Perjalanan Bertemu Mangku Sakti dan Mangku Kodek di Lombok

Perjalanan Bertemu Mangku Sakti dan Mangku Kodek di Lombok
1.5 (30%) 2 votes

Bosan ke pantai? bosan bermain ombak?

Kalau iya kalian bosan dengan suasana pantai, yuk kita main ke air terjun! Lombok tidak cuma punya banyak pantai dan gili cantik, tapi juga banyak air terjun “gagah dan ganteng” yang bisa menjadi alternatif tujuan wisata selain pantai.

Here, I want to share my experience of doing a trip to Mangku Sakti and Mangku Kodek waterfall in Sembalun, East Lombok. Simak ya~

Perjalanan ke Desa Sajang di Kecamatan Sembalun – Lombok Timur dimana lokasi kedua air terjun tersebut -Mangku Sakti dan Mangku Kodek- ditempuh dari pusat Kota Mataram selama kurang lebih 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Sesampainya di Desa Sajang, pengunjung yang ingin menuju ke kedua spot ini dapat dengan mudah menemukan lokasinya karena tersedianya petunjuk jalan menuju lokasi wisata tersebut. Dengan mengikuti petunjuk tersebut kami pun langsung menuju ke tujuan. Atau jika ragu, jangan ragu untuk bertanya ke warga sekitar. Warga Sembalun terkenal ramah kok. 🙂

Seperti lokasi wisata publik lainnya, pengunjung harus membayar tiket masuk yang harganya masih sangat terjangkau.

Beres soal tiket, perjalanan berlanjut ke tempat parkir terdekat dengan lokasi air terjun. Berhubung ketika kami berkunjung adalah pada musim kemarau dan lagi saat terik siang hari, jadinya suasana begitu panas plus debu yang bertebaran hingga membuat mobil hitam yang kami tumpangi, tadinya bersih langsung “terbedaki” oleh debu coklat yang menempel hampir di seluruh badan mobil.

 

Sekian menit berjibaku dengan kendaraan di jalur yang kurang bagus, perjalanan dilanjutkan berjalan kaki. Yes, We did soft trekking. Tidak berapa lama berjalan akhirnya mulai terdengar suara gemericik air dari kejauhan. We could hear the water falling. Itu tandanya tujuan yang dicari sudah dekat. Terlihat petunjuk arah yaitu menuju ke Mangku Sakti dan Mangku Kodek. Oh ya, karena Mangku Sakti berada di atas dan Mangku Kodek di bawahnya, kami pun memilih menuju ke Mangku Kodek terlebih dahulu supaya nanti ke Mangku Sakti bisa sekalian saat jalan pulang.

Air terjun mangku sakti di Lombok

This way, please…. *follow the way*

Untuk menuju ke Mangku Kodek dari penunjuk jalan ini kita masih harus berjalan menyusuri hutan beberapa menit. Tibanya di Mangku Kodek atau juga kerap disebut oleh warga sekitar dengan nama Air terjun Kuda sembrani ini, kami disambut oleh aliran sungai yang mengalir bergradasi dari warna toska dikejauhan kuning seperti ada belerangnya hingga bening. Kami pun begitu tak sabar  turun bermain air.

How amazed i was!

Aliran air yang begitu bersih mengalir ditengah bebatuan besar yang mengelilingi tempat ini. Air berwarna toska dan tebing batu ini yang mebuat suasana disini menjadi EPIC! Semakin dalam kami masuk semakin terkagum melihat air terjun kecil mengalir dari atas batu membentuk kolam kecil dibawahnya, serasa air terjun dan kolam alam pribadi.

Mangku Kodek di lombok

Menuju Mangku Kodek. Hati-hati kak!

mangku kodek di lombok

Enjoy the view and stay safe 🙂

mangku kodek di lombok

Akhirnya ketemu si kecil a.k.a kodek tuh air terjun Mangku Kodek-nya

 

Buruan langsung terbang ke Lombok! Booking hotel murah & Tiket pesawat Jakarta Lombok. Wow! Ada paket tour murah juga untuk Ezytravelers.

 

Puas bermain air di Mangku Kodek kami pun memutuskan untuk lanjut ke Mangku Sakti. Saat berada di Mangku Sakti, rasanya berbeda dan sedikit kecewa. Tidak sebegitu excited-nya saat saya berada di Mangku Kodek. Kenapa? karena pada saat itu kebetulan hari libur sehingga banyak pengunjung berbondong-bondong berdatangan, tidak seperti tadi saat di Mangku Kodek dimana pengunjung hanya kami saja saat baru datang sehingga kami lebih bisa menikmati suasana di sana.

air terjun mangku sakti di lombok

Menuju Mangku Sakti.

Aliran air dari Mangku Sakti ke Mangku Kodek.

Air terjun mangku sakti di lombok timur

Air terjun Mangku Sakti di Desa Sajang, sembalun – Lombok timur.

tiket mudik murah

 

Sedikit tips untuk kalian yang berencana datang ke sini, kalau bisa pakai mobil saja karena kondisi jalan yang memang terasa akan menyulitkan kalo menggunakan sepeda motor. But it doesn’t mean that riding motorcycle is not possible. Dan kalau berkunjung saat musim kemarau siapkan masker untuk menghalau debu.

Air terjun mangku sakti lombok

Air terjun Mangku Sakti

Yak! That was my story. How about you? Wanna create one? Pack your luggage and visit lombok to see this beautiful waterfalls which are still in the area of the greatest mount rinjani.

(Visited 2,001 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Perjalanan Bertemu Mangku Sakti dan Mangku Kodek di Lombok' have 1 comment

  1. May 18, 2016 @ 8:14 pm Yudi Randa

    sumpah.. ini keren.. air terjunnya beda dari biasanya hehe

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool