pasar tradisional lombok

Yuk! Jalan-Jalan ke Hari Pekenan ala Lombok

Vote Us

Wisata selalu punya berbagai perspektif. Tidak melulu tentang indahnya pantai, gunung, atau air terjun. Hal-hal yang biasa saja, bisa jadi sesuatu yang unik lewat kacamata yang berbeda. Often time, it is all about packaging! Bahkan, pasar tradisional pun menarik untuk menjadi spot wisata. Ahaa! So, di postingan kali ini, saya akan bercerita tentang hal-hal yang mungkin Ezytraveler temukan di pasar di Lombok.  Memang ada yang menarik dari pasar tradisional? Menurut saya: BANYAK!! So here we go!

Pertama, kita harus tahu konsep hari pekenan atau hari pasaran. Jadi dalam satu minggu, akan ada satu hari khusus yang disebut sebagai hari pekenan. Misalnya, nih, di Kediri, hari pasarannya jatuh pada Jumat. Di Sengkol, hari pasarannya jatuh pada Kamis. Ganti dan Beleka jatuh pada Rabu. Praya, di hari Sabtu. Empat nama daerah terakhir berada di Lombok Tengah. Hal yang sama berlaku juga di Lombok Barat atau Lombok timur. Penentuan hari pekenan ini, biasanya berdasarkan kesepakatan sesepuh desa di masa lampau. Di beberapa daerah ada kaitannya juga dengan pemuka/tokoh agama yang saat itu menyaratkan/melakukan kegiatan khusus pada hari tersebut.

Suasana di pasar tradisional lombok

The atmosphere!

Konsep hari pekenan biasanya hanya ada di pasar tradisional kecil di daerah. Untuk pasar utama yang menjadi stockist umumnya tidak mengenal istilah ini.

Apa yang spesial dari hari pekenan?

Pertama adalah jumlah pedagang dan barang yang jumlahnya jauh lebih banyak dan beragam dibanding hari-hari biasanya. Jadi kalau Ezytravelers mau mencari sesuatu yang berbeda di pasar tradisional, first ask, kapan hari pasarannya? Hehehe..

Jika di hari-hari biasa yang dijual adalah kebutuhan umum dapur sehari-hari, maka di hari pekenan, banyak barang-barang sekunder yang dijual. Here’s the list!

l

Jajanan pasar! (foto:

tiket mudik murah

Yang pertama adalah pakaian dan aneka kebutuhan sandang lainnya. Mulai dari pakaian seragam, sampai baju adat. Kain sasak, jilbab, sandal, sepatu. Ditambah lagi penyedia jasa jahit on the spot. Ini khusus bagi yang menjahit kain atau ingin sekedar menguatkan jahitan dari barang yang dibeli.

jasa jahit di pasar tradisonal

Jasa jahit! Itu salah satu motif khas Lombok Selatan (foto: Lombok island)

Next, pedagang obat dan hewan unik lainnya. This one made me surprise! Entah darimana datangnya, tapi mereka akan membawa hewan-hewan unik (yang sebetulnya dari sisi sains ada penjelasan ilmiahnya) semisal kadal yang ekornya bercabang dua, belut putih, dan sebagainya..dan sebagainya..yang mana hewan-hewan ini diyakini berkhasiat obat.

Lekok Buak di pasar tradisional

Lekok Buak

pedagang-di-pasar-tradisional

old merchant

Selanjutnya, alat-alat pertanian, aneka pisau, keris dan sejenisnya. Ada juga tali-temali, aneka jenis karung, topi dan tas unik. It’s like all you can get! The best thing is, para pedagang akan menjelaskan dengan detail barang-barang dagangan mereka. Sometimes, di balik benda-benda tersebut ada cerita-cerita unik yang menyertainya.

pedagang tembakau

Pedagang tembakau biasanya membolekan pembeli icip-icip. Ini tembakau pilit (lipat) yang biasanya dipakai untuk begawe.

Ups! Not to forget second-hand stuff. Yapsss.. ada banyak pakaian seken alias preloved yang dijual di pasar tersebut. Kalau telaten dan memang serius pengin beli, kita bisa mendapat barang-barang yang worth it! Beberapa bahkan ada yang dilelang sampai di angka 1 k-5k. Wewww! Emang sih, jumlahnya nggak sebanyak barang yang dijual di pasar preloved Karang Sukun, tapi lumayan banget kok!

gurita di pasar tradisioanal lombok

Dried Octopus!

Buat penyuka kuliner Lombok, jangan khawatir! Ini juga adalah tempat untuk berburu aneka jajanan tradisional Lombok.

kenango di pasar tradisional

Kenangao aka walang sangit

Biasanya pada hari pekenan di pasar tradisional, kita juga bisa dengan mudahnya menemukan market performer, hehe..alias orang-orang yang mencari peluang dengan cara menjadi pengamen atau menunjukkan bakat seni lainnya. beberapa di antara pelaku seni ini biasanya memiliki keterbatasan fisik.

Keunikan lainnya adalah keberadaan dagangan yang kadang sangat spesifik atau dalam jumlah besar hanya bisa ditemukan di pasar tertentu saja. Meski untuk barang-barang lainnya, biasanya relatif sama. Misalnya nih, di Sengkol kita dapat dengan mudahnya menemukan penjual gurita (keluarga cumi), baik dalam keadaan masih segar ataupun sudah dikeringkan.

Buruan langsung terbang ke Lombok! Booking hotel murah & Tiket pesawat Jakarta Lombok. Wow! Ada paket tour murah juga untuk Ezytravelers.

Hari pekenan di pasar tradisional adalah momen untuk belanja lengkap dengan harga yang umumnya lebih murah dibandingkan pada hari biasa. Dengan jam buka pasar yang lebih awal, pilihan yang banyak, dan harga lebih murah,  hari pekenan di Lombok jadi surga belanja!

Yuk ke Lombok!

 

(Visited 85 times, 1 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Yuk! Jalan-Jalan ke Hari Pekenan ala Lombok' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool