menu buka puasa

Puasa di Lombok? Cek Menu Buka Puasa Berikut Ini!

Vote Us

Ramadhan tiba, Ramadhan tiba…Nggak terasa, bulan mulia ini datang lagi. Bulan yang saking istimewanya disebut juga sebagai bulan seribu bulan. Yess, tinggal hitungan hari nih Ezytraveler, kita akan memasuki bulan puasa, bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim dunia. Setuju atau tidak (pasti banyakan yang setuju!), lepas dari ragam amal ibadah dan keutamaannya, puasa sendiri identik dengan kuliner, menu buka puasa tepatnya. Bukan maksud untuk membedakan dengan bulan atau hari lainnya, tapi efek puasa seharian biasanya menjadikan buka puasa terasa lebih spesial. Please note, spesial disini bukan berarti mahal lho ya! Di Lombok pun sama, ada jenis kuliner tertentu yang memang identik dengan bulan puasa. Ada apa aja sih pilihannya? Yuk cekidot!

Es Kelapa Muda

Memang bukan menu khas, tapi es kelapa muda bisa dibilang, menu wajib buka puasa. Nggak heran kalau minuman satu ini bisa dijumpai di hampir sepanjang jalan. Variannya pun banyak, ada es klamud original , ada yang dicampur dengan sirup aneka rasa.

menu buka puasa es kelapa muda

Klamud seger! (Foto: Reena)

Tuaq Manis (Air Nira)

Tuaq manis adalah air dari sadapan pohon Nira/Enau. Biasanya di Lombok daerah yang banyak ditemukan tuaq manis ini ada di daerah Gunungsari, Lombok Barat. Tuaq manis yang dikonsumsi adalah yang masih segar. Rasanya manis, tapi nggak sampai semanis gula kok. So no worries! Ditambah lagi, segar dan manisnya, mampu mengganti ion tubuh yang hilang selama berpuasa.

menu buka puasa tuak manis

Tuak manis (foto: Reena)

Kolang Kaling Kolak Pisang

Sepertinya menu buka puasa yang satu ini wajib ada selain kurma, hehehe… Menu wajib kedua yang tak pernah alpa di antara makanan-makanan penggoda itu adalah; kolak pisang yang dicampur dengan kolang-kaling. Nggak cuma untuk isian es saja, kolang kaling juga bisa dicampur kolak, dan rasanya legit banget! Pada pernah nyobain kolang-kaling kah?

menu buka uasa kolak kolang kaling

Kolak kolang-kaling!

Aneka Urap

Forget pelecing kangkung for a while. Selama bulan puasa, popularitas pelecing dan pecel kangkung Lombok biasanya naik dua kali lipat bahkan lebih. Tapi selain itu ada banyak pilihan menu sayur yang diolah menjadi urap. Salah satu yang segar adalah urap geranggang. Geranggang adalah salah satu jenis rumput laut yang paling umum dikonsumsi. Uniknya, geranggang bisa jadi campuran es, dibuat agar, atau dodol, tapi juga bisa untuk lauk super legit..hehehe, rasanya kenyal namun renyah saat digigit. Selain itu ada urap bebele, atau dalam bahasa Indonesianya dikenal dengan pegagan. Meski sering dianggap tanaman liar, pegagan ini sangat berkhasiat untuk mengatasi aneka masalah pencernaan. Tht’s why, bebele sering dibuat urap saat bulan puasa. Tentunya selain lezat juga untuk kesehatan.

urap geranggang menu buka puasa

Urap geranggang (foto: Reena)

urap pakis menu buka puasa

Urap pakis (foto: Reena)

Beberok

Satu lagi kudapan sayur khas pulau Lombok yang patut dicoba. Dengan bahan utama terung dan kacang panjang, beberok adalah salah menu buka puasa wajib yang biasanya mendampingi ikan bakar atau ayam bakar. Sayurnya fresh, cukup dipotong kecil-kecil, tanpa harus  direbus. Freshnya dapat, pedesnya nampol!

beberok menu buka puasa

Beberok (foto: M. Shafwan)

Sate Pencok

Jika berkunjung ke Lombok saat puasa apalagi kalian para kulinerholic, siap-siap saja menunggu antrian sate. Yup, sate adalah salah satu menu buka puasa favorit. Kalau sate rembige atau sate Tanjung sudah pasti jadi favorit, ada sate lain yang juga banyak dijual saat puasa, yaitu sate pencok, baik yang bahannya kikil atau sagu biasa. Tapi yang membuat sate ini spesial adalah bumbunya yang dibuat pelalah ragi kuning (bumbu khusus).

Terakhir, ada sate pusut, yaitu sate dengan bahan utama, parutan kelapa muda dan daging atau ikan. Beuhhh kebayang gurihnya kan? hehehe..apalagi kalau dibumbu pedas., bisa bikin buka puasa makin nambah makan.

sate pencok sagu menu buka puasa

sate pencok sagu (foto: Datu)

sate pencok kikil menu buka puasa

sate pencok kikil (foto: Reena)

sate pusut menu buka puasa

sate pusut (sebelum dibakar)

Ezytravelers, menu-menu yang disebutkan di atas sangat recommended!pokoknya kalian gak bakal nyesel untuk menikmati suasana Ramadhan di Pulau yang terkenal dengan Seribu Masjid ini. Selain menu khas diatas, masih banyak lagi menu khas  lainnya yang sayang jika Ezytravelers,event-event seru di bulan Ramadhan. So, liburan saat bulan puasa di Lombok? Why not!

(Visited 135 times, 1 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Puasa di Lombok? Cek Menu Buka Puasa Berikut Ini!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool