Pink Sandy Beach in Lombok Named Tangsi

Pink Sandy Beach in Lombok Named Tangsi
5 (100%) 1 vote

Apa yang ada di pikiran para wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara ketika menyebut Pantai Pink? Pasti yang langsung teringat adalah sebuah pantai dengan pasir berwarna merah muda di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ya, Sangat wajar! Pantai yang terletak di kawasan Pulau Komodo tersebut memang sudah lebih dulu terkenal sebagai pantai berpasir merah muda (pink) di Indonesia sehingga pantai ini juga terlebih dulu diekspos oleh media.

Ternyata Lombok juga punya pantai berpasir merah muda!

panorama keindahan pink

Panorama keindahan pantai berpasir merah muda di Lombok

Sebelumnya nama dari pantai dengan warna pasir merah muda di Lombok ini adalah Pantai Tangsi, tidak ada embel-embel Pink di belakangnya. Pantai yang terletak di Dusun Sekaroh Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur ini hanyalah berfungsi sebagai pantai transit nelayan-nelayan dari Desa Tanjung Luar, Keruak. Letaknya yang sangat tersembunyi, turun dari jalan utama pun harus menempuh jarak 100 meter dan menurun dengan jalanan tanah yang berlubang.

Rute menuju Pantai Tangsi dari Mataram – By Pass BIL – Bandara Internasional Lombok (BIL) – Praya – Jerowaru – Pemongkong – Dusun Sekaroh – Pantai Tangsi.

Untuk menempuhnya pun membutuhkan 2,5 jam perjalanan dari Mataram, sekitar 1,5 jam dari BIL atau sekitar 10 kilometer dari pusat Desa Pemongkong dengan membelah jalan Hutan Lindung Sekaroh dan melewati jalanan aspal yang berlubang dan cukup mengocok perut jika kita tidak terbiasa menempuh perjalanan seperti ini.

jalan masuk tangsi

Jalan akses masuk ke Pantai Pink Tangsi

panorama tangsi

Keindahan mana yang kau dustai? – Tangsi Beach

Untuk dapat sampai ke pantai ini, rutenya sama dengan rute menuju Tanjung Ringgit, namun sekitar 500 meter sebelum mercusuar Tanjung Ringgit, ada jalan masuk ke kiri dengan pagar kayu dan bertuliskan Pantai Tangsi dan Goa Jepang 50 meter serta kini sudah ada plang besar bertuliskan “Pantai Pink” menandai gerbang masuknya, nah itu merupakan pintu masuk menuju Pantai Tangsi. Biata tiket masuk Rp. 10.000,- dan dari pintu masuk tersebut, kita harus melalui jalan rabat beton dengan jalur menurun. Alternatif rute lain ke Pantai Tangsi bisa melalui jalur laut mulai dari Tanjung Luar Keruak menggunakan kapal boat.

kemah tangsi

Jangan kemah di Pink Tangsi, nanti gak mau pulang!

Mungkin tak ada yang menyangka kalau Pantai Tangsi yang kini populer dengan nama Pantai Pink ini sekarang banyak dikunjungi oleh masyarakat, tidak hanya masyarakat Lombok Timur saja, melainkan pengunjung dari luar Lombok Timur. Bahkan wisatawan domestik maupun mancanegara juga berbondong-bondong menghabiskan weekend di pantai yang indah ini. Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Tangsi ini antara lain berenang, bermain pasir, kemah, naik turun bukit di sebelah pantai, foto-foto, dan snorkeling. Satu-satunya hotel yang ada di sekitar Pantai Tangsi adalah sebuah resort di Tanjung Bloam.

asal muasal pink

Pantai berpasir merah muda di Lombok

red coral

Perpaduan coral merah, pasir putih, air laut dan sinar matahari = Pink!

Kenapa dinamakan Pantai Pink? Kita akan tahu setelah kita menginjakkan kaki kita di pasirnya. Pasir putih yang menyatu dengan butiran-butiran terumbu karang berwarna merah dan berefek kemerahan (merah muda) setelah bercampur air laut dan pantulan sinar matahari. Biasanya wisatawan yang berkunjung pada jam 1 siang sampai jam 4 sore bisa mendapatkan keistimewaan warna pasir di pantai ini. Terumbu karang berwarna merah ini tumbuh di perairan dangkal pantai dan terbawa ombak ke tepi. Keindahan alam bawah laut Pantai Pink juga tambah sempurna dengan adanya terumbu karang dan hewan-hewan lautnya.

pink sandy beach

Makin ramai dikunjungi sejak booming di Lombok

Air lautnya juga sangat jernih, disini ada beberapa kapal yang bisa disewa untuk memancing atau sekedar berkeliling sekitar pantai untuk mencari spot snorkeling. Tetapi sayang, beberapa gugusan terumbu karang sudah mulai rusak yang disebabkan oleh aktifitas nelayan setempat. Spot snorkeling di sekitar pantai ini berada di sebelah kiri pantai yaitu Pantai Semangkok dan di seberang pantai yaitu Gili Petelu. Di tempat ini tidak ada penyewaan alat snorkling, jadi bagi yang suka snorkeling disarankan untuk membawa perlengkapannya sendiri. Bagi para pengunjung juga sangat disarankan untuk membawa bekal makanan minuman langsung dari rumah atau membeli dulu di pusat Kecamatan Jerowaru. Alasannya karena memang warung ataupun penjual makanan dan minuman di sepanjang jalan Hutan Lindung Sekaroh maupun di pantainya jumlah dan produk dagangannya terbatas alias sederhana dan pastinya harga lebih mahal 🙂

Keindahan Pantai Pink terlihat sempurna dengan hamparan bukit di sekelilingnya. Di sisi kiri ada bukit dengan padang rumputnya yang luas dan dari bukit inilah pemandangan pantai Pink terlihat amat sangat indah dan ada tanjung yang sangat indah di sisi kanan dengan berugaq (gazebo) yang memang disediakan bagi pengunjung.

perbukitan di tangsi

Perbukitan di sekitar Pantai Pink Tangsi

mesra di pink

Menikmati detik-detik menjelang sunset di Pantai Tangsi

Selain itu, ada sebuah goa peninggalan Jepang yang terletak di bukit sisi tengah Pantai Pink ini. Konon goa Jepang ini adalah tempat bersembunyinya tentara Jepang pada zaman Perang Dunia II, karena hampir seluruh goa Jepang di wilayah Indonesia mempunyai ciri dan fungsi yang sama yaitu sebagai tempat persembunyian. Pantai ini konon juga menjadi barak pertahanan atau tangsi tentara Jepang di Lombok. Buktinya adalah peninggalan berupa goa dan meriam serta bangunan bekas bunker di daerah sekitar pantai ini (Tanjung Ringgit).

Lombok gak ada matinya buat dieksplor! Dong ayok ke Lombok!

Buat yang pengin ke Lombok bisa pesan tiket pesawat di sini dan booking hotel di Lombok di sini.

(Visited 1,320 times, 1 visits today)


About

Admin @infolombok l Suka menggalau di akun @bli_arie yang hobi ke sana ke mari ke mana-mana dan sangat mencintai makanan (tanpa sayur)!


'Pink Sandy Beach in Lombok Named Tangsi' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool