Gunung Tambora

Romantic and Adventurous Tambora-Satonda and Moyo Trip. Karena NTB adalah Lombok dan Sumbawa

Romantic and Adventurous Tambora-Satonda and Moyo Trip. Karena NTB adalah Lombok dan Sumbawa
1.5 (30%) 26 votes

Nusa Tenggara Barat (NTB) terdiri dari dua pulau besar, pulau Lombok dan Sumbawa, juga puluhan gili (pulau kecil) di sekitar dua pulau tersebut. Meski terpisah selat, dua pulau besar ini sama-sama menjanjikan wisata yang lengkap. Pegunungan, pantai-pantai indah, dus kuliner-kuliner khas. Kembali saya menawarkan satu bagian keindahan tersebut, mulai dari pendakian Tambora (2851mdpl), dilanjutkan romantisnya semua sisi pulau Satonda dan disempurnakan keindahan alami pulau Moyo. Pulau Moyo yang bahkan menarik almarhumah Putri Diana dari Inggris rela terbang jauh nikmati surga Moyo.

Paket trip 5 hari an ini memungkinkan jika trip puncak Anda ke Tambora menggunakan jalur pendakian Doro Ncanga. Trip bermobil atau menggunakan jeep sampai di pos 3 selama 2.5 jam, kemudian trekking biasa (jalan kaki) 2 jam untuk sampai di bibir kawah kaldera Tambora, diteruskan ke Satonda dan Moyo. Berikut detail tripnya, siapkan catatan untuk nyontek data-data pentingnya yaaaa..^_^

Tambora Trip
Landing di bandara Sultan Muhammad Salahuddin di kota Bima, masih membutuhkan perjalanan bermobil sekitar 3 jam untuk sampai di pos 1 Doro Ncanga. Berikutnya perjalanan melintasi padang savana dengan rumput dan pohon-pohon bidara, juga kawanan sapi putih pun coklat, kuda dan kerbau. Kawanan ternak milik warga Dompu yang dilepas di padang savana Doro Ncanga.

Gunung Tambora

Tambora Yang Gagah

Jalur Doro Ncanga Gunung Tambora

Jalur Doro Ncanga untuk mobil, jeep atau motor trail

Trip ini membutuhkan waktu 3 hari dengan skedul menginap malam pertama di pos 1 di padang savana Doro Ncanga, dilanjutkan trek berjip ke pos 3 sekaligus nge-camp dan di pagi hari ke 3 mencapai bibir kaldera. Hari ke tiga sekaligus pendakian turun untuk melanjutkan trip capcuss ke pulau Satonda.

Pulau Satonda
Trip ke pulau Satonda atau Moyo menjadi opsi di hari ke-4 trip. Biasanya Moyo ei hari terakhir, karena penyeberangan kembali ke pelabuhan Calabai di desa Calabai, relatif lebih dekat untuk kemudian segera cek in ke jadwal penerbangan para tamu di bandara di kota Bima.

Satonda

Setapak biasa, namun terasa sangat romantis di Satonda

Ikon Satonda

Pohon Batu, Ikon Satonda

Konon, pohon batu di Satonda adalah saksi abadi kesembuhan seorang bule yang menderita penyakit tertentu. Si bule disarankan mengikat sepotong batu di satu pohon sembari berdoa untuk kesembuhannya. Sekian kali dilakukan, dan meski akhirnya sembuh, si bule masih saja mengikatkan batu di pohon tersebut. Yang kemudian diikuti oleh setiap pengunjung yang datang di Satonda. Dan mungkin satu hari nanti, bahkan Anda sendiri lah yang ikatkan batu di pohon tersebut.

Cottage sederhana di Satonda

Cottage sederhana di Satonda

Pulau Moyo
Camp di malam terakhir trip bisa dipilih antara di Satonda atau Moyo, tergantung waktu berkunjung dan saran terbaik boatman atau guide perjalanan Anda. Yang pasti harus bekal cukup banyak air bersih, karena jika nge-camp di Satonda, sumber air bersih terutama untuk memasak dan air minum agak kurang. Berbeda dengan di Moyo. Beberapa desa kecil di Moyo cukup untuk kita bisa dapatkan supply air bersih yang cukup.

Kapal milik Amanwana Resort

Kapal milik Amanwana Resort

Pulau Moyo

Air tenang dan sebening kaca..

Air Terjun di Pulau Moyo

Mata Jitu Waterfall-Moyo

Air Terjun di Pulau Moyo

Sumber air segar sekaligus spot favorit wisata di Moyo

Air terjun Mata Jitu terletak di ketinggian sekitar 400 an mdpl. Akses dari sandaran kapal, bisa menggunakan motor yang disewa harian 100rb. Berapapun motor yang Anda butuhkan, ada keharusan salah seorang pemilik motor ikut dalam rombongan. Misal, rombongan 5 orang, berarti Anda membutuhkan 3 motor.

Trip ke Moyo, terbuka dari banyak akses. Jika langsung dari Satonda (trip gabungan Satonda dan Moyo), range ongkos dari satu kapal mulai dari 150rb sampai 250rb per kepala, tergantung jumlah rombongan trip. Namun, jika dari pelabuhan Calabai, bisa jauh lebih murah. Ada juga akses dari beberapa pelabuhan publik atau tradisional dari Kabupaten Sumbawa seperti pelabuhan Badas.

Sudah siapkan barang-barang backpacker atau travelling fave Anda? Yuk, capcuss bersama saya ke Tambora, Satonda dan Moyo.
Salam travel..^_^

(Visited 2,911 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Romantic and Adventurous Tambora-Satonda and Moyo Trip. Karena NTB adalah Lombok dan Sumbawa' have 3 comments

  1. September 14, 2015 @ 10:37 am Lieke

    Hallo mbak,

    ada contact person boat untuk ke moyo dan satonda nya?

    Thank you,

    Reply

    • September 16, 2015 @ 12:57 pm BunSal

      Tentu saja ada.
      Boatmannya seorang pak kepala dusun di desa Calabai.
      Namanya Pak Ahmad. CP beliau saya susulkan nanti ya..^_^
      Semoga tripnya menyenangkan..^_^

      Reply

    • October 16, 2015 @ 6:06 pm Muslifa Aseani

      Halo, maaf jadi menunggu lama.
      Silakan ke no ini: +6282341393823. Minta dihubungkan dengan Pak Ahmad, Kadus Sigi Calabai.
      Semoga membantu..^_^

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool