Pantai Sira : “Another under-rated beach” di Lombok Utara

Pantai Sira : “Another under-rated beach” di Lombok Utara
5 (100%) 1 vote
Image00001

hello, sire beach #1

Jika dikelompokkan, paling tidak ada dua kategori pantai-pantai indah yang ada di Lombok. Yaitu pantai-pantai indah yang ramai oleh pengunjung karena terkenal seperti Pantai Senggigi, Pantai Kuta Mandalika, Pantai Pink, Pantai Mawun dan Pantai Selong Belanak. Satunya lagi pantai indah namun sepi pengunjung karena tidak terlalu dikenal. Contohnya Pantai Bumbang, Pantai Cemara, dan Pantai Kaliantan.

Ngebahas pantai di kategori pertama sih kayaknya udah terlalu umum, yes? 😀

Jadi, kali ini mari tambah referensi wisata Lombok anda dengan mengenal satu lagi pantai “under-rated” di Lombok. Tepatnya di Lombok Utara, namanya Pantai Sira (dibaca “sire” spt pada pengucapan kute bali).

Pantai yang berjarak kurang lebih 40 km dari Kota Mataram ini berada di Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok utara. Pantai Sira berjarak sekitar 5 km dari Dermaga Bangsal (tempat penyebrangan jika anda ingin ke Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno) atau sekitar 1 jam dari pusat kota Mataram.

Image00003

hello, sire beach #2

Ada dua pilihan rute yang dapat ditempuh dari Kota Mataram.

Rute pertama adalah Mataram – Gunung Sari – Pusuk Pass – Perempatan Bangsal – Pantai Sira. Dengan rute ini kita dapat menikmati keindahan Pusuk dan bermain-main dengan kumpulan monyet-monyet jinak di sepanjang jalan Pusuk Pass.

Sedangkan rute kedua adalah Mataram – Montong – Senggigi – Malimbu – Nipah – Perempatan Bangsal – Pantai Sira. Kelebihannya jika memilih rute ini adalah mata kita akan dimanjakan pemandangan indah pantai-pantai yang dilewati tersebut.

map

Pilihan terbaik dan fair enough adalah pergi lewat jalur pertama, pulangnya lewat rute kedua. 😀

***

Seperti halnya Pantai Bumbang dan Pantai Cemara, Pantai Sira ini sungguh under-rated alias sangat tidak diperhitungkan sebagai destinasi utama turis/wisatawan. Padahal daerah pantai ini kerap dilewati ketika wisatawan melewati dari Mataram ke Senaru atau Air terjung Sendang gila.

Walau under-rated, Pantai Sira sebenarnya sangat eksotis, selain pantainya yang bersih (pasir pantainya ada yang berwarna coklat dan berwarna putih), kumpulan pepohonan kelapa yang rimbun dan rerumputan hijau di sisi pantai membuat pantai ini cukup asri. Buat yang tidak suka gosong-gosongan mendingan ga usah ke pantai :p dapat berteduh di sini.

hello sira beach

hello, sire beach #3

Beberapa alasan yang membuat mengapa pantai ini kurang terlalu populer mungkin karena tidak seperti di pantai senggigi dimana ada banyak fasilitas bagi pengunjung seperti toilet, penyewaan kano, ban ataupun alat snorkling. Dan terkadang ditemukan bulu babi yang membuat mereka yang ingin berenang menjadi was-was. Jadi biasanya warga sekitar yang datang/pengunjung hanya menikmati panorama sambil ber-piknik asoy di bawah pepohonan kelapa ataupun hanya berjalan-jalan di sekitar pantai sambil menanti sunset.

Image00005

pantai di depan hotel tugu

Image00002

hello, sire beach #4

Ketika sore cobalah berjalan ke arah Barat sisi pantai. Siapkan mata dan lensa kamera anda untuk pemandangan surya tenggelam yang cantik. Siluet Ketiga Gili di kejauhan dijamin menambah indahnya momen senja anda.

Bagi anda yang ingin ke atau dari Gili Trawangan, Meno ataupun Air rasanya mampir ke pantai sira ini bisa menjadi pilihan.

Image00004

hello, sire beach #5

***

Untuk anda yang ingin menginap di dekat Pantai Sira tak perlu khawatir karena terdapat cukup banyak hotel ataupun villa di sekitarnya. Seperti Hotel Tugu, Oberoi dll.

Image00013

hello, sire beach #6

Oiya, satu yang tak boleh anda lewatkan ketika ke Pantai Sira adalah adalah sate ikan Tanjung. Yes… mata anda tak salah baca. Ikan di-sate! Enak cuyyy!!!

Melipirlah sejenak ke Pasar Tanjung (sekitar 5 menit berkendara dari pantai) ada banyak pedagang sate ikan Tanjung. Setuju kan, kalau wisata tanpa mencoba kuliner lokal itu mana sempurna? 😀

***

Yuk segera jadwalkan liburanmu ke Lombok.

Referensi lain di Lombok bisa cek di hellolombokku ini 😀

Dong ayok ke Lombok! karena #LombokItuIndah 🙂

 

(Visited 697 times, 1 visits today)


About

blogger yang sangat mencintai lombok. impiannya sederhana, keliling Indonesia untuk menikmati keindahan alam dan budayanya. "menikmati hidup dengan mensyukurinya dan mensyukuri hidup dengan menikmatinya karena hidup itu indah" adalah tagline hidupnya. ^^


'Pantai Sira : “Another under-rated beach” di Lombok Utara' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool