Pantai Obel-obel, Pantai di balik bukit Sembalun Lombok Timur

Pantai Obel-obel, Pantai di balik bukit Sembalun Lombok Timur
5 (100%) 1 vote

Ini adalah lanjutan kisah perjalanan gue ke sembalun beberapa minggu lalu. Jadi ceritanya gue punya binaan Industri Kecil Menengah berupa sentra kain tenun tradisional di Sembalun yang beberapa waktu lalu pernah gue tulis juga. Nah, yang namanya Sembalun ini, tempat wisatanya buanyaaaaaak! Buanyaaaakkk banget! Hampir sepanjang jalan sebelum dan setelah sampai di Sembalun merupakan tempat wisata asyik untuk bisa dinikmati.

jalan turun dari sembalun ke sambelia

jalan turun dari sembalun ke sambelia

Nah, cerita gue kali ini tentang Pantai pertama kali ditemukan setelah menuruni Perbukitan Sembalun menuju ke Daerah Kecamatan Sambelia.

perjalanan menuruni bukit sembalun

perjalanan menuruni bukit sembalun

Sambelia merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Lombok Timur yang merupakan daerah “Terjauh” dari Kota Selong. Bayangin aja, ke sini tuh butuh waktu minimal 1,5 jam loh dari pusat Kota Selong.
Walaupun jauh gitu, Sambelia ini menyimpan banyak pantai di sepanjang perbatasan Timur daerahnya loh, salah satunya adalah pantai obel-obel. Pantai obel-obel ini berada tepat ketika menuruni Perbukitan Sembalun. Uniknya, pantai ini bener-bener berada di balik Perbukitan Sembalun yang dipesisirnya dipenuhi oleh persawahan jagung, bawang dan padi. Jangan heran kalau pertama kali ke sini mungkin lo gak bakalan nyangka ada pantai setelah menuruni perbukitan Sembalun. Sebenarnya pantai obel-obel ini ada dua, pantai obel-obel dan pantai obel-obel 2, yang jaraknya terpaut sekitar 2-3 Km.

Untuk sampai ke pantai obel-obel ini, mesti menuruni jalan perbukitan menurun dari Sembalun. Kalau sudah menemukan jembatan penghubung antara Sembalun dan Sambelia, itu berarti pantai ini sudah dekat loh. Diinget-inget yah 😀

jembatan penghubung sembalun dan sambelia

jembatan penghubung sembalun dan sambelia

Jarak dari Sembalun (patokannya sekitar kantor Camat Sembalun) ke pantai obel-obel di daerah Sambelia ini sekitar setengah jam, lumayan jauh lah. Dan pastikan bawa jaket yah ke sini, soalnya daerah ini panas!!!

sawah di pinggir pantai obel-obel sambelia lombok timur

sawah di pinggir pantai obel-obel sambelia lombok timur

Sesampainya di pantai obel-obel ini, hal pertama yang akan kontras menjadi pusat perhatian adalah sebuah pohon besar tunggal yang berdiri kokoh di belokan menuju jalan raya Sambelia. Pohon tunggal ini berada di pesisir pantai obel-obel dengan daun yang lebat dan batang yang lumayan besar, cocok buat istirahat.

pohon besar di pinggir pantai obel-obel sambelia lombok timur

pohon besar di pinggir pantai obel-obel sambelia lombok timur

Di samping pohon tersebut ada 3 warung yang berdiri semi permanen, yang menjual berbagai makanan untuk para pengunjung, diantaranya nasi goreng, bakso dan es campur.

Dan pastinya yang tidak kalah bagus yang menjadi perhatian adalah pantainya. Pantai obel-obel ini berjenis pantai landai yang tidak dalam, berpasir hitam dengan pesisir pantai yang panjang.
Pantai obel-obel ini bisa dibilang sepi, karena selain tidak adanya tempat berbilas, letaknya yang lumayan jauh dari pusat kota Selong bisa jadi faktor kurangnya pengunjung. Padahal Pantainya berombak kecil dan airnya jernih banget loh. Jadi cocoklah buat tempat bermandi ria bersama keluarga. Buat foto-fotoan juga gak kalah bagus view-nya loh, soalnya banyak spot bagus untuk mengabadikan momen.

pantai obel-obel sambelia lombok timur

pantai obel-obel sambelia lombok timur

Oke, segitu aja cerita gue ke pantai obel-obel, buat lo yang belum pernah ke sini, cobain dulu sebelum berkomentar *loh 😀

(Visited 1,196 times, 1 visits today)


About

blogger – humoris – penyuluh perindustrian – sherlockian


'Pantai Obel-obel, Pantai di balik bukit Sembalun Lombok Timur' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool