Sambal Lindung-nya Bandar Sambal, Pedasnya Lombok Banget!

Sambal Lindung-nya Bandar Sambal, Pedasnya Lombok Banget!
1 (20%) 1 vote

Kalau ngomongin soal kuliner di Lombok, sudah bukan rahasia lagi kalau umumnya makanan di Lombok itu kental dengan cita rasa pedas, kebalikannya dengan di Jawa yang memang kebanyakan makanannya manis-manis. Sebut saja beberapa kuliner pedas khas Lombok diantaranya seperti pelecing kangkung, nasi puyung, ayam taliwang, ayam rarang, sate rembiga, sate bulayak dan maaaasih banyak lagi kuliner pedas lainnya. Di postingan kali ini saya nggak akan membahas tentang makanan yang sudah saya sebutkan tadi. Melainkan ada satu lagi makanan, lebih tepatnya sambal yang pedasnya Lombok banget (pedaaaasss gilaaak!) yang akan saya bahas kali ini, yaitu sambal lindung Lombok.

Harga sambal lindung hanya 40rb/botol. Pic via bandarsambal.com

Harga sambal lindung hanya 40rb/botol. Pic via bandarsambal.com

Sambal lindung Lombok? Apa tuh? Jadi kalau dilihat dari namanya, lindung berasal dari bahasa sasak yang berarti belut. Kalau di Jawa, belut disebut dengan welut, di Jepang belut disebut dengan unagi, nah kalau di Lombok sendiri belut disebut lindung. Menurut sumber terpercaya yang saya pernah baca, belut atau lindung kaya akan protein, vitamin A, kalsium, kolesterol, dan lemak jenuh. Belut dapat diolah dengan beragam cara. Di Padang, saya pernah mencicipi belut yang diolah dengan cara digoreng dengan sambal balado. Belut goreng yang saya makan saat di Padang itu potongan-potongannya besar. Rasanya enak, gurih, krenyes-krenyes ketika dikunyah dan pedas juga, cuma kalau untuk orang yang doyan pedas macam anak Lombok, pedasnya belut goreng sambal balado di Padang ini menurut saya kurang greget.

Sambal lindung lombok. Pic via bandarsambal.com

Sambal lindung lombok. Pic via bandarsambal.com

Nah kalau di Lombok sendiri, kreasi belut ini, yang paling sering saya temui, ada nasi lindung. Nasi lindung juga merupakan kuliner Lombok yang cukup banyak dijual di warung-warung makan di Lombok. Nasi lindung ini biasanya untuk satu porsinya berisi nasi putih, sambal lindung goreng, sambal beberuk terong (sejenis lalapan) dan kacang goreng. Ada juga warung yang menjual nasi campur yang disajikan juga dengan sambal lindung. Selain nasi lindung yang bisa ditemukan dengan mudah di warung-warung pinggir jalan di kota Mataram dan sekitarnya, ada juga nih yang khusus menjual sambal lindung-nya aja. Sambal yang berbahan dasar belut ini tersedia dalam kemasan botol yang diproduksi oleh sebuah toko online yang berbasis di Ampenan, Mataram, Lombok, yaitu sambal lindung Lombok punya bandarsambal.com. Bandar sambal mulai membuka lapak online-nya berjualan sambal lindung sejak Mei 2016. Sampai saat ini penggemarnya sudah banyak bertebaran nggak cuma di Lombok tapi juga sudah sampai ke penjuru nusantara!

Sambal lindung lombok in detail. Pic via bandarsambal.com

Sambal lindung lombok in detail. Pic via bandarsambal.com

Sambal lindung bikinan bandarsambal.com ini rasanya khas dan pedaaaasss bangeeettt. Saking pedasnya,saya sendiri harus menghabiskan satu botol sambal lindung ini dalam waktu hampir seminggu. Padahal, beberapa teman yang juga sudah membeli sambal lindung ini bisa menghabiskan sambla lindung ini hanya dalam waktu sehari atau dua hari. Sambal yang satu ini memang cocok banget buat kamu yang memang doyan pedas tingkat tinggi! Daging belut dalam potongan-potongan kecil yang bertekstur lembut bercampur dengan sambal dikemas dengan menggunakan kemasan botol kaca membuat sambal lindung ini praktis dan higienis. Satu botol sambal lindung ini isi bersihnya 165 gram dibandrol dengan harga 40 ribu rupiah per botol. Sambal lindung ini bisa bertahan sekitar 10 hari jika penyimpanannya jika tidak disimpan dalam lemari pendingin, sementara kalau disimpan di dalam lemari pendingin bisa bertahan selama 1-2 bulan.

“Sebenernya kita nggak pake pengawet, jadi make minyak aja sebagai pengawet alami. Terus sekarang kita coba tambahin pengawet makanan dalam takaran yang sangat sedikit buat nambah ketahanan produk”, ungkap Imam, co-founder bandar sambal.

Sambal lindung packaging. Pic via bandarsambal.com

Sambal lindung packaging. Pic via bandarsambal.com

Sedikit mengintip pembuatannya, sambal lindung ini berbahan dasar daging belut (tentu saja), cabe, minyak sayur, bawang putih, garam, dan bumbu lainnya. Dalam proses pembuatannya pertama-tama lindung yang sudah dibersihkan dan dibuang tulangnya kemudian dibakar lalu diolah dengan bumbu-bumbu tadi yang sudah dihaluskan.

Kalau nggak sabar mau nyobain sambal lindung yang pedasnya Lombok punya ini, kamu bisa pesan via online di website-nya bandarsambal.com dan untuk yang ada di kota Mataram bisa free delivery order. Yang sekarang kebetulan lagi liburan di Mataram, boleh nih di order untuk oleh-oleh.

Sambal lindung in bottle! Pic via bandarsambal.com

Sambal lindung in bottle! Pic via bandarsambal.com

Enjoy Lombok! Enjoy its cuisine!

(Visited 405 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Sambal Lindung-nya Bandar Sambal, Pedasnya Lombok Banget!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool