Pantai Sokat, salah satu spot pantai di Lombok

Pantai Sokat, Pantai di Lombok yang Menawan Hati

Vote Us

Pantai Sokat adalah salah satu spot pantai di Lombok yang termasuk ke dalam kategori pantai “anti-mainstream dan masih sangat jarang yang mengetahui keberadaannya. Pantai cantik nan eksotis ini “tersembunyi” di bawah tebing yang cukup curam. Walaupun belum seterkenal Pantai Kuta Lombok atau Pantai Senggigi, tapi saya menjamin kalau Ezytravelers bakalan langsung dibuat jatuh cinta begitu melihat pesona pantainya yang begitu spektakuler. But, untuk bisa tiba di salah satu pantai di Lombok yang menawan ini dibutuhkan fisik dan mental yang kuat karena beratnya medan yang harus dilalui. Gimana Ezytravelers? Sanggup gak?! Well, kalau sanggup, simak cerita perjalanan saya dan salah seorang teman saya ketika mengunjungi pantai yang terletak di perbatasan Lombok Tengah dan Lombok Timur ini.

Jalur menuju Pantai Sokat, salah satu pantai di Lombok

Weekend lalu, salah seorang teman saya yang kebetulan sedang berlibur ke Lombok mengajak saya untuk menemaninya berkeliling ke beberapa pantai di Lombok. Dan kebetulan juga dia minta diajakin ke pantai-pantai yang anti-mainstream. Mendengar permintaannya saya pun menjadi tambah semangat untuk segera memulai perjalanan ini. Waktu itu, pilihan saya jatuh ke Pantai Sokat, pantai indah nan menawan di ujung selatan Lombok.

Ada beberapa alasan saya memilih Pantai Sokat sebagai tujuan “blusukan” kali ini, yaitu:

  1. Pantai Sokat memiliki panorama alam yang begitu menawan sehingga sangat cocok buat teman saya yang berprofesi sebagai fotografer. Hasil fotonya pasti akan ciamik.
  2. Pantai Sokat, tentunya, masih termasuk kategori pantai anti-mainstream sehingga bisa dipastikan tidak ada pengunjung lain selain kami. So, kami bisa bersuka ria dan berfoto-ria tanpa ada yang mengganggu.
  3. Medan jalan menuju Pantai Sokat ini benar-benar menantang dan sangat pas buat saya dan teman saya yang suka berpetualang.

Pukul 8 pagi, dengan mengendarai sepeda motor, kami pun berangkat dari Mataram menuju spot tujuan kami hari itu, yaitu Pantai Sokat. Perjalanan dari Mataram menuju pantai yang masih terletak di Kawasan Teluk Awang ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam dengan rute sebagai berikut: Mataram – Bypass BIL – Sengkol – Desa Mertak – Awang – Pantai Sokat. Medan jalan dari Mataram sampai Awang sudah diaspal dan nyaman dilalui. Nah, setelah melewati kawasan Teluk Awang, medan jalan mulai berubah total dari yang tadinya aspal mulus menjadi jalan tanah berbatu yang terjal dan curam. Namun disinilah letak tantangan dan “keseruan” dari perjalanan kami mengunjungi salah satu pantai di Lombok yang eksotis ini. Kami harus berjibaku dengan sekuat tenaga melewati jalanan yang hancur lebur dan penuh debu. Beberapa kali salah satu dari kami harus turun dari kendaraan untuk mendorong motor kami yang tidak kuat nanjak. Kalau masalah capek gak usah ditanya. Capek pasti iya, kepanasan juga iya, tapi demi pantai yang indah apapun akan kami lakukan, termasuk berjuang melewati jalanan “neraka” ini.

Setelah sekitar 3 KM melewati jalanan yang parah, akhirnya kami tiba di kaki bukit terakhir sebelum tiba di Pantai Sokat. Di kaki bukit ini, terdapat sebuah rumah milik warga. Nah, karena medan selanjutnya gak bisa dilalui kendaraan, akhirnya kami memutuskan untuk menitipkan kendaraan kami di rumah milik warga tersebut.

Setelah urusan titip-menitip selesai, kami pun kemudian mulai mendaki bukit terakhir menuju Pantai Sokat, pantai di Lombok yang keindahannya bagaikan serpihan surga kecil yang jatuh ke Bumi. Bukit yang kami daki tidak terlalu tinggi dan cukup landai, namun sangat gersang dan panas. Setelah berjalan sekitar 15 menit, tibalah kami di puncak bukit yang dipenuhi tanaman semak berduri ini. Dari puncak bukit ini, kami dapat melihat Pantai Sokat yang menawan terpampang nyata di depan mata. Kami langsung dibuat speechless dengan panorama alam yang begitu memukau ini. Teman saya pun langsung menyiapkan kameranya dan langsung memencet shutter-nya dengan wajah riang gembira. Setelah selesai mengambil foto, selanjutnya kami bersiap untuk turun menuju Pantai Sokat yang terletak di bawah tebing. Untuk bisa turun ke bawah, kami harus menuruni tebing yang curam dan terjal. Well, fortunately, di tebing yang kami lewati sudah terbentuk semacam tangga tanah yang bisa dilalui untuk bisa tiba ke Pantai Sokat.

Bukit terakhir sebelum tiba di Pantai Sokat, salah satu pantai di Lombok

Jalan turun menuju Pantai Sokat, salah satu pantai di Lombok

Setelah menuruni tebing dengan penuh kehati-hatian, finally here we are! Kami tiba di Pantai Sokat, salah satu spot pantai di Lombok yang sungguh menakjubkan! Sungguh senangnya hati kami. Rasa lelah dan perasaan was-was kami terbayar lunas dan mendapat bonus berupa pemandangan pantai yang begitu eksotis.

View Pantai Sokat dari atas bukit, salah satu pantai di Lombok

Berpose di tebing Pantai Sokat, salah satu pantai di Lombok

Pantai Sokat memiliki garis pantai yang landai dan cukup panjang. Pasirnya putih halus dan lembut. Air lautnya bersih, jernih, bening (crystal clear water) dan berwarna hijau toska. Ombaknya kecil dan lautnya tenang. Pantai ini diapit oleh tebing tinggi dikedua sisinya dan di beberapa sudut pantai terdapat bebatuan dengan berbagai macam jenis dan ukuran.

Tiba di Pantai Sokat, teman saya langsung menyiapkan camera gear -nya dan mulai berjalan sendiri mencari spot foto. Sedangkan saya duduk sendiri di bawah pohon menikmati atmosfer Pantai Sokat yang begitu luar biasa. Benar-benar tenang dan damai, pantai ini berasa milik pribadi. Angin sepoi-sepoi yang sejuk dan bertiup dengan lembut membuat mata saya mulai mengantuk. Dan saya pun dengan perlahan mulai tertidur di bawah rimbunnya pepohonan.

Jernihnya Pantai Sokat, salah satu pantai di Lombok

Indahnya Pantai Sokat, salah satu pantai di Lombok

Sekian lama berselang, teman saya datang dan membangunkan saya. Saya pun terbangun dari tidur yang cukup lelap. Setelah itu, kami berdua langsung menuju pantai dan menikmati air laut Pantai Sokat yang segar menggelegar. Kami bermain pasir, ombak dan berenang dengan bebas di air yang bening. Sungguh hari yang indah!

Capek bermain air, kami kemudian duduk istirahat di bawah pohon menikmati makan siang yang kami bawa. Duduk santai di bawah pohon yang rimbun menikmati makan siang ditemani angin sepoi-sepoi yang sejuk sambil memandangi indahnya Pantai Sokat membuat semuanya terasa sempurna! Oh my, rasanya seperti berada di surga!

Berfoto ria di Pantai Sokat, salah satu pantai di Lombok

Bermain air di Pantai Sokat, salah satu pantai di Lombok

Well, tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 3 sore dan itu artinya kami harus segera beranjak pulang. Sebenarnya kami masih sangat betah di sini dan belum mau beranjak, tapi waktu belum mengizinkan. Mau camping tapi kami belum siap dan tidak membawa camping gear. Rasanya kami sudah jatuh hati dengan Pantai Sokat yang menawan ini.

Finally, kami pun beranjak pulang dengan perasaan riang gembira dan tentunya bathin yang terpuaskan. Dengan melewati jalur yang sama, kami kembali harus berjibaku melewati medan jalan yang sangat “menyiksa”.

Mau jalan-jalan? Temukan pilihannya di sini: Paket Wisata Murah

Well, bagi ezytravelers yang suka blusukan, maka spot pantai di Lombok yang satu ini wajib dikunjungi.

Sekian dulu kisah petualangan kami mengunjungi Pantai Sokat, serpihan surga kecil di selatan Lombok. Sampai jumpa pada cerita selanjutnya!

 

(Visited 331 times, 1 visits today)


About

Son of the Beach


'Pantai Sokat, Pantai di Lombok yang Menawan Hati' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool