Pantai Penghulu Agung

Rekomendasi Pantai Sekitar Kota Mataram untuk Bersantai di Akhir Pekan

Rekomendasi Pantai Sekitar Kota Mataram untuk Bersantai di Akhir Pekan
5 (100%) 1 vote

Ingat Lombok, pasti ingat pantai. Ingat pantai pasti pikiran langsung tertuju ke Lombok. Memang pulau ini dianugerahi Tuhan Maha Kuasa dengan pantai-pantai indahnya. Bahkan hampir seluruh kabupaten di Lombok ini memiliki objek wisata pantai, bahkan Kota Mataram sebagai ibu kota Provinsi NTB memiliki pantai-pantai yang ramai dikunjungi khususnya di akhir pekan.

Memang pantai-pantai di Kota Mataram tidak sepopuler pantai lainnya yang ada di Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Timur, dan Lombok Utara. Tapi untuk warga lokal, pantai-pantai di Kota Mataram ini kerap dipilih menjadi lokasi tamasya keluarga. Selain dekat dari kota, pantai-pantai ini cukup mudah diakses.

Beberapa pantai di Mataram diantaranya:

Pantai Ampenan

Pantai Ampenan
Pantai ini berada di Kelurahan Ampenan Tengah, Kecamatan Ampenan dan dekat dari kawasan kota tua Ampenan. Pantai ini dulu merupakan tempat bersandarnya kapal-kapal baik dari dalam dan luar negeri. Pantai ini juga dikenal dengan sebutan eks Pelabuhan Ampenan. Sejak dua tahun terakhir, Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram gencar melakukan penataan terhadap kawasan eks Pelabuhan Ampenan.

Program penataan yang disebut revitalisasi eks Pelabuhan Ampenan ini dilakukan secara terintegrasi mulai dari penataan secara fisik dan penataan lapak-lapak PKL yang ada di kawasan tersebut. Kini pantai ini menjadi salah satu objek wisata menarik yang patut disambangi di Kota Mataram. Pantai ini juga sangat ramai di akhir pekan.

Pantai Penghulu Agung

Pantai Penghulu Agung
Pantai ini tidak terlalu jauh dari Pantai Ampenan. Penghulu Agung juga berada di wilayah Kecamatan Ampenan yaitu Kelurahan Ampenan Selatan. Pantai ini berpasir hitam dan tidak banyak dikunjungi warga karena ini Penghulu Agung merupakan salah satu kampung nelayan. Tapi bagi yang suka menyendiri dan berkontemplasi, pantai ini cukup menyenangkan untuk dikunjungi. Kita bisa duduk di atas karena kita hanya mendengar deburan ombak sambil menatap laut lepas dan duduk di atas deretan pemecah gelombang yang bertebaran di bibir pantai. Dijamin kegalauan hilang.

Pantai Mujang

Pantai Mujang

Dari Penghulu Agung, kita hanya perlu menyeberangi jembatan kayu ini, sampai deh ke Pantai Mujang

Taman Muara Jangkok

Taman Muara Jangkok di dekat pantai

Mujang merupakan singkatan dari Muara Jangkuk, mengingat pantai ini merupakan muara dari aliran air Sungai Jangkuk yang ada di Kota Mataram. Pantai Mujang juga berada di wilayah Kecamatan Ampenan, khususnya masuk di Kelurahan Banjar. Pantai Mujang sangat dekat dengan Penghulu Agung, tinggal kita menyeberang jembatan kayu yang mulai rapuh. Pantai ini cukup bersih dan pemerintah kelurahan setempat telah menjadikan pinggir pantai ini sebagai arena olahrga voli pantai. Ada beberapa lapak pedagang juga yang ada di tempat ini.

Pantai Gading

Pantai Gading

Fasilitas toilet di Pantai Gading

Pantai Gading

Pantai Gading
Pantai ini mulai ramai dikunjungi sejak beberapa bulan terakhir ini. Saat ini Pantai Gading menjadi salah satu objek wisata yang menjadi pilihan warga di akhir pekan untuk bersantai. Pemkot Mataram juga telah menambah beberapa fasilitas di pantai ini seperti toilet, gazebo, dan penataan lapak PKL.

Di samping itu juga telah dipasang penanda bertuliskan Pantai Gading dari baja yang bisa terlihat dari jalan raya karena berwarna merah menyolok. Pantai Gading berada di Lingkungan Mapak Belatung Kelurahan Jempong Baru, Kecamatan Sekarbela. Jika berkunjung ke pantai ini, kita harus menuju Jalan Lingkar Selatan. Di samping Kantor TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani), ada jalan masuk melewati persawahan ke pantai ini. Ada juga juru parkir yang menjaga keamanan kendaraan kita.

Pantai Loang Baloq

Pantai Loang Baloq

Taman yang ada di sekitar Pantai Loang Baloq

Pantai ini cukup dekat dengan Pantai Gading. Pantai ini tepat berada di belakang Taman Loang Baloq, sekitar dua menit berkendara dari Pantai Gading ke arah utara. Pantai ini juga cukup ramai dikunjungi wisatawan lokal di akhir pekan dan hari-hari tertentu seperti tahun baru dan perayaan Lebaran Topat. Selain berkunjung ke pantai dan Taman Loang Baloq, kita juga bisa menyeberang jalan dan ziarah ke Makam Loang Baloq.

Nah, bagi anda yang hanya punya waktu singkat di Lombok dan hanya berkesempatan mengunjungi Kota Mataram, pantai-pantai ini bisa dikunjungi sejenak untuk melepas penat dan mendengar deburan ombak yang sangat menenangkan. Happy holiday and book your accomodation here.

(Visited 1,292 times, 1 visits today)


About

Wartawan di koran Suara NTB, pecinta buku, full time dreamer, mimpi keliling dunia karena dunia layaknya buku, harus dibaca sampai tuntas.


'Rekomendasi Pantai Sekitar Kota Mataram untuk Bersantai di Akhir Pekan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool