Pantai Mandalika, Pantai Yang Penuh Romantika

Pantai Mandalika, Pantai Yang Penuh Romantika
5 (100%) 1 vote

Pantai Kuta aka Mandalika! Ini dia primadona pantai di Lombok selain Pantai Senggigi.

Pantai ini merupakan salah satu pantai favorit di wilayah Kabupaten Lombok Tengah. Dulunya Pantai Mandalika ini disebut Pantai Kuta karena berlokasi di Desa Kuta, Lombok Tengah. Seiring dengan adanya program Visit Lombok Sumbawa 2012 dan keinginan untuk lepas dari brand image Pantai Kuta Bali yang sangat kuat, maka mulailah disosialisasikan perubahan nama Pantai Kuta menjadi Pantai Mandalika (tapi sepertinya masih disebut Kuta Lombok sampai sekarang). Entah karena kurang sosialisasi atau karena nama Kuta sebagai nama desa lokasi pantai. Nama ini tak lepas dari cerita rakyat yaitu legenda Puteri Mandalika yang menerjunkan dirinya ke laut dan konon dipercaya menjelma menjadi cacing laut yang disebut Nyale.

Eksotisme Pantai Mandalika Kuta - Lombok Tengah

Eksotisme Pantai Mandalika Kuta – Lombok Tengah

Salah satu keunggulan pantai ini adalah airnya jernih dengan ombak tenang yang memikat. Pada saat surut, akan mudah sekali menemukan biota laut yang hidup di dalamnya. Selain ganggang, bintang laut dan teripang adalah contoh biota laut yang banyak terdapat di pantai ini.

pasir kuta

Pasir Unik Pantai Mandalika berbentuk butiran seperti biji merica

Keunggulan lain dari Pantai Mandalika ini yaitu berpasir putih dengan tekstur seperti butiran biji merica. Selain itu kawasan pantai ini dikelilingi perbukitan yang hijau, terutama pada saat musim penghujan. Pada bagian tengah ada tumpukan karang yang menjorok ke laut. Lokasi ini sangat cocok digunakan oleh penyuka fotografi. Beberapa spot sangat menarik, misalnya bukit yang ditumbuhi sebatang pohon dengan ranting-ranting menjuntai yang keluar dari tumpukan karang tersebut. Dari titik ini bisa didapatkan foto landscape yang memukau perpaduan antara garis pantai, air laut dan bukit.

Kuta Cliff

Panorama sekitar karang menjorok Pantai Mandalika

Karang yang menjorok ke laut di Pantai Mandalika

Karang yang menjorok ke laut di Pantai Mandalika

Di sepanjang pantai selain tumbuh pohon-pohon yang rindang untuk berteduh juga dilengkapi dengan beberapa berugaq (istilah Sasak untuk menyebut gazebo) untuk beristirahat. Di pantai ini juga sudah dilengkapi dengan musala dan toilet umum. Pantai Mandalika terbuka untuk umum dan tidak diperlukan tiket masuk, hanya cukup membayar parkir untuk sepeda motor Rp 5.000,- dan mobil Rp 10.000,- kita sudah dapat menikmati keindahannya.

Keberadaan Pantai Mandalika didukung oleh keberadaan areal parkir yang luas dan deretan pedagang yang menjual minuman dan makanan ringan. Selain itu, Pantai Mandalika berada pada posisi yang strategis dan mudah dijangkau dengan menggunakan berbagai sarana transportasi. Menuju Pantai Mandalika diperlukan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari Mataram. Adapun rutenya adalah sebagai berikut : Mataram – By Pass BIL – Bandara Internasional Lombok (BIL) – Pujut – Sengkol – Rembitan – Kuta. Sedangkan dari Bandara Internasional Lombok (BIL) hanya dibutuhkan kurang lebih 20 menit saja untuk mencapai Pantai Mandalika. Berbagai penginapan dengan berbagai kelas tersedia di sekitar kawasan wisata Kuta Lombok Tengah. Silahkan booking hotel Lombok di sini.

sisi kanan pantai kuta

Sisi Kanan Pantai Mandalika Kuta

sisi kiri pantai kuta

Sisi Kiri Pantai Mandalika Kuta

Pantai inilah yang digadang-gadang menjadi ikon pantai di Lombok, NTB setelah Pantai Senggigi di Lombok Barat tentunya. Kawasan Kuta termasuk wilayah inti dalam pengembangan Mandalika Resort yang nantinya diharapkan menjadi pusat pariwisata terpadu di Lombok Tengah lengkap dengan sarana prasarana serta fasilitas layaknya objek wisata kelas dunia.

Pantai Mandalika, pantai yang penuh romantika.

(Visited 3,412 times, 6 visits today)


About

Admin @infolombok l Suka menggalau di akun @bli_arie yang hobi ke sana ke mari ke mana-mana dan sangat mencintai makanan (tanpa sayur)!


'Pantai Mandalika, Pantai Yang Penuh Romantika' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool