuknya yang samar-samar terlihat seperti penyu. Gili penyu ini hanya berjarak 150 meter dari pantai. Saat air laut sedang surut kita bisa dengan mudah berjalan ke Gili Penyu ini, begitu kata pengunjung yang kebetulan saat itu kami temui di pantai elak-elak.

Karena air sedang pasang saat itu, jadi kami pun tidak bisa menyeberang ke Gili Penyu dan memutuskan untuk kembali mencari spot lain. Kami melanjutkan perjalanan sampai ke daerah Pelangan, Sekotong dengan hanya melihat-lihat pantai dari pinggir jalan saja. Itu saja rasanya sudah cukup. Singkat cerita, setelah merasa puas dimanjakan dengan panorama pantai-pantai di Sekotong ini kami pun kembali pulang.

Naaahh jadi gitu ceritanya! Saat kalian berkesempatan wisata ke lombok, kalian bisa coba ke pantai elak-elak ini kalau ingin merasakan liburan yang khusyu’ dan damai ke pantai yang pengunjungnya tidak ramai seperti pantai elak-elak ini. Yuk lah bergegas ke Lombok!

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Paket Wisata Murah
(Visited 433 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Pantai Elak-Elak, Pantai Lombok Anti Mainstream' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool