pawai-takbiran

Pawai Takbiran, Cara Habiskan Malam Lebaran di Lombok

Vote Us
Ada hal yang menarik di Lombok saat malam menjelang lebaran idul fitri. Di Lombok malam lebaran idul fitri selalu ramai dan semarak dengan pawai takbiran. Tradisi malam lebaran yang satu ini merupakan kegiatan tahunan yang melibatkan hingga ribuan orang tumpah ruah di jalanan di Lombok. Khusus untuk Kota Mataram beberapa titik yang menjadi pusat perayaan malam lebaran ini adalah Ampenan, Pusat Kota Mataram dan Cakranegara. Sementara daerah lainnya di Lombok juga melakukan hal yang sama, untuk daerah Lombok Barat, pusat acara biasanya diadakan di Gerung.

pawai takbiran

Beberapa kali saya sempat mengikuti pawai takbiran yang diadakan di pusat Kota Mataram tepatnya dilaksanakan di Taman Sangkareang, Mataram. Tempat paling strategis yang biasanya jadi lokasi nongkrong saya nontonin pawai takbiran adalah tepat di depan kantor wali kota Mataram. Biasanya saya datang sebelum acara dimulai untuk menghindari berdesak-desakan karena pasti ramai banget.

takbiran

Pawai takbiran ini biasanya mulai pada waktu isya. Tapi sedari magrib biasanya masyarakat sudah mulai memadati jalanan meskipun acara utama yaitu pawai takbiran belum dimulai. Kalau Ezytravelers berniat melihat keseruan dan semaraknya perayaan malam lebaran di Mataram ini, usahakan untuk datang sebelum acara dimulai untuk menghindari kemacetan di jalan dan agar supaya bisa leluasa memilih tempat yang enak untuk menonton pawai takbiran.

perayaan takbiran

Terus apa yang menarik dari pawai takbiran Kota Mataram ini? Menariknya? Banyaaaakkkk…. Pawai takbiran ini selalu seru. Di Kota Mataram sendiri ada ratusan kafilah yang turun ke jalan mengikuti pawai takbiran dengan beraneka ragam lampion serta miniatur masjid, bedug, ka’bah hingga replika al-quran berukuran besar yang bentuknya keren-keren. Para pesertanya beragam mulai dari bocah sampai bapak-ibu yang sudah berumur. Saya selalu suka ngeliat bagian para peserta anak kecilnya karena mereka lucu dan menggemaskan melihat mereka pakai kostum dan dandanan yang niat banget. Kostum para pesertanya juga nggak kalah uniknya. Ada yang berpakaian islami normal biasa aja sampai yang berpakaian ala-ala perempuan atau laki-laki arabian gitu.

perayaan takbiran

Bagian agak kocaknya adalah yang kadang suka bikin saya senyum-senyum sendiri kalau nonton pawai takbiran ini, ada peserta yang berpakaian dan berdandan khas lelaki arabian yang kadang terlihat susah untuk nyambung dengan wajah lokalnya. You got what I mean? Iyaaa gitu lucu aja 😀 Tapi saya salut sama semua peserta yang niat banget ikut takbiran dengan pakaian, dandanan dan segala atributnya yang kayaknya memang dipersiapkan dengan sungguh-sungguh. Bukan tanpa alasan para peserta pawai takbiran ini persiapannya mateng banget sampai segitunya. Karena memang takbiran ini biasanya dilombakan. Para peserta pawai takbiran ini biasanya adalah mereka remaja masjid yang berasal dari masing-masing lingkungan yang ikut serta pada pawai tersebut.
Menariknya lagi untuk para pecinta fotografi, pawai takbiran di Kota Mataram ini sangat bisa jadi objek foto yang menarik untuk dijeprat-jepret. Kalau saya sendiri, hal yang selalu menarik perhatian saya saat pawai takbiran ini adalah beragam bentuk lampion bertuliskan asmaul husna yang bercahaya kerlap-kerlip, bikin mata dan hati jadi ikutan adem ngeliatnya.

pawai takbiran lombok

Selain itu yang bikin hati tambah adem adalah bisa mendengarkan lantunan takbir yang berkumandang dari semua peserta pawai. Masing-masing peserta pawai punya cara yang berbeda-beda dalam mengumandangkan takbir. Ada yang mengumandangkan takbir biasa saja tanpa bantuan instrumen. Ada juga yang memeriahkan gema takbirnya dengan alat musik modern lalu ada juga yang menggunakan musik-musik islami hingga takbiran versi remix-nya. Ini nih yang agak-agak sedikit kocak aja buat saya, takbiran tapi musiknya remix 😀

pawai takbiran lombok

Saatnya jalan-jalan hemat! Ambil promo menarik: Hotel di Lombok, tiket pesawat promo dan Tour Lombok + Tiket (Murah). Mau?

Nah, buat Ezytravelers yang nggak pengen ngelewatin acara seru satu ini di Lombok, saya sarankan untuk selalu hati-hati jaga diri dan barang bawaan karena acaranya bakal ramai banget-nget-nget! Dan jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman biar nggak kelaperan jalan berkilo-kilo meter khusus bagi yang pengen ikutan jalan arak-arakan takbirannya. Kalau saya sih biasanya udah cukup dengan diam di satu tempat aja. Nggak kuat jalannya~
Jadi…gitu cerita malam takbiran di kotaku, kalau malam takbiran di kotamu gimana Ezytravelers?
(Visited 441 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool