Pewarna Alami Tenun Pringgasela

Pewarna alami tenun Pringgasela Lombok

Pewarna alami tenun Pringgasela Lombok
5 (100%) 1 vote

Menjadi salah satu sentra tenun motif khas Lombok sejak lama, desa Pringgasela eksis menjadi destinasi tenun wajib kunjung bagi Ezytravelers. Desa yang saat ini berkembang juga menjadi desa wisata di kabupaten Lombok Timur, jadikan tour aktifitas menenun sebagai salah satu daya tariknya. Di pekan liburan panjang awal tahun 2017 ini saya akhirnya beruntung dapatkan tour intens terutama tentang bahan-bahan utama pewarna alami tenun Lombok. Benang-benang tenun khas Pringgasela.

Tour wisata tenun ini berada tepat di jantung desa Pringgasela. Adrenalin yang sepagian terkuras selepas lakukan tubing sungai bersama kawan-kawan blogger Lombok lainnya, terpacu lagi saat saya temukan beberapa kearifan budaya masa kecil pun masih terjaga sampai saat ini. Para penenun, mulai dari para gadis perawan sampai nenek sembari awasi cucunya yang lelap di ayunan kain, tergantung di satu pojok teras rumah.

Desa Wisata Pringgasela

Desa Wisata Pringgasela
Tour Tenun Desa Wisata Pringgasela

Tour Tenun Desa Wisata Pringgasela

Irama khas Gedogan (alat tenun bukan mesin) yang sejatinya cukup keras serupa musik pengantar lelap nan menenangkan. Rumah-rumah yang padat, baik di gang atau jalan kampung yang lebar pun sampai di gang-gang yang sempit, suara tak-tak khas bersahutan. Pemandu dari agen wisata Jejak Black Barry Adventure yang temani tour rombongan kami tak sungkan segera masuk ketika proses menenun berlangsung di teras rumah. Sekali waktu, irama tak-tak muncul dari balik jejeran jualan kios sederhana pemilik rumah.

Pewarna Alami Tenun Pringgasela Kayu Banten

Pewarna Alami Tenun Pringgasela Kayu Banten

Di sisi utara desa, rombongan sampai di salah satu rumah penduduk yang sedang menjerang salah satu bahan utama pewarna alami benang tenun. Potongan kasar kayu banten (sebutan khas Lombok untuk satu jenis pohon pagar) dididihkan di panci besar. Endapan warna kemudian disimpan di tempayan tanah liat atau ember bekas cat. Kayu banten menghasilkan warna coklat, semu merah, marun pekat tergantung berapa lama proses pewarnaan benang dilakukan. Semakin sering pengulangan proses pewarnaan, gradasi warna benang akan semakin pekat.

Pewarna Alami Tenun Pringgasela Marun

Pewarna Alami Tenun Pringgasela Marun

Di halaman rumah warga yang terpisah, sedang dijemur setumpuk dedaunan. Ahha! Ini dia sumber warna hijau alami. Di rumah berikutnya, dua panci berisi potongan kasar kayu banten lagi dan kayu nangka! Wah, ternyata bukan hanya buah nangkanya saja yang berwarna kuning terang. Potongan kasar kayu nangka juga berikan warna kuning! Bahan lainnya, kayu secang yang sepengetahuan saya kadang menjadi obat rendam saat anak-anak terkena penyakit kulit. Kebiasaan yang saya peroleh dari keluarga besar saat masih menetap di kota Semarang, Jawa Tengah. Seperti warna rendaman airnya, kayu secang sebagai bahan pewarna alami tenun Lombok berwarna merah.

Pewarna Alami Tenun Pringgasela Hijau

Pewarna Alami Tenun Pringgasela Hijau

Pewarna Alami Tenun Pringgasela Biru

Pewarna Alami Tenun Pringgasela Biru

Pewarna Alami Tenun Pringgasela Kayu Banten dan Kayu Nangka

Pewarna Alami Tenun Pringgasela Kayu Banten dan Kayu Nangka

Saya begitu excited dengan pengetahuan ini. Bahkan jadi tergoda mewarnai ulang beberapa pakaian kesayangan yang warnanya mulai mbladus .. 😛

Bahan-bahan pewarna ini rata-rata direbus selama setengah sampai satu jam Ezytravelers. Secara sekarang proses pemasakan menggunakan gas, pendidihan lebih cepat serta lebih praktis dibanding cara lama menggunakan tungku dan kayu bakar.

Tour Tenun Pringgasela

Tour Tenun Pringgasela

Tour proses tenun ini terkadang tidak selalu temukan proses pemasakan bahan pewarna alami tenun Lombok. That is why, I felt so lucky that day! Pintalan benang yang baru saja selesai diwarnai, diangin-anginkan atau dijemur di tempat jemuran warga umumnya. Biru, hijau, soft pink, soft marun, kuning, beberapa warna yang dihasilkan dari proses pewarnaan alami ini.

Sekitar dua jam mengitari kampung di sekitar art shop center Jejak Black Barry Adventure, pengetahuan baru yang saya peroleh membuat saya makin antusias perhatikan sekian banyak motif tenun dari syal, kain, hiasan dinding yang terpajang rapi. Ruang utama luas yang terletak di lantai dasar dari tiga lantai art shop, sungguh memanjakan mata. Motif tenun serba garis, baik kombinasi dari dua warna dasar sampai kombinasi warna yang lebih banyak, memberikan pilihan lengkap sesuai warna fave Ezytravelers.

Tenunan Pewarna Alami

Tenunan Pewarna Alami

Ah iya, hampir saja terlupa. Ada lagi satu tips yang dilakukan oleh para penenun di desa Pringgasela. Perendaman benang yang telah melalui proses pewarna alami tenun Lombok dengan air beras ketan. Proses ini membuat hasil akhir tenun terkesan kaku dan kasar. Namun, di balik itu, setelah proses pencucian sekian kali kain justru akan semakin lemas, lentur dan relatif jauh lebih awet daripada benang biasa. Ijinkan lagi saya mengingatkan Ezytravelers, selalu menyimpan koleksi kain tenunnya menggunakan gantungan baju atau gantungan kain khusus ya. Jadi, tidak dilipat dan ditumpuk seperti baju harian umumnya. Hal ini untuk menghindari resiko patah yang lebih cepat dari koleksi kain tenun Ezytravelers.

Warna lembut pewarna alami tenun Lombok

Warna lembut tenunan pewarna alami

Warna cerah tenunan pewarna pabrik

Warna cerah tenunan pewarna pabrik

Sekarang, sudah yakin kan mau pilih kain tenun warna alami dengan warna-warna lembut atau pewarna pabrik dengan warna-warna meriah?

“Intip tiket pesawat, promo hotel dan paket tour yang tepat untuk liburan Ezytravelers di SINI” Tiket Pesawat, Paket Tour, dan Hotel Terbaik
(Visited 132 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Pewarna alami tenun Pringgasela Lombok' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool