Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak Lombok, Serpihan Surga Itu Disini

Pantai Selong Belanak Lombok, Serpihan Surga Itu Disini
5 (100%) 2 votes

Pantai di Lombok memang tidak ada habisnya. Pulau ini tidak hanya terkenal dengan pulau seribu masjid, tapi juga bisa dibilang sebagai pulau seribu pantai. Banyak pilihan pantai dengan ciri khasnya yang beragam yang bisa dikunjungi disini. Tidak salah kalau mengatakan jika “that piece of heaven is here, in little Lombok”.

Beberapa waktu lalu saya melakukan perjalanan bersama beberapa teman. Tujuan kami adalah menyingkap serpihan surga bernama Selong Belanak. Selong Belanak merupakan pantai yang terletak di Pujut, Praya, Lombok Tengah. Ini adalah kali kedua saya mengunjungi pantai ini. Sebelumnya, saya sempat camping di pantai ini sekitar 10 tahun lalu saat Selong Belanak menjadi lokasi acara budaya tahunan Bau Nyale yaitu sebuah ritual budaya memburu cacing laut yang dipercaya oleh masyarakat Lombok sebagai jelmaan Putri Mandalika dalam cerita legenda Lombok.

Setelah momen Bau Nyale yang sudah bertahun tahun lamanya tersebut, hingga saya lupa bagaimana rupa Pantai Selong Belanak. Ternyata pantai ini sungguh indah. Banyak yang berubah dari saat pertama kali saya berkunjung kesini. Salah satu contoh yang paling terasa perubahannya adalah akses jalan yang mulus beraspal sehingga lokasi pantai ini mudah dijangkau.

Pantai Selong Belanak

Pemandangan hijau perbukitan dan kondisi jalan beraspal menuju ke Pantai Selong Belanak.

Pantai Selong Belanak

Pemandangan Pantai Selong Belanak dari kejauhan.

Sesaat sampai di Pantai Selong Belanak setelah melakukan perjalanan selama kurang lebih 2 jam dengan kendaraan bermotor, kedatangan langsung disambut dengan deretan rumah bedek yang tampak dari kejauhan. Rumah-rumah bedek ini adalah deretan lapak para pedagang yang menjajakan beragam kuliner bagi para pengunjung. Sebelum memasuki kawasan pantai, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah untuk satu sepeda motor.

Selesai dengan urusan parkir, kami bergegas masuk ke kawasan pantai. Teriknya matahari siang, birunya langit tanpa awan menyatu dengan birunya laut yang seperti memanggil untuk didekati. Tidak peduli seterik apapun hari itu, Selong Belanak dengan pesonanya tidak bisa begitu saja diabaikan. Beberapa aktifitas yang umumnya dilakukan disini adalah berenang, surfing dan sunbathing.

Pantai Selong Belanak

Sejumlah wisatawan tengah menikmati pemandangan Pantai Selong Belanak.

Pantai Selong Belanak

Dua orang wisatawan asing hendak berselancar di Pantai Selong Belanak.

Birunya air laut yang bergradasi memang sangat menggoda untuk diselami. Selain itu ombak yang cukup tenang menambah asiknya berenang. Tidak sedikit juga turis yang datang ke Selong Belanak untuk surfing. Bagi yang ingin mencoba berselancar, jangan khawatir karena disini banyak tersedia tempat menyewa papan selancar. Sementara itu bagi yang senang berjemur dipantai ,sangat tidak salah untuk menikmati matahari diatas lembutnya permadani pasir putih Pantai Selong Belanak. Pasir pantai di Selong Belanak memang istimewa. Pasirnya putih, bersih dan lembut, berbeda dengan pasir pantai lainnya yang biasanya kasar dan membuat kaki terasa sakit saat berjalan. Karena lembutnya pasir pantai inilah, aktifitas sederhana seperti menghabiskan waktu untuk sekedar berjalan menyusuri pantai pun akan terasa menyenangkan.

Sunbathing

Berjemur di Pantai Selong Belanak.

Pantai Selong Belanak

Lembutnya permadani pasir putih Pantai Selong Belanak.

(Visited 485 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Pantai Selong Belanak Lombok, Serpihan Surga Itu Disini' have 4 comments

  1. May 28, 2015 @ 1:43 am Arde Petualang

    Maaf kalau boleh saya ralat, Selong Belanak bukan di pujut tapi di praya barat lombok tengah, biar pembaca tidak nyasar kalau mau ke Selong Belanak

    Reply

  2. June 3, 2015 @ 12:11 pm pramanafajri

    bikin kangen kampoeng halaman ne

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool