Pulau Namo, Africa van Sumbawa

Petualangan Seru ke Pulau Namo, Sumbawa

Petualangan Seru ke Pulau Namo, Sumbawa
Vote Us

Pulau Namo merupakan salah satu gugusan pulau yang masuk ke dalam kawasan wisata bahari Gili Balu. Gili Balu adalah delapan gugusan pulau nan cantik yang kini tengah dikembangkan menjadi daerah wisata bahari andalan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. Secara administratif, pulau yang berjarak sekitar 4 jam dari Pulau Lombok ini masuk ke dalam wilayah Desa Poto Tano, Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat.

So, how to get there? Well, Ezytravelers gak usah khawatir masalah akses jalan, rute dan transportasi. Untuk menuju Pulau Namo dari Kota Mataram, Lombok, Ezytravelers terlebih dahulu harus menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 2 jam dengan rute sebagai berikut: Mataram – Narmada – Kopang – Masbagik – Aikmel – Pringgabaya – Pelabuhan Kayangan. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan laut menggunakan kapal Ferry dari Pelabuhan Kayangan menuju Pelabuhan Poto Tano dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Harga tiket penyebrangan ke Pelabuhan Poto Tano yaitu sekitar IDR 56.000 /motor atau IDR 17.000/orang untuk pejalan kaki. Setelah tiba di Pelabuhan Poto Tano, Ezytravelers kemudian harus berjalan sejauh 500 meter ke kampung nelayan Poto Tano (tempat penyewaan perahu). Tiba di kampung nelayan, Ezytravelers tinggal berjalan ke dermaga dan menyewa perahu yang siap mengantar Ezytravelers ke Pulau Namo. Biaya sewa perahu di sini bervariasi sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Kalau ke Pulau Namo, biaya sewanya sekitar 250 ribu/perahu dengan kapasitas 10 orang/perahu. Perjalanan dari kampung nelayan Poto Tano menuju Pulau Namo memakan waktu sekitar 20 menit.

Pertama kali saya dan 4 orang teman saya mengunjungi pulau ini, kami langsung di buat terkesima dengan panorama alamnya yang begitu menakjubkan. Bagaimana tidak, memasuki kawasan Pulau Namo, air laut yang sangat bening dengan terumbu karang yang indah menyambut kedatangan kami. Kami langsung dibuat “sakau” dan ingin segera nyemplung.

Beningnya perairan Pulau Namo

Perairan Pulau Namo yang bening

Tak lama berselang, perahu kami pun bersandar di pulau yang begitu eksotis ini. Sejurus kemudian, kami berlima langsung turun dari perahu dan mulai berjalan menjelajahi setiap sudut keindahan pulau yang juga dikenal dengan nama Pulau Range ini.

Setelah berjalan bebearapa saat, kami langsung dibuat speechless dengan pemandangan yang kami lihat. Benar-benar menawan! Di hadapan kami, terhampar luas padang savana yang rimbun berwarna kuning kecoklatan. Di antara rerimbunan padang savana, tumbuh pepohonan dengan daun yang mulai mengering dan gugur. Sungguh eksotis! Suasananya seperti di padang savana Serengeti Tanzania, salah satu negara di Afrika. (well, at least miniatur nya lah).  Kami kemudian menyebut Pulau Namo ini dengan sebutan Africa van Sumbawa. Unfortunately, di sini kurangnya gak ada hewan seperti Jerapah, Singa atau Gajah. But, overall, feel Afrika nya dapet banget. Yah, walaupun kami belum pernah ke Afrika, tapi sensasinya benar-benar Afrika banget. Gak percaya? Nih bandingin aja fotonya:

Padang Savana Serengeti Tanzania

Serengeti National Park, Tanzania

 

Eksotisme Padang Savana Pulau Namo

Padang Savana Pulau Namo

Berpose di padang savana Pulau Namo

Indahnya padang savana pulau namo

Pepohonan yang mulai mengering di pulau namo

Gimana? Gak salah kan kami menyebutnya Africa van Sumbawa?

Oh ya, FYI, Pulau Namo ini termasuk pulau yang tidak berpenghuni dan masih sangat jarang di kunjungi oleh wisatawan. Sebagian besar bagian pulau ini didominasi oleh padang savana dan pepohonan serta tanamana bakau. Di ujung timur pulau terdapat bukit yang menjulang cukup tinggi.

Setelah puas berkeliling menikmati keindahan padang savana Pulau Namo yang begitu eksotis dan tentunya tak lupa berfoto ria, kami kemudian kembali ke perahu untuk  melanjutkan perjalanan kami ke bagian belakang pulau. Kegiatan kami selanjutnya adalah ber-snorkeling ria. Tentu akan sangat rugi rasanya kalau jauh-jauh ke sini tapi gak menikmati keindahan bawah lautnya yang sangat wow.

Ini dia spot snorkeling pulau namo

Perahu kami pun mulai berlayar lagi menuju bagian belakang pulau dimana spot terbaik untuk snorkeling berada. Tiba di spot snorkeling, kami langsung dibuat terpukau oleh pesona bawah lautnya yang sangat menggoda. Air lautnya benar-benar bening dan bersih alias crystal-clear water, Ezytravelers dijamin langsung tergoda! Tanpa pikir panjang, kami langsung menyiapkan snorkeling gear kami dan segera nyebur ke laut.

Begitu nyemplung, air laut yang segar langsung menyapa kulit kami yang sudah kepanasan. Selain itu, gugusan terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik dengan bersuka ria pun ikut menyambut kedatangan kami. Rasanya benar-benar sensasional. Menyelam di air yang bening, bersih dan segar ditemani oleh ikan-ikan lucu sambil menikmati keindahan terumbu karang, kurang apa lagi coba?! It’s perfect!

Keindahan bawah laut pulau namo

Keindahan bawah laut pulau namo

Kami menyelami setiap sudut keindahan bawah laut Pulau Namo yang begitu spektakuler ini. Ketika asyik ber -snorkeling, tiba-tiba kami menjumpai seekor ubur-ubur dengan ukuran yang cukup besar. Awalnya kami sempat takut dan panik karena ubur-ubur bisa menyengat dan rasanya sangat menyakitkan. Tapi kata pak boatman, ubur-ubur jenis ini tidak berbahaya. Mendengar informasi itu, kami langsung berenang mendekatinya. Tak lupa, kami langsung berfoto ria. Yah, lumayan nambah bahan untuk di posting ke Instagram.

Salah satu ubur-ubur di pulau namo

Satu per satu spot snorkeling yang ditunjukkan oleh pak boatman kami selami. Spot nya benar-benar luar biasa, masih terjaga kebersihan dan kelestariannya. Kami pun mengabadikan setiap sudut keindahan bawah laut pulau eksotis ini dengan lensa kamera kami.

Tak terasa waktu sudah semakin sore. Kami pun memutuskan untuk naik ke atas perahu dan beristirahat. Setelah cukup beristirahat, perahu kami pun kembali berlayar meninggalkan Pulau Namo. Kali ini perahu kami akan berlayar menuju Pulau Kenawa, tempat kami akan menghabiskan malam kami.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: tour murah

Well, sekian dulu kisah petualangan saya dan teman saya menjelajahi keindahan Pulau Namo.

Gimana Ezytravelers? Tertarik untuk mengunjungi pulau ini?!

Sekian!

(Visited 488 times, 1 visits today)


About

Son of the Beach


'Petualangan Seru ke Pulau Namo, Sumbawa' have 3 comments

  1. December 31, 2016 @ 3:46 pm anggit

    hallo mas,itu sewa kapal sama sewa alat snorkling ga yaaa?ehehe

    Reply

    • January 6, 2017 @ 7:25 am Loetfi ONO

      sewa kapal belum termasuk sewa alat snorkeling mba. Kalo mau sewa alat snorkeling dikenakan biaya tambahan sebesar 25 rb/item dan mesti pesan dlu sbelum hari H.

      Reply

      • July 29, 2017 @ 11:41 am Said

        Mas ada Kontak Sewa perahu nya

        Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool