Rumah Pohon MURMAS Lombok Utara

Rumah Pohon MURMAS Lombok Utara
5 (100%) 6 votes

Sejak resmi menjadi kabupaten baru dus termuda di Pulau Lombok, Kabupaten Lombok Utara (KLU) terus menerus bergiat menyempurnakan destinasi-destinasi wisata di daerahnya. Meski magnet utama kawasan Tiga Gili (Trawangan, Air dan Meno) serta Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang kadung femes, masih banyak spot-spot destinasi wisata baru yang pantas menjadi agenda trip berikutnya.

Salah satunya, Rumah Pohon Murmas yang berdekatan dengan spot wisata air terjun Kerta Gangga. Spot ini memang cukup jauh dari tempat tinggal saya di Selong Lombok Timur. Mengapa? Akses daratnya melingkar, baik jika mengambil start dari Selong – Aikmel – Sembalun – Bayan – Gangga (wilayah timur laut pulau Lombok), atau pun memilih akses tengah pulau Selong – Lombok Tengah – Pusuk – Pemenang – Gangga (tengah dan barat pulau Lombok). Tenang, kesan jauh ini akan terbayar kok dengan view cantik serta koleksi foto yang instagramable bingiiitzzz.

Sobat Ezy memulai trip dari Bandara Internasional Lombok (BIL)? Skip akses ruas jalan via timur laut Lombok dan contek trip saya dengan akses darat BIL – By pass BIL – Cakranegara – Pusuk – Pemenang dan Gangga.

Pusuk Pass Mongkey Forest. Dokpri

Pusuk Pass Mongkey Forest. Dokpri

Mengingat perjalanan sekitar 2 sampai 3 jam, pastikan sobat Ezy sudah kenyang dengan sarapan fave yaaa. Next, jika masih merasa kurang lengkap miliki koleksi foto di Hutan Wisata Pusuk dengan para monyetnya, atau sekedar ingin update foto trip berlatar spot ini, stopping by 15 menitan boleh banget. Selepas dapatkan oksigen dari pepohonan rimbun di pucuk tertinggi akses jalan yang membelah barisan perbukitan sisi barat Lombok ini, mari lanjutkan perjalanan ke Rumah Pohon Murmas.

Kredit Foto: FB @denny.buabua

Kredit Foto: FB @denny.buabua

Kredit Foto: IG @rahman_dogox

Kredit Foto: IG @rahman_dogox

Berkendara sekitar satu jam, selewat Masjid Jami’ Gondang bersiaplah. Beberapa saat lagi kita pun sampai juga di gerbang awal spot air terjun Kerta Gangga yang sekaligus searah ke rumah pohon Murmas. Ruas jalan menuju spot ini berada di sisi kanan. Tepatnya berada di dusun Gangga desa Genggelang kecamatan Gangga Lombok Utara, sekitar 10 km lagi dari gerbang depan penanda spot. Rumah pohon dibangun di kawasan atas spot air terjun Kerta Gangga, di bukit berketinggian sekitar 600 an mdpl. Jadi, ada dua opsi nih. Mau leyeh-leyeh dulu baru mengencangkan betis untuk naik turun dan main air di air terjun boleeeh, atau sebaliknya, habiskan satu jam di air terjun baru kemudian bersantai lemaskan kaki di rumah pohon.

Spot foto cantik terkini di KLU ini menjanjikan view garis pantai kawasan utara Lombok. Lanskap bak permadani hijau dari rerimbunan pohon, bebukitan yang masih hijau serta persawahan desa Genggelang. Pada sunset berlatar langit cerah, lanskap berbatas garis pantai kecamatan Gondang semakin tampak jelas.

Masing-masing rumah pohon memang tak memungkinkan untuk foto wefie lebih dari 10 orang. Namun jika ingin abadikan foto wefie, mohon waspada serta tidak saling mendorong yaaa. Akses jembatan papan menuju salah satu rumah pohon terpinggir memungkinkan foto wefie beramai-ramai. Tentu saja demi keamanan Anda sendiri, sebaiknya mematuhi anjuran para penjaga spot ini yang berasal dari komunitas para pemuda dusun Gangga sendiri. Tangga bambu atau bilah papan kayu membantu kita sampai di tiga rumah pohon lainnya. Jika sobat Ezy masih gamang sebab khawatir dengan efek ketinggian, masing-masing rumah pohon berketinggian sekitar 4 sampai 10 an meter dari jembatan kayu atau permukaan tanah, pastikan ditemani oleh rekan perjalanan, guide atau penjaga dari komunitas pemuda dusun Gangga yang sedang berjaga-jaga.

Always do remember to have safety travell, rite?

Dikunjungi hampir setiap hari plus semakin ramai saat wiken, sobat traveller hanya perlu membayar 3K idr untuk biaya parkir motor atau boleh juga digenapkan sebagai tip dengan berikan 10 K idr untuk mobil. Mengapa? Dana ini diputar kembali oleh komunitas, baik untuk modal berjualan jajanan di spot, juga kas Remaja Masjid. Wah, berwisata sambil beramal nih.

Berkunjung ngepasi momen teramai? Sabaaaarrr, deretan bangku kayu sudah disiapkan untuk menunggu. Patuhi atrian sesuai urutan kedatangan yaaa. Kalau pun akhirnya gak keburu juga saking ramainya, jangan ragu untuk ikutan jepret para sobat traveller yang kadung duluan naik ke rumah pohon. Sedang membawa tamu jauh? Spik-spik sopan pada para pemuda yang sedang kebagian tugas jaga boleh koq. Meminta ijin memotong antrian untuk bisa rekam foto cantik terbaik tamu traveling kita.

Air Terjun Kerta Gangga KLU. Kredit Foto IG @rahman_dogox

Air Terjun Kerta Gangga KLU. Kredit Foto IG @rahman_dogox

Khusus bagi sobat Ezy traveler yang tripnya tak hanya di satu spot ini saja, Rumah Pohon Murmas bisa digabungkan dengan trip ke Senaru. Seperti trip saya, habiskan sekitar satu setengah jam di rumah pohon serta air terjun plus sudah lengkapi koleksi foto-foto cantik di IG, makan siang dan renang-renang cantik bisa di Rinjani Lodge Senaru. Skip berenang karena sudah puas berbasah-basah ria di air terjun? Di perjalanan pulang, bisa mampir sebentar untuk sesi foto-foto berikutnya di kompleks Masjid Tua Bayan Beleq.

Ruas jalan lintas KLU. Dokpri

Ruas jalan lintas KLU. Dokpri

Spot makan siang cantik di Rinjani Lodge Senaru. Dokpri

Spot makan siang cantik di Rinjani Lodge Senaru. Dokpri

Salah satu rombongan tamu saya berlatar Masjid Tua Bayan Beleq Senaru. Dokpri

Salah satu rombongan tamu saya berlatar Masjid Tua Bayan Beleq Senaru. Dokpri

Mengingat masih berkendara sekitar 1 jam menuju spot makan siang di Rinjani Lodge, bekal buah-buahan segar bisa disantap sembari duduk-duduk di rumah pohon looo. Tapi ingat, jika pengunjung sedang ramai, di rumah pohonnya jangan terlalu lama yak. Apalagi kalau sampai tertidur dan bermimpi. Kasihan dong pengunjung yang lain jadi bosan menunggu giliran berfoto cantik..:P

Sekedar saran, untuk trip sunset hunting di rumah pohon Murmas, bisa saja skip trip ke air terjun Kerta Gangga. Untuk ini, saya punya dua opsi trip yang memungkinkan dilakukan di awal hari. Pertama, trip touching down Gili Trawangan dengan kesempatan berkeliling dengan sepeda atau cidomo sampai sebelum skejul perahu publik yang menyeberang kembali ke pelabuhan Bangsal Pemenang di pukul 12 siang. Spot makan siang di warung-warung di pelabuhan Bangsal atau rumah-rumah makan di kota Tanjung, ibukota kabupaten Lombok Utara. Kemudian menutup trip di rumah pohon Murmas sembari menunggu momen sunset.

Kedua, sesi foto di kompleks Masjid Tua Bayan Beleq, berenang sambil menunggu waktu makan siang di Rinjani Lodge Senaru dan habiskan sisa hari di rumah pohon Murmas.

rumah pohon murmas

Angle cantik lainnya Masjid Tua Bayan Beleq KLU. Dokpri

Angle cantik Rinjani Lodge Senaru. Dokpri

Angle cantik Rinjani Lodge Senaru. Dokpri

Meski ada dua spot air terjun cantik lainnya di Senaru, namun mengingat rumah pohon Murmas satu lokasi dengan air terjun Kerta Gangga, sebaiknya tidak mengharuskan air terjun Sendang Gila serta Tiu Kelep Senaru di itinerary. Tentu saja ada pengecualian. Untuk sobat traveler yang utamakan foto trip, memasukkan Rumah Pohon Murmas, air terjun Kerta Gangga serta dua air terjun lainnya di Senaru serta spot Rinjani Lodge untuk makan siang pun Masjid Tua Bayan Beleq bisa-bisa saja. Tapi ingat, kondisi tubuh sobat travelers fit maksimal, baterai serta memori gadget juga di kapasitas maksimal.
Well, sesuai foto-foto di ulasan trip saya kali ini, bisa juga dinamai trip cantik lembah-lembah KLU yaaaa. Yukkk..^_^

(Visited 4,902 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Rumah Pohon MURMAS Lombok Utara' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool