pantai-tebing-lombok

Pantai Tebing Lombok, Saksi Bisu Gunung Samalas

Vote Us

Ayo ke Pantai Tebing Lombok! Hamparan pasir hitam seakan menyerap panas matahari yang begitu terik siang itu. Deburan ombak melahap bibir pantai, tapi tidak mengurangi suhu udara. Tebing-tebing yang menjulang tinggi terlihat sedang congkak berdiri. Garis-garisnya seakan tergurat oleh kapak-kapak raksasa yang mengirisnya dengan kasat mata.

Tak ada tempat untuk berteduh di bagian pantai yang bisa menyelamatkan dari sengatan surya siang itu. Daun pepohonan tampak melambai dari jauh, dari ketinggian +-25 meter di atas tebing. Saya sedikit merapatkan jaket yang melekat pada kulit, jika ingin berteduh setidaknya saya harus berjalan mendekat ke arah sisi tebing. Tempat wisata Lombok memang selalu memiliki keunikan masing-masing.

Pengen Makan di Tempat Eksotik, Mampir Roemah Langko

Pantai Tebing Lombok

sumber: google.com

Terik matahari sejujurnya tidak mengurangi eksotisnya Pantai Tebing Lombok yang menjulang tinggi dan memanjang dari utara hingga ke selatan sekitar 50 meter. Beberapa pengunjung yang datang siang itu tak terlalu peduli akan cuaca panas, mereka tetap saja asik menikmati keindahan Pantai Tebing Lombok. Tampak juga kecerian wajah anak-anak yang bermain pasir hitam. Tidak perlu diragukan lagi, banyak pengunjung yang mengambil foto bahkan untuk sekedar ber-selfie-ria. Wisata di Lombok memang sangat instagramable.

pantai-tebing-luk-lombok-utara

Pantai Tebing Lombok ini terletak di Dusun Luk, Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Dengan mengendarai motor dari kota Mataram, kurang lebih 1,5 jam saya dan partner hidup saya sampai ke lokasi pantai Tebing Lombok. Namun sedikit disayangkan, belum ada penginapan di sekitar sana. Padahal hotel di Lombok cukup banyak.

pantai-tebing-lombok-utara

Pantai Luk, masyarakat setempat mengenal dengan nama itu. Sedangkan wisatawan lebih mengenal dengan sebutan pantai Tebing karena deretan tebing di sepanjang pantai. Tapi menurut beberapa info yang saya baca sebelum bertandang ke pantai Tebiang, dikatakan bahwa tebing kapur putih itu merupakan “monumen” dari letusan gunung Samalas atau gunung Rinjani Tua atau yang sekarang dikenal sebagai gunung Baru Jari.

Hari sabtu sebelumnya saya sedang iseng-iseng membuka sosial media seorang teman. Kebetulan sekali melihat foto dia dengan latar tebing yang cantik. Saya berpikir dia berada di perbukitan entah di mana gitu, setelah melihat captionnya, ternyata dia di pinggir pantai.

pantai-tebing-lombok-utara

Berbekal ke-kepo-an saya terhadap foto seorang teman, mulai lah saya berselancar di dunia maya. Mencari info sebanyak mungkin tentang pantai Tebing. Sudah banyak info terkumpul, saya langsung mengajak partner hidup saya untuk pergi piknik ke pantai tebing di Kabupaten Lombok Utara.

Aih, sepanjang perjalanan saya mulai berimajinasi. Tebing menjulang tinggi, pasir hitam, semilir angin dan tentu saja berpikir akan foto dengan pose seperti apa. *hehehe… Maklum, kaum narsis memang selalu memikirkan hal yang akan dilakukan ketika berada di tempar keren. Lombok merupakan pulau surga yang memiliki  jutaan tempat untuk bisa bernarsis ria.

Pantai Tebing Lombok

Ciamik

Ini karena bangun kesiangan, kami berangkat dari kota Mataram dengan terburu-buru. Tak membawa banyak bekal, tapi jangan khawatir di sana tak jauh dari lokasi pantai sudah banyak penjual makanan dan minuman. Saya jadi tidak khawatir kelaparan dan kehausan di suhu udara yang sangat panas.

Nah untuk Ezytravelers yang ingin pergi ke pantai Tebing juga seperti kami. Jika kalian berangkat dari kota Mataram, ada dua jalur yang bisa kalaian lalui. yang pertama adalah melalui jalur Pusuk, tentu saja di jalur ini kalian akan ditemani dengan suasana hijau. Hamparan bukit, petakan sawah, dan tentu saja juga rindangnya pepohonan.

Mau jalan-jalan?
Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel lombok, tour murah, dan tiket pesawat Lombok

Jalur kedua adalah melalui jalur Senggigi, tentu saja kalian bisa memanjakan mata dengan panorama yang sangat cantik. Menikmati pesisir pantai, birunya laut, gulungan ombak. Dari jalur ini tentu saja bisa melihat 3 Gili cantik yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan dari kejauhan. Hijaunya perbukitan juga memanjakan mata, kontras sekali antara laut dan bukit dalam satu frame perjalanan.

Kalau kalian tau desa Bayan di Lombok Utara, nah ke pantai Tebing Lombok ini melalui jalan utama yang menghubungkan kota Mataram dan Desan Bayan. Ah, perjalanan kami belum selesai, masih ada beberapa tempat yang sedang ingin kami jelajahi di Lombok Utara. Akan ada sebuah acara adat yang ingin kami ikuti. Hey, bawa pulang sampahmu! Jangan kotori pantai, sayangi alam ya…

Salam Cihuy~

(Visited 968 times, 3 visits today)


About

Simply Complicated


'Pantai Tebing Lombok, Saksi Bisu Gunung Samalas' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool