Mutiara Lombok

Sekarbela, Pusat Kerajinan Mutiara Lombok

Sekarbela, Pusat Kerajinan Mutiara Lombok
Vote Us

Liburan ke Lombok bawa oleh-oleh apa? Selain segudang cerita dan foto-foto, snack ringan, kopi, tenun atau Sasambo, mutiara Lombok juga menjadi salah satu yang wajib dibawa pulang. Mutiara Lombok memang sangat terkenal, tak hanya di dalam negeri tapi juga di mancanegara.

Banyak pilihan untuk mendapatkan mutiara Lombok, mulai dari galeri yang menarget wisatawan kelas atas sampai pedagang mobile yang selalu buka lapak di hotel-hotel. Jenis mutiara pun beragam, mutiara air tawar, air laut, atau bahan shell. Harganya tergantung kualitas juga lokasi-belinya-dimana.  Pembeli disediakan beragam pilihan.

Sign menuju sentra

Sign menuju sentra

Jika ditanya soal sentra mutiara di Lombok, maka Sekarbela adalah jawabannya. Kecamatan ini masuk ke dalam wilayah administratif kota Mataram. Selain di daerah Sekarbela, ada juga di daerah Pagutan, yang belakangan tampaknya mulai mempersiapkan diri untuk wisata belanja mutiara dan berbagai oleh-oleh lainnya.

mutiara lombok

Sepanjang jalan, kiri-kanan, adalah toko perhiasan mutiara

Saya sendiri punya beberapa orang teman baik yang berasal dari Sekarbela. Cerita mengenai mutiara, emas dan perak sudah saya dengar sejak duduk di bangku sekolah menengah. Bahkan, dulu saya sering memesan perhiasan perak request pribadi, dari bros nama sampai kalung dengan desain ala ABG. hehehe.. Setahu saya, masyarakat Sekarbela memang sebagian besar a.k.a mayoritas bergantung pada kerajinan ini. Deretan toko sepanjang Jl. Sultan Kaharudin, Sekarbela, jadi buktinya.

Kalung mutiara tawar

Satu set perhiasan bahan rhodium mutiara tawar

Kalau dilihat dari segi desain, maka mutiara Sekarbela menawarkan model yang beragam. Mulai dari bahan paling murah seperti stainless, rhodium yang ramai penggemar karena terkesan mewah seperti emas. Bahan perak, emas, dan emas putih. Jika model yang disukai tidak tersedia, kita bisa pesan pada pengrajinnya, made by order, tentunya dengan resiko harus menunggu lebih lama.

Gelang mutiara laut

Bros mutiara tawar

Bingung soal keaslian mutiara?

Sejauh pemahaman saya, mutiara Lombok tidak ada yang imitasi. Kalaupun ada, mutiara imitasi -yang ini biasanya datang dari Tiongkok- sangat mudah dibedakan dari mutiara asli. Dari seorang teman yang cukup ahli soal mutiara, ada beberapa cara membedakan mutiara asli atau imitasi. Salah satu caranya adalah coba goreskan mutiara tersebut pada permukaan kaca. Mutiara asli akan memberi bunyi yang berbeda, seperti batu yg menggores dan bahkan bisa meninggalkan jejak goresan pada kaca. Sementara yg plastik atau imitasi tidak dapat menggoresnya.

Cara lainnya adalah menggigit mutiara tersebut. Jika terasa seperti menggigit pasir, maka itu adalah mutiara asli. Sementara jika itu imitasi maka seperti kita sedang menggigit bahan plastik. Sementara, yang membedakan imitasi atau original adalah kualitas (grade) dari mutiara tersebut. Baik tawar maupun laut punya grade-nya masing-masing. Mutiara laut umumnya punya ukuran lebih besar dibandingkan mutiara tawar. Soal harga bisa disesuaikan dengan isi kantong, mulai dari yang puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Untuk mutiara laut, perhitungan harga disesuaikan dengan berat, biasanya per-gram.

Kalung mutiara aneka warna

Makin ke sini, makin mudah mendapatkan mutiara Lombok. Sekarang sudah banyak online shop Lombok yang menjual mutiara. Pilihan beragam dan tokonya terpercaya.

Komplek pertokoan mutiara Sekarbela
Temukan beragam pilihan paket liburan di sini: paket tour dan paket wisata

 

(Visited 1,202 times, 2 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Sekarbela, Pusat Kerajinan Mutiara Lombok' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool